Assalamu'alaikum.... ^_^ Cara Menurunkan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Alami

Cara Menurunkan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Alami

Cara Menurunkan Darah Tinggi (Hipertensi) Secara Alami

Secara umum serangan hipertensi dapat dibagi ke dalam tiga kategori yaitu prahipertensi dimana tekanan darah berada pada angka 120-139. Hipertensi tahap 1 dimana tekanan darah berada pada tekanan 140-159. Dan hipertensi tahap 2 yaitu pada saat tekanan sistoliknya mencapai 160 atau lebih. Nah, agar anda tidak terserang penyakit darah tinggi sebenarnya anda dapat mengontrol darah tersebut melalui pola makan yang sehat.

Perhatikan kadar garam pada makanan
Kebanyakan orang tidak peduli terhadap apa yang mereka makan setiap waktunya. Terlebih lagi perhatian terhadap kandungan yang ada pada makanan tersebut. Padahal makanan yang mengandung zat tidak sehat akan mampu memicu terjadinya tekanan darah tinggi. Untuk itu perhatikan makanan anda mulai dari sekarang.

Makanan yang memiliki kandungan sodium cukup tinggi terbukti mampu meningkatkan tekanan darah dan semakin sedikit kadar sodium dalam suatu makanan maka tekanan darah anda akan semakin terkendali dan normal. Makanan yang kaya akan magnesium, serta, dan potasium juga baik untuk mengendalikan tekanan darah anda.

Di antara makanan yang mengandung sodium tinggi adalah makanan kemasan yang terdapat pada kaleng atau makanan kemasan dan juga makanan siap saji. Oleh karena itu jika anda mengonsumsi makanan kaleng atau kemasan biasakan mengukur kadar garam yang terkandung di dalam makanan tersebut. Anda bisa memperhatikan kadar garam yang tertera pada label. Biasakan memilih makanan yang mengandung sodium 5 % atau bahkan kurang dari itu. Dan sebisa mungkin anda menghindari sodium yang lebih dari 20% atau lebih.

Selain makanan yang mengandung banyak garam mulai juga membatasi kecap asin yang digunakan ketika masak sendiri. Di samping itu makanan yang memiliki kandungan garam tinggi di antaranya adalah saus tomat, saus sambal, roti, kacang yang telah diberikan bumbu, dan lain sebagainya.

Jaga pola makan sehat
Kesehatan tekanan darah sangat tergantung pada pola makan anda sehari-hari. Tekanan darah tinggi tidak dapat diobati dengan cara yang cepat. Sebab ketika anda terserang darah tinggi cara menurunkannya adalah dengan mengatur kembali pola makan sehat. Dan makanan yang telah direkomendasikan untuk menurunkan tekanan pada penyakit darah tinggi di antaranya yaitu makanan yang mengandung empat prinsip berikut ini:

  • Unggas, ikan, dan kacang-kacangan yang memiliki asupan nutrisi.
  • Memperbanyak asupan sayur, buah, serta produk susu yang rendah lemak
  • Daging merah, makanan dan minuman yang manis, dan kurangi garam
  • Kurangi lemak jenuh, kolesterol yang terkandung pada makanan

Selain prinsip di atas ada satu makanan lagi masih menjadi perdebatan para ahli yaitu makanan yang mengandung kafein. Sebagian kalangan berpendapat bahwa kafein dapat meningkatkan tekanan darah. Tapi hal ini masih dalam tahap penelitian lebih lanjut. Selain itu minuman keras juga berpotensi untuk meningkatkan tekanan darah tinggi secara drastis. Untuk itu berhentilah dari mengonsumsi minuman keras.

Oleh sebab itu agar darah anda selalu terkontrol sebaiknya anda mulai menjadwal waktu anda untuk selalu mengecek kadar darah anda secara rutin.
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool