Assalamu'alaikum.... ^_^ Makanan Pemicu Penyakit Batu Empedu

Makanan Pemicu Penyakit Batu Empedu

Makanan Pemicu Penyakit Batu Empedu
Makanan Pemicu Penyakit Batu Empedu

Menerapkan pola makan yang sehat akan membantu meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Ketika pola makan kamu berantakan dan selalu makan makanan tidak sehat ada risiko penyakit yang mengintai kamu. Salah satunya adalah masalah batu kandung empedu.

Kandung empedu juga memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Kantung empedu adalah organ kecil berbentuk seperti buah pir dan terletak di sebelah kanan perut. organ ini memiliki fungsi cairan empedu yang berguna bagi tubuh untuk digunakan untuk mencerna lemak. Kandung empedu juga bertanggung jawab atas sekresi makanan.

Menerapkan pola makan yang sehat akan membantu meningkatkan kesehatan kandung empedu dan mencegah batu empedu. Nah berikut ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya kamu hindari karena bisa memicu pembentukan batu kandung empedu.

1. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng mengandung banyak lemak jenuh. Menurut Ashley Barrient, ahli gizi dan penasihat medis di Northwestern Memorial Hospital, makanan olahan seperti kentang goreng, donat, gorengan mengandung trans fat dan lemak. Zat-zat ini dapat dengan mudah memberikan tekanan pada kantong empedu dan memicu pembentukan batu di kandung empedu kamu.

2. Makanan berlemak tinggi

Daging berlemak tinggi seperti daging merah, babi, daging sapi, dan sosis dapat mengganggu fungsi kantong empedu. American Dibetetic and Dietary Committee merekomendasikan untuk menghindari daging berlemak dan menggantinya dengan protein lengkap.

3. Karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan dalam roti putih, tepung halus akan merangsang tubuh untuk menyimpan lemak, meningkatkan kolesterol dan menyebabkan pembentukan batu empedu. Selain itu, mengkonsumsi sejumlah besar makanan ini juga meningkatkan risiko gangguan kandung empedu. Orang dapat mengganti makanan kaya karbohidrat dengan makanan lain seperti pasta gandum, roti gandum dan beras merah.

4. Telur

Sebuah penelitian dari University of Maryland Medical Center mengatakan bahwa telur memiliki kolesterol tinggi. Konsumsi telur terlalu banyak juga buruk bagi tubuh karena memengaruhi kantung empedu dan meningkatkan risiko batu empedu.

Sumber disini....

Lalu, Apa Itu Penyakit Batu Empedu? 

Kantong empedu adalah bagian penting dalam tubuh yang berfungsi untuk mencerna lemak. Organ berbentuk seperti buah pear ini terletak di bawah lever dan menyimpan cairan empedu, enzim pencernaan yang dihasilkan oleh lever.

Meski begitu, kantong empedu juga bisa bermasalah, misalkan kantong empedu yang membengkak, munculnya batu empedu, serta kurangnya aliran cairan empedu. Batu empedu sendiri merupakan masalah umum yang biasanya diderita orang yang sudah lanjut usia. Orang yang berusia sekitar 50 - 60 tahun adalah yang paling berisiko terkena batu empedu.

Apa sih batu empedu? Berdasarkan MayoClinic, batu empedu adalah kumpulan cairan pencernaan yang mengeras dan bisa terbentuk di kantong empedu. Biasanya, batu empedu mengendap di bagian bawah kantong empedu.

Meski begitu, batu empedu juga bisa bergerak. Ketika batu empedu bergerak ke arah kelenjar empedu, batu ini bisa menyumbat dan menyebabkan tekanan pada kantong empedu. Jika ini terjadi, biasanya seseorang akan merasa sangat sakit di bagian atas abdomen hingga punggung dan dada bagian bawah.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai batu empedu, seperti dilansir oleh Health Me Up (12/01). Gejala batu empedu:

1. Rasa sakit di bawah tulang rusuk dan di sebelah kanan tubuh.
2. Rasa sakit pada punggung.
3. Mual.
4. Muntah.
5. Berkeringat.
6. Merasa selalu kelelahan dan susah istirahat.

Jika kamu merasakan hal-hal di atas, ada baiknya segera mengunjungi dokter. Melakukan scan ultrasound adalah cara terbaik untuk mendeteksi batu empedu. Biasanya dokter akan memberikan obat untuk mengurangi rasa sakit dan menghilangkan batu empedu. Namun jika ukuran batu sangat besar dan susah diuraikan, jalan lainnya adalah dengan melakukan operasi.
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool