Assalamu'alaikum.... ^_^ Gejala Penyakit Batu Ginjal Pada Pria dan Wanita

Gejala Penyakit Batu Ginjal Pada Pria dan Wanita

Gejala Penyakit Batu Ginjal Pada Pria dan Wanita
Gejala Batu Ginjal Pada Pria dan Wanita

Ginjal adalah organ tubuh yang berfungsi menyaring racun di dalam darah. Malfungsi pada ginjal bukan cuma memberikan dampak pada bagian tubuh tertentu. Seluruh bagian tubuh bahkan yang vital seperti otak, jantung, paru-paru, dan hati juga bakal terkena dampaknya.

Berikut adalah beberapa tanda penyakit batu ginjal yang harus diwaspadai, yaitu :


1. Sakit di area punggung atau perut bagian samping
Penyakit batu ginjal disebabkan oleh tersumbatnya saluran ureter oleh batu yang terbuat dari endapan zat-zat dalam tubuh. Nah, penyumbatan ini bisa menyebabkan rasa nggak nyaman dan sakit di beberapa bagian tubuh yang dekat dengan ginjal serta saluran ureter. Yakni punggung dan perut bagian samping.

2. Sensasi 'terbakar' saat kamu buang air kecil
Pernah merasakan sensasi panas saat kamu buang air kecil (BAK)? Jangan diabaikan, karena ini adalah salah satu tanda yang jelas dari penyakit batu ginjal. Sensasi terbakar ini didapat dari cairan yang mendesak batu di saluran ureter.

3. Kencing berdarah

Yang ini juga bahaya sekali! Ketika batu dan saluran ureter bergesekan, otomatis akan menyebabkan luka. Luka ini bisa aja mengeluarkan darah. Yang harus diamati adalah, darah ini nggak selalu tampak seperti darah pada umumnya.

Kalau kamu nggak mengonsumsi makanan atau minuman berwarna pekat dan kencingmu berwarna merah, pink, atau cokelat, bisa jadi itu darah.

4. Sering kencing walau cuma setetes
Sering kebelet BAK walaupun keluarnya cuma sedikit adalah tanda-tanda batu ginjal yang berikutnya. Ini adalah cara tubuh mengeluarkan sisa-sisa kencing yang masih tertahan di dalam ureter.

5. Mual dan muntah
Saat kamu mengalami mual dan muntah, itu adalah tanda bahwa ginjal kamu benar-benar bermasalah karena ureter tertutup secara total.

6. Kencing sangat bau 

Kalau sebelumnya kamu nggak mengonsumsi makanan pemicu bau kencing seperti petai dan asparagus, ini bisa jadi tanda batu ginjal yang selanjutnya loh.

7. Demam

Demam adalah salah satu cara tubuh menunjukkan gejala infeksi. Nah, batu ginjal ini juga termasuk infeksi. Jadi kalau kamu mengalami 6 tanda lainnya dan diiringi dengan demam, segera periksa ke dokter sebelum terlambat ya!

Original Post:  jogja.tribunnews
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool