Assalamu'alaikum.... ^_^ Penyebab Penuaan Dini pada Remaja dan Umum

Penyebab Penuaan Dini pada Remaja dan Umum

Penyebab Penuaan Dini pada Remaja dan Umum
Penyebab Penuaan Dini pada Remaja dan Umum

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghambat terjadinya penuaan dini salah satunya adalah dengan merawat kulit wajah dengan perawatan yang tepat, membiasakan hidup sehat serta menghindari berbagai penyebab masalah penuaan dini. Berikut apa saja penyebab masalah penuaan dini yang perlu Anda ketahui dan wajib dihindari agar penuaan dini tidak terjadi pada diri Anda!

Tidak mencukupi nutrisi yang dibutuhkan
Penuaan dini ditandai dengan adanya penurunan kondisi kulit dan berbagai masalah lain pada kulit yang juga disebabkan karena adanya asupan gizi dan nutrisi yang kurang baik. Misalkan tubuh yang mengalami kekurangan serat, rendah vitamin, rendah karbohidrat, rendah antioksidan dan asupan gizi lain yang tidak seimbang. Ada baiknya Anda perlu konsumsi banyak sayur dan buah agar kesehatan kulit Anda menjadi lebih baik lagi dan akan membuat Anda menjadi tampak segar dan lebih awet muda.

Terpapar sinar matahari
Berdasarkan sebuah data, kurang lebih sekitar 80% penyebab dari penuaan dini adalah paparan sinar matahari yang berlebihan. Sinar matahari memang mengandung sinar ultraviolet yang dapat menimbulkan kerusakan pada serat kolagen dan merusak elastisitas kulit. Selain itu didalam paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet juga dapat menyebabkan radikal bebas merusak kolagen kulit. 

Bercak hitam di kulit yang sering disebut dengan noda hitam bahkan juga akan mudah terbentuk ketika masalah penuaan dini di kulit wajah Anda alami. Hal ini biasanya terjadi ketika matahari tengah bersinar dengan teriknya pada tengah siang hari antara jam 11 siang sampai menjelang sore. Sehingga jika Anda bepergian di luar ruangan pada jam tersebut baiknya Anda gunakan sun block yang dapat menangkal sinar ultraviolet di kulit Anda.

Posisi tidur yang salah
Posisi tidur yang salah juga sangat menentukan terjadinya kerutan di area wajah. Seseorang yang punya kebiasaan tidur dalam posisi miring cenderung akan memiliki kerutan di bagian pipi dan dagunya. Akan tetapi bagi orang yang memiliki kebiasaan posisi tidur tengkurap akan cenderung memiliki kerutan di dahinya. Posisi tidur yang sangat baik adalah dengan posisi tidur menghadap ke atas karena dengan posisi ini wajah tidak akan bersentuhan dengan bantal atau yang lainnya.


Stres bisa menyebabkan penuaan dini
Bukan hanya faktor fisik saja yang ternyata dapat memicu timbulnya penuaan dini. Akan tetapi faktor psikis juga dapat menjadi salah satu pemicunya. Dalam sebuah study yang telah dilakukan ditunjukkan hasil bahwa mereka yang mengalami stress utamanya dalam jangka waktu panjang akan mengalami penuaan dini dan memiliki masalah pada sel leukosit dan telomere. 

Satu hal yang juga Anda perlu tahu bahwa leukosit ini memiliki peran yang sangat penting bagi sistem imun tubuh sehingga jika terjadi pemendekan telomere maka akan menandakan adanya penurunan kemampuan sel leukosit didalam tubuh. Kesimpulannya ketika seseorang mengalami stres, leukosit akan memendek dan memicu timbulnya penuaan dini.
Article Source: https://lifeblogid.com/
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool