Assalamu'alaikum.... ^_^ Trik Mencegah dan Mengatasi Penyakit Asam Lambung Berlebihan

Trik Mencegah dan Mengatasi Penyakit Asam Lambung Berlebihan

Trik Mencegah dan Mengatasi Penyakit Asam Lambung Berlebihan
Trik Mencegah dan Mengatasi Penyakit Asam Lambung Berlebihan

Asam lambung pada tubuh kita berguna untuk mencerna makanan. Dan hal ini normal. Ada masanya jumlah asam lambung akan berlebihan, hingga menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Salah satu gangguan kesehatan pada sistem pencernaan yang kerap terjadi adalah asam lambung naik ke kerongkongan. Dan ini adalah kondisi yang sangat tidak menyamankan, Guys!

Apabila kamu termasuk ke dalam orang yang kerap merasakan naiknya asam lambung, kamu bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan agar asam lambung tidak terjadi. Berikut ini adalah beberapa pencegahan tersebut, Guys! Disimak baik-baik, ya....,

Mengkonsumsi Air Putih

Kalau kamu kerap merasakan naiknya asam lambung, kamu bisa melakukan tindakan pencegahan sebelumnya dengan minum air putih. Mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh mampu menyeimbangkan kadar pH. Nah, dengan mencukupi jumlah air putih di dalam tubuh maka pH akan seimbang dan bisa membantu usus bekerja lebih cepat.

Minum air putih jauh lebih baik dibandingkan susu untuk mencegah potensi naiknya asam lambung. Selain itu, air putih juga dapat membantu proses hidrasi dan proses pencernaan.

Jangan Merok*k!

Kandungan nikotin pada r*kok dapat membuat sfingter esofagus menjadi relaks. Kondisi ini sangatlah merugikan, karena dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung.

Menjaga Berat Badan

Memiliki berat badan di atas rata-rata atau kelebihan berat badan merupakan slah satu faktor risiko GERD. Nah, untuk menghindari hal ini terjadi, kamu mau tidak mau harus menurunkan berat badan untuk mencapai batas ideal.


Mengonsumsi Makanan Berprotein dan Menghindari yang Berlemak

Makanan yang mengandung tinggi protein dapat meningkatkan tekanan sfingter esofagus bawah untuk menekan asam lambung, sehingga tidak terjadi refluks ke tenggorokan.

Selain itu, kamu juga tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang berlemak. Karena makanan berlemak justru akan bekerja sebaliknya.


Makan Dengan Porsi Cukup

Ketika proses makan, kerongkongan akan terbuka hingga ke perut. Ada otot berbentuk cincin yang bertugas sebagai katup untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Nah, pada penderita asam lambung, otot ini akan melemah ketika proses makan terjadi. Untuk itu, hindari makan dalam jumlah yang banyak. Soalnya, asam lambung seringkali meningkat setelah makan dan makan dengan jumlah yang banyak bisa memperburuk keadaan.


Hindari Olahraga Berat Setelah Makan

Di saat setelah makan, pastikan kamu tidak memiliki aktivitas atau kegiatan yang membutuhkan tenaga ekstra. Misalnya pada jenis olahraga keras yang membutuhkan energi ekstra. Pada olahraga yang cenderung berat, terutama jika melibatkan tubuh membungkuk, maka dapat dipastikan asam lambung menjadi naik ke kerongkonganmu.
Admin
Seorang sarjana salah jurusan. Penulis yang tidak puitis. ^_^

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool