Assalamu'alaikum.... ^_^ Gejala Penyakit Liver (Penyakit Hati) Kronis

Gejala Penyakit Liver (Penyakit Hati) Kronis

Gejala Penyakit Liver (Penyakit Hati) Kronis
Gejala Penyakit Liver (Penyakit Hati) Kronis

Salah satu organ yang penting dan punya tanggung jawab atas banyak fungsi dalam tubuh kita adalah hati. Sehingga kesehatan hati pelu dijaga karena jika tidak akan berakibat fatal.

Melansir Brightside, diperkirakan 5,5 juta orang Amerika menderita penyakit hati kronis atau sirosis. Sebelum penyakit ini semakin kronis, ada baiknya kita mengetahui tanda-tanda adanya kerusakan pada organ hati. Apa saja?

1. Kulit dan mata menjadi kuning

Jika kita memiliki gejala ini, ada kemungkinan organ hati tengah bermasalah. Kondisi ini dikenal sebagai penyakit kuning karena menyebabkan pigmentasi kuning pada kulit, bagian putih bola mata, dan lendir.

Warna kuning muncul karena bilirubin berlebih yang memiliki pigmen kekuningan-oranye yang ditemukan dalam empedu hati. Saat organ hati sehat, ia dengan mudah menghilangkan bilirubin. Namun jika ada kerusakan, maka akan benar-benar menguning.

2. Mudah terasa lelah

Bukan hanya rasa lelah biasa, namun sesuatu yang terasa lebih. Kelelahan ini ditandai dengan kurangnya energi mental dan fisik. Terkadang kita bisa merasakannya hanya di pagi hari dan rasanya seperti tersiksa untuk bangun dai tempat tidur. Di lain waktu kita bisa merasakannya sepanjang hari.

3. Mengalami pembengkakan perut

Pembengkakan perut bisa menjadi salah satu gejala yang tidak nyaman karena menyebabkan rasa sakit. Ini terjadi ketika cairan tertahan di perut. Dalam beberapa kasus, perut bisa menjadi sangat kembung sehingga kita akan terlihat seperti hamil. Sebagai akibat dari penumpukan cairan, kita juga mungkin mengalami pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki.

4. Kurang nafsu makan dan turunnya berat badan

Biasanya, dokter mendefinisikan ini sebagai lebih dari 10 persen penurunan berat badan. Kondisi seperti ini juga dapat dihubungkan dengan pembengkakan perut. Saat kita sangat kembung, kita tak benar-benar ingin makan. Sangat sulit untuk makan karena setiap kali makan mungkin akan terasa sakit.

5. Menemukan memar di tubuh

Jika organ hati rusak, produksi protein berhenti atau menjadi lebih lambat. Ini menyebabkan pembekuan darah yang buruk. Sehingga orang yang organ hatinya rusak akan mudah berdarah dan memar daripada orang sehat.

6. Urine berwarna gelap

Kondisi kesehatan bisa di cek dari warna urine. Salah satunya jika urine berwarna lebih gelap atau cokelat, oranye gelap, dan kuning maka perlu waspada. Sebab itu terjadi karena kelebihan bilirubin yang sama di hati yang tidak dapat memecahnya.

Jika memiliki gejala seperti di atas sebaiknya segera kunjungi dokter untuk melakukan tindakan pengobatan.

Sumber : Nova.grid.id










Admin
Seorang sarjana salah jurusan. Penulis yang tidak puitis. ^_^

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool