Assalamu'alaikum.... ^_^ Apa yang Dimaksud dengan Penyakit Jantung Aritmia?

Apa yang Dimaksud dengan Penyakit Jantung Aritmia?

Apa yang Dimaksud dengan Penyakit Jantung Aritmia?
Apa yang Dimaksud dengan Penyakit Jantung Aritmia?

Di Indonesia kekinian telah terjadi perubahan pola penyakit. Dari penyakit infeksi menjadi penyakit katastropik. Ciri penyakit itu bukan karena infeksi, tidak menular, tapi menyebabkan kematian. Salah satu penyakit katastropik itu adalah jantung.

dr Kuswandi, Sp.JP dari Rumah Sakit Bumi Waras mengatakan, dahulu penyakit jantung hanya diderita orang-orang kaya. Tapi terkini, kalangan menengah hingga ke bawah banyak menderita penyakit itu. Penyebabnya karena pola hidup tidak sehat seperti merokok, terlalu gemuk, dan stres.

Penyakit jantung terdiri dari penyakit jantung bawaan seperti jantung bocor, kurang gizi, dan buruknya pembuluh darah atau biasa disebut sebagai penyakit jantung koroner. Diantara semua jenis penyakit jantung itu paling populer adalah penyakit jantung koroner. Salah satu jenis penyakit jantung koroner adalah aritmia. Itu adalah kelainan irama jantung diakibatkan penyempitan pembuluh koroner.

Penyebab penyempitan pembuluh koroner adalah berkurangnya asupan oksigen ke sel-sel jantung. "Aritmia jika dibiarkan bisa menyebabkan gagal jantung yang berujung pada kematian," terang dr Kuswandi.

dr Oscar Febriano dari IGD Rumah Sakit Imanuel menambahkan, aritmia memang kurang populer dibanding penyakit jantung lain. Namun kini aritmia sudah mulai banyak ditemukan kasusnya.

Jenis aritmia paling umum ditemui adalah bradikardia yaitu jantung berdetak lebih lambat atau tidak teratur. Jenis lainnya, blok jantung (AV Block) yaitu jantung berdetak lebih lambat dan terkadang bisa membuat penderitanya pingsan.

Ada juga takikardia supraventikular yaitu jantung berdetak cepat secara tidak normal. Selain itu, fibriliasi atrium kondisi jantung berdetak sangat cepat bahkan saat sedang istirahat. "Jenis lainnya fibriliasi fentrikel denyut jantung cepat dan tidak teratur dan menyebabkan penderitanya kehilangan kesadaran atau kematian mendadak," terang dr Oscar. Ia menambahkan, aritmia bisa terjadi tanpa menimbulkan gejala disadari penderitanya.

Munculnya gejala pun tidak serta merta menandakan bahwa kondisi jantung dialami sangat parah. "Gejala dapat muncul dan dirasakan penderitanya antara lain rasa berdebar di dada, kelelahan, pusing, nyeri dada, sesak nafas". "Gejala lain, detak jantung lebih cepat atau lebih lambat dari biasanya, pingsan dan keringat dingin," urai dr Oscar.


Terkait pengobatan menurutnya, ada sebagian pasien aritmia tidak membutuhkan pengobatan. Dokter biasanya memberi pengobatan melihat gejala aritmia pasien berpotensi menjadi lebih buruk atau menyebabkan komplikasi. Jenis pengobatan itu adalah obat obatan, alat picu jantung atau implantable, kardioversi, dan metode ablasi.


Artikel ini telah tayang di tribunlampung.co.id dengan judul Pernah Dengar Penyakit Jantung Aritmia? Akibatnya Fatal, Berujung Kematian, http://lampung.tribunnews.com/2018/05/12/pernah-dengar-penyakit-jantung-aritmia-akibat-fatal-berujung-kematian?page=3.
Penulis: Jelita Dini Kinanti
Editor: martin tobing

Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool