Assalamu'alaikum.... ^_^ Cara Mengetahui Apakah Anda terinfeksi Virus atau Bakteri

Cara Mengetahui Apakah Anda terinfeksi Virus atau Bakteri

Cara Mengetahui Apakah Anda terinfeksi Virus atau Bakteri
Cara Mengetahui Apakah Anda terinfeksi Virus atau Bakteri

Infeksi virus ataupun bakteri dapat menyerang siapa saja. Baik virus maupun bakteri keduanya sama-sama akan menyebabkan Anda jatuh sakit. Namun demikian, penting untuk diketahui apakah sakit yang Anda derita disebabkan oleh infeksi virus ataukah bakteri.

Untuk mengetahui cara membedakan infeksi virus dan infeksi bakteri, dibawah ini diluas penjelasan lengkapnya.

Apa itu virus?

Pada dasarnya virus adalah materi genetik sederhana (asam nukleat) dengan selaput protein. Virus merupakan sel tidak lengkap dan oleh karena itu lebih kecil dari bakteri. Virus tidak dapat melakukan reproduksi sendiri, jadi harus menggunakan sel tubuh inang (dalam hal ini, kita) untuk bereproduksi, biasanya dengan membunuh sel dan membuat kita sakit dalam prosesnya. Gejala infeksi virus umumnya menyebar ke seluruh tubuh, tidak menyebabkan sakit atau iritasi hanya pada satu bagian tubuh yang spesifik;
  • Karena tidak dapat hidup dan berkembang biak sendiri serta berbahaya untuk tubuh inang, virus dianggap bersifat parasit.
Berapa lama infeksi virus berlangsung?

Infeksi virus terbatas dengan sendirinya (artinya akan pergi sendiri dalam 3 hingga 10 hari). Beberapa hari pertama infeksi biasanya adalah yang terburuk tetapi Anda akan melihat kesembuhan bertahap dari waktu ke waktu;

Berikut adalah salah satu cara untuk mengetahui apakah Anda terkena infeksi virus atau bakteri

  • Jika gejala Anda berlangsung lebih lama dari seminggu tanpa menjadi lebih baik, kemungkinan besar Anda terkena infeksi bakteri. 
  • Namun, gejala yang berlangsung lebih dari 14 hari bisa menjadi tanda-tanda komplikasi penyakit yang disebabkan virus, seperti infeksi bakteri sekunder.
  • Untuk sinusitis virus, gejalanya dapat berlangsung selama 3-4 minggu, tetapi juga akan membaik secara bertahap seiring waktu.

Tanda-tanda demam ringan
Salah satu gejala infeksi virus paling umum adalah demam ringan. Ketika tubuh terinfeksi organisme berbahaya (dalam hal ini patogen virus), suhu internal akan meningkat dalam upaya membakar dan menghancurkan virus. Demam juga membantu memperlambat enzim tertentu dalam tubuh yang tanpa disadari membantu virus berkembang biak;

Gejala-gejala demam: Cek suhu tubuh dengan menggunakan termometer; jika suhu Anda di atas 37ºC, tetapi di bawah 38ºC, maka Anda demam ringan. Mungkin Anda juga berkeringat, menggigil, sakit otot, kehilangan nafsu makan dan umumnya merasa lemah.

Perhatikan sakit apa pun di kepala
Sakit kepala umumnya akan berkembang jika Anda terkena infeksi virus. Sering kali, sakit kepala akan datang apabila Anda demam atau tatkala tubuh mengeluarkan beberapa senyawa yang membuat bagian dalam tubuh Anda meradang;
  • Gejala-gejala sakit kepala: Karena sakit kepala dibawa oleh infeksi virus, Anda hampir selalu akan merasakannya di depan kepala (dahi). Sakit kepala bisa terasa tajam, berdenyut nyeri atau sakit yang terus menerus.
Waspadai hidung berair
Salah satu gejala infeksi virus umum di pernapasan bagian atas adalah hidung berair. Anda mungkin merasakan banyak cairan mengalir keluar dari hidung atau di tenggorokan. Anda juga bisa merasa seolah hidung tersumbat dan tidak bisa mendapatkan banyak udara melalui hidung;
  • Hidung berair bisa menyebabkan batuk karena cairan dari hidung dapat menetes ke tenggorokan (dikenal dengan sebutan postnasal drip) dan dapat mengiritasi lapisan tenggorokan dan paru-paru, sehingga menyebabkan batuk.
Waspadai sakit tenggorokan
Infeksi virus yang memengaruhi saluran pernapasan atas (yang meliputi hidung, rongga hidung, dan faring atas) umumnya menyebabkan sakit tenggorokan. Ini karena virus mengakibatkan peradangan di tenggorokan, yang mengiritasi lapisan yang menyelimuti tenggorokan;
  • Gejala-gejala sakit tenggorokan: Tenggorokan mungkin terasa bengkak dan Anda mungkin merasa sakit ketika menelan. Tenggorokan juga bisa terasa gatal atau panas dan iritasi.
Waspadai tanda-tanda virus gastrointestinal
Tidak menutup kemungkinan Anda mengalami gejala di pencernaan seperti mual, muntah atau diare; gejala-gejala ini akan muncul bila Anda terjangkit virus yang memengaruhi sistem pencernaan (termasuk perut dan usus). Virus gastrointestinal yang umum diantaranya adalah:
  • Rotavirus (umumya hanya menginfeksi anak-anak), Norovirus (virus paling umum dan disebut pengganggu perut), Adenovirus (ini juga umumnya hanya menginfeksi anak-anak) dan Astrovirus (umumnya adalah pengganggu perut yang lebih ringan dan lebih singkat).
Waspadai nyeri otot di seluruh tubuh
Infeksi virus umumnya menyebar ke seluruh tubuh, memengaruhi seluruh tubuh Anda alih-alih hanya satu bagian tertentu. Salah satu cara virus menyebar adalah dengan menciptakan nyeri otot. Semua otot Anda, dari kepala hingga ujung kaki, akan terasa nyeri dan lelah;
  • Myalgia merujuk pada nyeri yang memengaruhi semua otot Anda. Beberapa orang menggambarkannya sebagai rasa nyeri yang menghancurkan otot.
  • Arthralgia merujuk pada nyeri sendi yang juga bisa terjadi.
Demikian beberapa cara untuk mendiagnosa kesehatan tubuh Anda apakah sakit yang Anda alami dalam hal ini disebabkan oleh infeksi virus ataukah karena infeksi bakteri. 

Artcle Source: http://www.artikelid.com/
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool