Assalamu'alaikum.... ^_^ Tanda Wanita Mandul Dan Tanda Pria Mandul Secara Fisik

Tanda Wanita Mandul Dan Tanda Pria Mandul Secara Fisik


Setiap wanita tentu ingin memiliki kesuburan yang baik dan memperoleh keturunan bila sudah menikah. Sayangnya, tidak semua wanita beruntung mendapatkan anugerah kesuburan dan keturunan. Cukup banyak kaum wanita yang mandul dan sulit mendapatkan keturunan. Ciri-ciri wanita mandul tidak bisa terlihat dari penampilan fisiknya saja. Untuk mengetahui mandul atau tidaknya seorang wanita dibutuhkan pemeriksaan-pemeriksaan yang berkaitan dengan sistem reproduksi. Gangguan pada sistem reproduksi bisa berasal dari rahim, indung telur, rongga perut hingga otak.

TANDA WANITA MANDUL

tanda wanita mandul dapat diperkirakan dengan mengetahui tentang kesuburan seorang wanita tersebut. Beberapa ulasan di bawah ini mungkin dapat menjawab pertanyaan anda kenapa seorang wanita belum bisa mendapatkan kehamilan? 
  • Siklus Menstruasi
Siklus menstruasi merupakan sebuah pertanda jika proses ovulasi sedang terjadi dan juga menandakan mengenai bahwa hormon bisa bekerja secara normal. Karena alasan tersebut, tidak heran jika banyak dokter yang menyarankan agar hubungan intim sebaiknya dilakukan selama masa ovulasi ini, karena peluang untuk terjaidnya kehamilan sangat besar. Namun sayangnya, tidak semua wanita paham mengenai waktu ovulasi.
  • Berat Badan Tidak Normal
Perlu dipahami bahwa agar ovulasi bisa berjalan secara optimal, maka dibutuhkan hormon-hormon yang bekerja secara baik. Namun sayangnya, saat tubuh memiliki bobot yang berlebih atau sangat kurang, maka kinerja dari hormon tidak bisa normal. Untuk tingkat yang ekstrim, ovulasi bahkan bisa berhenti.
  • Alat Kontrasepsi
Apabila seorang wanita mengikuti program KB secara aktif lalu berhenti dikarenakan merencanakan kehamilan, maka dibutuhkan waktu sekitar satu tahun agar kondisinya bisa pulih. Kondisi ini sendiri sangat tergantung pada setiap individu, bahkan pada beberapa kasus membutuhkan waktu yang lebih lama.
  • Penyakit Menular S*ksual
Penyakit seperti Gonore dan Klamidia menyebar hingga ke organ reproduksi yang nantinya menimbulkan jaringan parut pada area ovarium dan tuba fallopi sehingga mencegah terjadinya ovulasi. Melakukan hubungan intim dengan para penderita penyakit ini sangat berpotensi untuk menimbulkan kemandulan.
  • Mer*kok
Berdasarkan data yang akurat, wanita yang tidak merokok memiliki peluang untuk hamil lebih besar daripada mereka wanita yang merokok. Bahkan ada sekitar 43% wanita perokok berat yang mengalami penurunan fungsi kesuburan. Statistik inipun akan semakin meningkat apabila sang suami juga merokok. Hal ini dikarenakan kandungan bahan kimia di dalam rokok yang bisa merusak sel telur sehingga menimbulkan ovulasi secara sporadis. Selain menurunkan potensi kehamilan, kebiasaan ini juga bisa meningkatkan potensi keguguran.
  • Stres
Ketika seorang wanita menjalani hari-harinya dengan stres, maka ia akan menghasilkan hormon kortisol dan prolaktin yang terbukti bisa mengganggu atau menghentikan ovulasi. Apabila hal ini terus terjadi, maka sistem imun tubuh menurun dan menguras banyak energi. Kondisi seperti ini kemudian bisa mencegah terjadinya pelepasan energi, termasuk mempersulit terjadinya kehamilan.

CIRI-CIRI FISIK PRIA MANDUL

Masih menurut dr.Dina Kusumawardhani, kesuburan seorang pria tidak dapat dinilai hanya dari penilaian fisik, diperlukan pemeriksaan fisik untuk menilai adakah kelainan pada organ reproduksi dan penunjang berupa analisa sperma untuk menilai kualitas sperma. 

CARA BERHUBUNGAN INTIM SUAPAYA CEPAT HAMIL

Untuk Anda yang saat ini sudah lama berkeluarga namun masih belum juga diberikan momongan, berikut ini tips cara berhubungan intim suami istri agar bisa segera hamil:
  1. Posisi me on top adalah posisi terbaik saat berhubungan untuk mempercepat kehamilan yang disarankan. Untuk mempermudah jalannya sperma ke serviks, ganjallah panggul dengan sebuah bantal kecil (bukan bantal besar). Posisi lain berhubungan intim yang juga disarankan adalah posisi doggie style, karena posisi tersebut memperpendek jarak sperma menuju ke serviks. Sehingga pada saat terjadi ejakulasi, sperma dapat mencapai serviks dengan lebih cepat.
  2. Untuk wanita atau istri, jangan buru-buru bangun setelah berhubungan, tetaplah mengganjal panggul dengan bantal kecil selama beberapa menit. Tunggulah beberapa saat sekitar 15-20 menit untuk memberi kesempatan sperma berenang menuju rahim dan saluran telur.
  3. Buatlah perasaan relaks dan nikmatilah saat-saat berhubungan dengan suami. Jangan terlalu fokus berkeinginan untuk segera hamil sampai stres. Stress justru bisa menghambat terjadinya kehamilan.
  4. Jangan mandi atau berendam dengan air panas saat akan berhubungan intim, khususnya untuk suami. Karena kuantitas dan kualitas terbaik sperma dihasilkan dari kondisi suhu yang sejuk, bahkan jika memungkinkan, lebih rendah dari suhu tubuh. Lebih disarankan lagi jika ruanngannya menggunakan air conditioning (AC).
  5. Sebelum memulai hubungan intim, untuk istri, jangan membasuh vagina dengan cairan pembersih organ intim. Cairan pembersih vagina disinyalir tidak bersahabat dengan sperma (sperm rejecting).
  6. Sebaiknya gunakan cara berhubungan yang alami, tidak menggunakan berbagai alat bantu seperti pelumas (menyebabkan sperm rejecting) dan juga hindari penggunaan kontrasepsi.
Sign out