Assalamu'alaikum.... ^_^ Kenapa Darah Bisa Masuk Ke Selang Infus? Penjelasan Lengkap

Kenapa Darah Bisa Masuk Ke Selang Infus? Penjelasan Lengkap

Kenapa Darah Bisa Masuk Ke Selang Infus?  Penjelasan Lengkap
Kenapa Darah Bisa Masuk Ke Selang Infus?  Penjelasan Lengkap

Selang infus adalah suatu alat yang berfungsi untuk menyalurkan cairan serta obat-obatan intravena ke dalam pembuluh darah vena. Pada ujung selang infus terdapat suatu alat yang disebut abocath atau jarum infus yang ditusukkan ke dalam pembuluh darah.

Seringkali pada perubahan posisi tangan dapat mengubah tekanan dan posisi jarum infus di dalam pembuluh darah sehingga sebagian darah ada yang kembali ke selang infus, namun hal ini tidak perlu dikhawatirkan selama tetesan infus masih jalan.

Apabila anda melihat bahwa tetesan infus tidak jalan dan darah bertambah, kemungkinan jarum infus tersumbat oleh bekuan darah dan disarankan untuk segera menghubungi perawat jaga. Perawat biasanya akan melakukan spooling, yaitu tindakan menyuntikkan cairan steril atau infus untuk melancarkan kembali infus. Selain itu, anda juga dapat mencoba cara seperti memperbaiki posisi tangan terhadap infus (jangan terlalu tinggi dan terlalu jauh dari infus) dan hindari menekuk dan menggerakkan tangan yang terinfus terlalu sering.

Kenapa Darah Bisa Naik Selang Infus? Jawaban Lainnya:
Salah satu sifat air mengalir dari atas ke bawah. Jadi dibutuhkan tekanan agar air infus mengalir ke bawah. Bila darah naik ke atas selang infus, berarti tekanan dari dalam tubuh pasien jauh lebih tinggi daripada tekanan aliran yang timbul dari jalur insfus set. Kalau udah begini coba deh sekali lagitinggikan standart kembali, atur posisi tangan agak lebih rendah lagi. Apa lagi dengan pasien yang memakai infus paralel. Perlu banget itu kesamaan antara tinggi tekanan cairan infus satu dengan yang lain.

Berikut ini akan saya berikan tip-tip kepada anda agar tidak merasa bingung atau resah jika ditangan anda terpasang cairan infus:
  • Jangan panik alias harus sabar..rileks brow
  • Lengan yang terpasang infus bisa diletakkan diatas perut..jangan diletakkan dikasur saja..
  • Lengan yg terpasang infus jangan diletakkan diatas dada, karena darah akan mengalir naik ke selang..
  • Kalau anda sudah baikan artinya anda bisa jalan dan anda hendak pipis, boleh kok asal lengan yang terpasang infus disedakepkan (bahasa daerahku ne) seperti orang sholat itu, jangan dibiarkan menggantung spt org mau gerak jalan atau jangan diangkat, cairan infusnya yang harus diangkat..Kenapa ? agar darahnya tidak mengalir naik ke selang infus.
  • Bila krn sesuatu hal anda melihat darah ada diselang infus..biasanya sekitar 5 cm dari jarum infus, arahkan mata anda ke tetesan infus..kalu masih menetes sante saja entar juga akan hilang sendiri. Tapi kalo nggak netes..panggil petugas kesehatan yang lagi jaga !!!
  • Bila pada tempat tusukan terasa basah anda bisa merasakannya dari kain kasa yang ditempelkan di atas jarum infus, itu artinya selang infus terlepas dari jarumnya..segera panggil petugas kesehatan..!!
  • Bila ditempat tusukan terasa panas,nyeri dan bengkak..berikan informasi ini ke Petugas..
  • Anda BERHAK mendapatkan pelayanan yang terbaik selama anda dalam perawatan, tetapi anda juga mempunyai KEWAJIBAN untuk menghormati petugas dan menaati aturan dan tata tertib yang berlaku..seimbangkan antara HAK dan KEWAJIBAN anda.
Bahayakah Darah Naik ke Selang Infus?
Berbagai faktor di atas bisa saling berkaitan dan menimbulkan perbedaan tekanan, yang dapat memicu naiknya darah di pembuluh darah vena menuju ke selang infus. Saat kondisi ini terjadi, sebaiknya segera laporkan kepada tenaga kesehatan yang merawat pasien tersebut, sehingga bisa diatasi dengan baik sebelum menimbulkan komplikasi.

Apabila jumlahnya sedikit, darah yang naik di selang infus sangat jarang menimbulkan dampak negatif bagi pasien. Namun, jika terjadi dalam jumlah yang cukup banyak, maka ini bisa meningkatkan risiko terbentuknya clot atau pembekuan darah. Clot tersebut dapat menghambat aliran cairan yang diberikan melalui selang infus.

Akibatnya, asupan cairan yang diperoleh tubuh bisa menimbulkan dehidrasi atau tidak optimalnya pengobatan yang diberikan, tergantung pada jenis cairan infus yang diberikan kepada pasien. Jika terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama, kondisi tersebut bisa menimbulkan reaksi infeksi, yang sering disebut dengan flebitis atau peradangan pembuluh darah.

Dari pemaparan di atas, sebaiknya hindari gerakan-gerakan yang bisa mengakibatkan darah naik ke selang infus. Misalnya tidak melakukan gerakan yang berlebihan pada lokasi dipasangnya infus. Jika mungkin, pasang penjepit pada selang infus dan jangan sampai selang terbelit atau terlipat saat bergerak. Jika Anda telanjur mengalaminya, segera laporkan kondisi tersebut kepada perawat yang merawat Anda agar bisa segera ditangani dengan baik.

Semoga Bermanfaat..
Admin
Seorang sarjana salah jurusan. Penulis yang tidak puitis. ^_^

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool