Assalamu'alaikum.... ^_^ Penyakit Yang Menyebabkan Kencing Berwarna Seperti Teh, Hitam, Kemerahan, Hijau, Biru dan Keruh

Penyakit Yang Menyebabkan Kencing Berwarna Seperti Teh, Hitam, Kemerahan, Hijau, Biru dan Keruh

Penyakit Yang Menyebabkan Kencing Berwarna Seperti Teh, Hitam, Kemerahan, Hijau, Biru dan Keruh
Penyakit Yang Menyebabkan Kencing Berwarna Seperti Teh, Hitam, Kemerahan, Dan Keruh

Penyakit ginjal, batu ginjal, infeksi saluran kemih adalah beberapa dari banyak penyebab urin berubah menjadi kuning pekat atau gelap yang disertai dengan bau kuat. Urin normalnya memiliki warna kuning pucat, agak seperti warna kuning.

Warna urin didasarkan pada akumulasi pigmen urochrome. Nah berikut ada beberapa penyakit yang bisa mengubah warna urin.

1. Dehidrasi

Kehilangan air tidak hanya berbahaya bagi kesehatan tetapi juga secara langsung mempengaruhi sistem ekskresi urin.

Dr Melissa Conrad Stöppler, yang bekerja di MedicineNet Foundation, tidak menyerap cukup air membuat urinnya keruh gelap. Menurut American Family Medicine Journal, dehidrasi juga meningkatkan kadar protein dalam urin dan memicu buih muncul pada urin. Minum air putih dengan teratur adalah cara paling efektif untuk mengatasi kondisi ini.

2. Infeksi Ginjal

Bakteri yang menyerang ginjal dapat menyebabkan bau pada urin dan memicu sakit perut. Menurut Dr. Siamak Nabil dari Perelman, Universitas Pennsylvania, bakteri mampu menembus saluran kemih melalui vagina dan anus ke ginjal.

Karena uretra yang lebih pendek, bakteri lebih mungkin menyebabkan infeksi ginjal pada wanita daripada pria. Gejala lain dari penyakit ini termasuk sakit punggung bawah, nyeri saat kencing, demam dan menggigil.

Untuk menjaga kesehatan ginjal, Anda perlu menghindari mengkonsumsi lebih banyak gula, garam, membatasi merokok, dan menyingkirkan kebiasaan buruk. Minum banyak air dan diet sehat adalah cara yang bagus untuk menjaga kesehatan ginjal Anda.

3. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih dapat menyebabkan luka. Ini menyebabkan leukositosis dalam urin, yang menyebabkan air seni kehilangan warna atau berubah dari kuning menjadi gelap.

Menurut laporan dari Jurnal Medis Universitas Sultan Qaboos, infeksi saluran kemih adalah salah satu infeksi yang paling umum pada wanita. Gejala mungkin termasuk nyeri panggul, urin berdarah, sering buang air kecil, pendarahan vagina abnormal

Untuk mencegah infeksi saluran kemih, jagalah kebersihan area sensitif, hindari mengenakan pakaian ketat dan jangan mencuci vagina dengan sabun kimia terlalu sering. Selain itu, beberapa makanan anti-inflamasi juga membantu meringankan gejala penyakit.


Cara Deteksi Kesehatan Tubuh Lewat Warna Urine

1. Urine Warna Clear/Transparan

Urine berwarna transparan menandakan bahwa kesehatan kita sedang baik. Perlu diperhatikan, meskipun memiliki tubuh yang terhidrasi dengan sangat baik, juga bisa menandakan bahwa kita kelebihan hidrasi atau bahkan bisa menjadi tanda diabetes. Jika menunjukkan gejala diabetes, seperti peningkatan rasa haus dan sering buang air kecil, maka kita harus berkonsultasi dengan dokter.

2. Urine Warna Kuning Pucat

Tubuh yang sehat menghasilkan urine yang tidak terlalu gelap, yang menandakan bahwa Anda terhidrasi dengan baik.


3. Urine Warna Kuning Cerah

Warna ini cukup baik. Dalam hali ini urin kita terlalu banyak mengandung vitamin B, Riboflavin (B2) secara alami terkena sinar UV, sehingga membuat proses buang air kecil tampak sedikit memiliki warna yang mengkhawatirkan.

4. Urine Warna Kuning Gelap

Ini merupakan tanda bahwa kita tidak minum cukup air, dan pada akhirnya membuatnya menjadi lebih gelap. Maka dari itu perbanyak lah minum air putih setiap hari. Agar membuat tubuh terutama ginjal kita menjadi sehat.

5. Urine Warna Coklat

Urine coklat bisa menandakan adanya darah dalam urin atau berpotensi memiliki gangguan hati atau ginjal. Hal ini juga dapat menunjukkan bahwa kita sudah lembur otot hingga yang melepaskan zat yang disebut myoglobin hingga berubah menjadi cokelat urin. Infeksi saluran kemih dan gangguan hati, seperti sirosis, penyebab lainnya.

6. Urine Warna Hijau

Warna ini timbul karena efek dari pewarna makanan baik yang alami maupun tidak masuk kedalam tubuh. Jadi tidak perlu terlalu khawatir. Jika mengkonsumsi makanan yang mengandung pewarna lain, maka warna urin juga mengikuti warna makanan yang kita makan tadinya.

7. Urine Warna Biru

Urine biru sebagian besar disebabkan oleh makanan atau obat yang telah dikonsumsi. Triamterene, Rinsapin dan Viagra merupakan semua obat yang dapat menyebabkan urine kita memiliki semburat biru bersama dengan pil lain yang menggunakan pewarna biru.

8. Urine Warna Oranye

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, dehidrasi dapat menyebabkan warna urin gelap yang kadang-kadang dapat muncul oranye. Penyakit kuning juga bisa menjadi faktor di sini. Menyebabkan empedu muncul di urine kita yang memberikan sebuah warna oranye. Jika perubahan dalam warna makanan-terkait, maka akan mungkin hanya berlangsung satu atau dua hari paling banyak. Jika berlangsung lebih dari beberapa hari, kita harus berkonsultasi dengan dokter.



Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool