Assalamu'alaikum.... ^_^ Bagaimana Cara Hackers Membobol Akun Steemit?

Bagaimana Cara Hackers Membobol Akun Steemit?

Bagaimana Cara Hackers Membobol Akun Steemit?
Bagaimana Cara Hackers Membobol Akun Steemit?

Beberapa hari ini saya melihat banyak pemberitahuan tentang mara bahaya yang menyerang para steemian. Beberapa discord yang saya ikuti ada pemeberitahuan tentang hal itu, terutama dalam discord yang di dalamnya ada @yandot. Tidak sampai satu hari dari pemberitahuan tentang bahaya yang sedang mengintai akun para steemian, malamnya saya membaca postingan @emdesan yang menceritakan akunnya dibobol dan Steem plus SBD lenyap. Maka dari itu saya meminta kepada @emdesan untuk menulis kejadian yang menimpa dirinya kedalam bahasa Indonesia.

Karena kesibukan saya yang sangat-sangat super, maka baru sekarang saya menulis. Menurut pengamatan saya ada beberapa cara yang dilakukan para hackers untuk menjebak para steemian. Berikut diantara cara itu:

1. Menjebak Lewat Komentar


Capture By: @amriadits

Gambar diatas adalah salah satu contoh model perangkap yang di sebarkan hackers. Itu sudah saya berikan flag/bandera maka kelihatan tidak terang. Jika anda mengklik link aktif yang saya garis bawahi dalam gambar diatas, maka dengan sendirinya anda telah memberikan akun anda kepada hacker tersebut. Maka cara mengatasi hal ini, siapapun yang melakukan komentar pada postingan anda jangan klik link yang aktif. Ini sebagai kehati-hatian dan kewaspadaan kita terhadap para hacker yang mau mengambil Wallet kita yang sangat susah kita kumpulkan.

2. Lewat Transaksi




Mungkin anda salah satu dari yang menerima hadiah kecil dari @gtg.witnesess sebasar 0.001 SBD yang berisi tentang reward vote witness dari @gtg. Namun tahukah anda kalau itu adalah scam. Situs yang dikirim dalam memo https://steemit-rewards.com, jika anda sudah melakukan login menggunakan Steemconnect ke situs tersebut segera ganti pasword sebelum wallet anda berubah.


3. Lewat Aplikasi
Jangan pernah melakukan login ke aplikasi pihak ke 3 menggunakan pasword utama atau master key. Jika anda tidak mau mengalami kejadian seperti @emdesan. Dalam tulisannya @emdesan menceritakan tentang akunnya yang mengalami musibah dari hackers.

Ia menulis dengan judul A Sad Steemit Day: My Account Was Hacked!!!,dalam kalimat pembuka ia juga menulis sebagai berikut "Some devil hack my Steemit account and withdrew my earnings to @bittrex. I hope he goes to hell, literally!"
Terjemahan bebasnya begini, Beberapa setan meng-hack akun Steemit saya dan menarik penghasilan saya melalui @bittrex. Kuharap dia pergi ke neraka. Ya, siapapun akan kesal dan marah bila itu menimpa dirinya. Hanya sebagian kecil yang tabah menerima kenyataan tersebut.

Kenapa akun dia bisa di hack? Ya, dia melakukan login ke aplikasi dtube didownload Google Playstore menggunakan pasword utama. Ya, ia mengaku sendiri kalau itu sebauh kesalahan yang fatal. Sebelum kejadian yang menimpa dia, ternyata sudah banyak yang mengomentari di aplikasi Dtube terssebut. Berikut ini screenshoot dari dia.


Ini adalah Dummy DTube App di Google Play Store.


Ternyata, saya bukan satu-satunya yang mengalami hacked oleh Hacker DTube App.

Sudah banyak korban yang berjatuhan, maka disini saya menulis agar sedikit bisa mengurangi korban dari serangan tersebut. Saya sendiri sekarang sudah jarang memakai aplikasi pihak ke 3 kecuali eSteem milik bang @good-karma. Karena saya percaya pada bang Karma tentunya, apalagi ia memberikan upvote setiap post yang saya buat melalui eSteem.


Ini membuktikan bahwa saya bukan satu-satunya dan ini bukan kasus yang terisolasi


Ini terlihat seperti akun dummy yang juga dibuat oleh peretas untuk meninggalkan ulasan positif pada aplikasi yang benar-benar bohong!

Itulah beberapa cara yang dilakukan para hackers semoga kita terhindar dari mereka. Pastinya semuanya kita tidak mau akun kita menjadi korban. Maka cara mengatasinya yang dapat saya simpulkan sebagai berikut:
  • Jangan klik link apapun di kolom komentar kecuali anda menenali link tersebut.
  • Jangan pakai pasword utama pada saat login menggunakan aplikasi pihak ke 3, jika sudah melakukannya maka ganti pasword.
  • Hati-hati dalam mendownlad app, periksa komentar review terlebih dahulu.
Semoga bermanfaat, sekian....

Original Post : @Amriadits

Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool