Assalamu'alaikum.... ^_^ Ciri-ciri Penyakit Tifus Kambuh Lagi

Ciri-ciri Penyakit Tifus Kambuh Lagi

Ciri-ciri Penyakit Tifus Kambuh Lagi
Ciri-ciri Penyakit Tifus Kambuh Lagi

Penyakit tifus merupakan penyakit yang kebanyakan penderitanya ialah anak-anak dan negara-negara berkembang seperti Indonesia sangatlah banyak terkena penyakit ini. Untuk penyembuhan biasanya penderita tipes akan diberikan antibiotik, tak jarang penyakit yang satu ini sering kambuh saat sudah sembuh.

Penyakit tifus juga bisa menjadi bahaya dan mengakibatkan kematian bila terlambat ditangai dan tidak mendapat perawatan yang tepat, untuk itu sebaiknya ketahui inilah ciri-ciri tifus kambuh lagi.

Ciri-ciri tifus kambuh lagi

1. Mengalami demam hingga 39-40 derajat celsius.
2. Sakit kepala atau pusing.
3. Sembelit atau diare (biasanya sembelit terjadi pada orang dewasa dan diare terjadi pada anak-anak).
4. Muncul ruam atau bintik-bintik berwarna merah muda kecil.
5. Tubuh terasa pegal-pegal dan lemas.
6. Otot dan perut terasa sakit.
7. Tidak nafsu makan.
8. Mengalami kebingungan seperti disoroentasi seperti tempat serta lingkungan.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit tipes kembali kambuh, yakni :
  • Pastikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh dalam keadaan bersih dan telah matang sempurna.
  • Tidak sembarangan jajan.
  • Ada baiknya untuk memisahkan peralatan makan agar bakteri penyebab tipes tidak menyebar.
  • Menjaga kebersihan lingkungan.
  • Dan lainnya.

Bahan alami yang dapat mempercepat pemulihan tipes, seperti dilansir brilio.net :

1. Oralit.

Oralit yang terbuat dari tiga bahan dasar yaitu gula, garam dan air pasti dapat dengan mudah kamu temukan di rumah. Nah, ternyata oralit dapat membantu mengurangi gejala tipes dan mempercepat pemulihan lho.

Cara membuat oralit juga mudah, cukup dengan mencampurkan setengah sendok teh garam dan enam sendok teh gula ke dalam 4 gelas air. Minum larutan oralit selama beberapa kali dalam sehari hingga tubuh benar-benar pulih.


2. Cuka sari apel.





Bahan yang satu ini memang dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk mengembalikan energi pada orang yang terkena tipes. Sifat asam dari sari cuka apel dapat membantu mengeluarkan panas tubuh sehingga mengurangi suhu tubuh secara perlahan.

Kandungan mineralnya pun dapat menggantikan mineral yang hilang karena diare. Ada dua cara jika mau menggunakan cuka sari apel bagi penderita tipes, pertama campurkan setengah sendok teh cuka sari apel dan sedikit madu dalam segelas air.

Minum larutan ini sebelum makan selama 5-7 hari. Kedua, campurkan cuka sari apel dan air hangat dengan perbandingan 1:2. Rendam kain lap dalam cairan tersebut, peras dan letakkan di dahi dan perut. Ulangi terus sampai demam turun.


3. Bawang putih


Sifat antimikroba yang terdapat pada bahan dapur ini berguna untuk membilas racun berbahaya dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh meningkat dan proses pemulihan tipes pun semakin cepat. Ada dua cara untuk mengonsumsi bawang putih sebagai obat alami tipes.

Pertama bisa dengan mengonsumsi dua siung bawang putih secara langsung ketika perut kosong. Lakukan cara ini selama beberapa minggu sampai mulai kembali pulih.

Kedua, dengan mencampurkan setengah sendok teh bawang putih yang sudah dihaluskan, secangkir susu dan empat gelas air. Rebus larutan in hingga tersisa seperempatnya dan minum sebanyak 3 kali sehari.

Namun perlu menjadi catatan, mengonsumsi bawang putih tidak dianjurkan bagi ibu hamil dan bayi.


4. Daun Selasih (daun basil).




Daun basil atau yang lebih dikenal dengan daun selasih merupakan salah satu bahan alami yang efektif mengobati tipes. Daun ini memiliki khasiat antibiotik dan antibakteri yang dapat menghambat bakteri Salmonella typhi dalam butuh.

Tidak hanya itu, bahan alami ini juga dapat membantu menurunkan demam, menghangatkan perut dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara meraciknya juga cukup mudah, dengan menyiapkan 20 helai daun selasih, 1 sendok teh jahe yang dihancurkan dan 1 gelas air.

Kemudian rebus semua bahan hingga larutan berkurang setengahnya. Tambahkan sedikit madu untuk menambah rasa manis. Minum larutan tersebut sebanyak 2-3 kali sehari hingga masa pemulihan.


5. Cengkeh.

Kandungan minyak esensial pada cengkeh ternyata memiliki sifat antibakteri. Cengkeh dapat membantu mengurangi tingkat keparahan diare dan muntah yang disebabkan oleh tipes.

Cara membuatnya mudah, masukkan 5-7 kuncup cengkeh dalam air mendidih dan rebus hingga airnya tersisa setengah. Setelah larutan menjadi dingin, minum secara rutin disiang hari selama minimal satu minggu.


6. Pisang

Buat kamu penyuka pisang, ternyata mengonsumsi pisang setiap hari bermanfaat untuk mencegah penyakit tipes. Kandungan pektin atau serat larut dalam pisang dapat menyerap cairan di usus, sehingga dapat menurunkan diare.

Selain itu, kandungan kalium pada pisang berfungsi untuk menggantikan eletrolit yang hilang akibat diare dan demam. Agar cepat pulih, dianjurkan untuk mengonsumsi 2-3 buah pisang setiap harinya atau kamu juga bisa mencampurkan dua buah pisang dengan setengah cangkir yogurt dan satu sendok teh madu. Konsumsi selama 2-3 kali setiap hari.

Original Post : First And Second
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool