Assalamu'alaikum.... ^_^ Manfaat Pisang Untuk Penyakit Asma

Manfaat Pisang Untuk Penyakit Asma

Manfaat Pisang Untuk Penyakit Asma
Manfaat Pisang Untuk Penyakit Asma

Asma merupakan penyakit sesak nafas yang diakibatkan adanya peradangan pada bronkus. Bronkus adalah saluran utama pada paru-paru yang berbentuk tabung kecil dan berfuungsi sebagai keluar masuknya udara.

Umumnya, penyakit asma diderita oleh seseorang dalam jangka waktu yang cukup lama. Keparahan penyakit ini berbeda-beda untuk tiap-tiap orang. Gejala yang paling umum berupa batuk , sesak nafas, dan mengi saat penyakit asma kambuh. Biasanya penderita asma bergantung pada obat pelega untuk mengatasi serangan asma.

Menurut data WHO tahun 2011, penderita asma di Indonesia mencapai 14. 624 jiwa. Pada tahap yang lebih parah, penyakit asma dapat mengancam jiwa penderitanya.

Beberapa faktor pemicu penyakit asma, yaitu:
  • Udara yang dingin
  • Debu
  • Serbuk sari pada bunga
  • Bulu binatang
  • Mengidap infeksi paru-paru
  • Pekerja bangunan yang sering terpapar pasir dan debu
Dalam dunia kedokteran, terdapat 2 macam obat asma yang sering digunakan, yaitu:

1. Preventer atau obat pencegahObat ini berfungsi untuk mengurangi peradangan pada saluran pernafasan dan mencegah terjadinya serangan asma.

2. Reliever atau obat pelegaObat pelega sering digunakan oleh penderita penyakit asma. Obat pelega berguna untuk merelaksasi saluran pernafasan sehingga penderita asma dapat bernafas dengan lega dan lebih mudah.

Kandungan dan khasiat buah pisangSebagaimana kita tahu, buah pisang merupakan salah satu buah yang mengandung tinggi serat, sehingga sering dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan pencernaan. Kandungan serat di dalam pisang juga dapat mencegah dan mengurangi gejala penyakit asma.

Di samping itu, buah pisang juga mengandung vitamin B6 atau piridoksin. Kandungan piridoksin ini dapat membantu rileksasi otot jaringan bronkus dan otot polos dengan cara memproduksi molekul adenosin monofosfat siklik dan adenosin trifosfat.

Penelitian tentang khasiat buah pisang untuk mengontrol asmaMenurut Organisasi Kesehatan Dunia, WHO memaparkan bahwa sekitar 235 juta orang menderita penyakit asma, dimana anak-anak memiliki risiko lebih tinggi terserang asma kronis. Sebuah fakta menunjukkan bahwa serangan asma kronis pada anak dapat mengancam jiwa sehingga harus segara diatasi.

Sebuah penelitian di Imperial College , London menyatakan bahwa seseorang yang mengonsumsi 1 buah pisang sehari maka akan menurunkan potensi serangan asma hingga 34%.

Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi 1 buah pisang sehari memiliki risiko rendah mengalami gangguan pernafasan dibandingkan anak yang tidak mengonsumsi buah pisang.

Selain meredakan serangan asma, buah pisang juga mempunyai manfaat lain seperti melancarkan peredaran darah, melancarkan pencernaan, meningkatkan kinerja jantung, dan menjaga kesehatan mata. Nah, mulai sekarang untuk memperoleh hidup yang lebih sehat, maka tidak ada salahnya mengonsumsi 1 buah pisang sehari, kan?

Sumber: https://articles.id/
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool