Assalamu'alaikum.... ^_^ 5 penyakit Ini Bisa Diketahui Lewat Suara

5 penyakit Ini Bisa Diketahui Lewat Suara

5 penyakit Ini Bisa Diketahui Lewat Suara
5 penyakit Ini Bisa Diketahui Lewat Suara

Pernahkah kamu merasa suaramu tiba-tiba berubah? Jika iya, maka bisa saja hal tersebut bahwa kamu sedang menderita suatu penyakit. Suara berubah biasanya orang akan menyangka bahwa dirinya punya penyakit amandel ataupun batuk. Namun tanda tersebut juga bisa tidak menutupi bahwa ada kemungkinan lain seperti adanya penyakit yang serius.

Maka dari itu kamu harus lebih peka dengan suaramu jika kamu merasakan ada yang berubah. Seperti yang dilansir dari klikdokter, berikut ini penyakit yang bisa dideteksi lewat perubahan suara.

1. Nodul pita suara

Biasanya penyakit akan dilanda oleh orang-orang yang mengandalkan suara seperti guru, penyanyi profesional, dan dosen. Biasanya hal ditandai dengan suara yang serak karena adanya pembengkakan pita suara atau biasa disebut nodul pita suara yang terletak simetris di kedua pita suara. Namun kamu bisa tenang jika mengalami penyakit ini, karena cara penyembuhannya adalah dengan mengistirahatkan pita suara seperti puasa bicara, terapi vokal, ataupun bicara seperlunya saja.

2. Polip hidung

Penyakit bisa disebabkan oleh infeksi, alergi, atau reaksi kekebalan tubuh terhadap suatu lingkungan. Polip hidung bisa ditandai dengan hidung tersumbat, keluarnya cairan dari hidung, nyeri wajah, serta turunnya fungsi indera penciuman. Selain itu orang yang mengalami penyakit ini akan mengalami perubahan suara. Memang polip hidung ini tidak bisa disembuhkan, namun dapat dikurangi dengan steroid dan operasi jika penyakit semakin parah.

3. Asam lambung

Biasanya asam lambung disebabkan karena seseorang makan tidak sesuai jam makannya, namun ternyata asam lambung juga bisa ditandai dengan adanya perubahan pada suara yang serak saat bangun tidur di pagi hari. Menurut Tweedie, peneliti dari London Medical mengemukakan bahwa asam yang keluar dari perut saat tidur akan bisa mengganggu tenggorokan sehingga pita suara menjadi bengkak dan mengubaha kualitas suara.

4. Kanker laring

Menurut Peter Rhys Evans, seorang ahli bedah THT mengemukakan bahwa salah satu jenis tumor yang umum sering ditemukan di tenggorokan. Hal ini bisa ditandai dengan perubahan suara sebagai tahap awal. Suara akan menjadi serak karena ada pembengkakan di tenggorokan.

5. Penyakit parkinson

Penyakit parkinson ini ditandai dengan adanya kelainan saraf progersif yang terus memburuk dengan ditandai adanya tremor, hilangnya ekspresi wajah, kesulitan tidur, bahkan perubahan suara. Saat penyakit ini semakin berkembang, penderita akan memiliki suara yang terkesan lebih tenang dari biasanya.

Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool