Assalamu'alaikum.... ^_^ 8 Jenis Penyakit Jantung

8 Jenis Penyakit Jantung

8 Jenis Penyakit Jantung
8 Jenis Penyakit Jantung

Penyakit ada banyak jenisnya, tidak hanya satu saja. Untuk jelasnya, simaklah penjelasan di bawah ini!
1. Penyakit jantung koronerJantung koroner adalah salah satu penyakit jantung yang sering diderita oleh sebagian besar orang. Umumnya menyerang orang berusia diatas 50 tahun. Penyakit jantung koroner disebabkan oleh penyumbatan dan penebalan pembuluh darah arteri koroner (asterosklerosis). Penyumbatan ini terjadi karena adanya penumpukan plak ateromatosa pada dinding pembuluh darah koroner, sehingga menyebabkan aliran ke darah ke jantung menjadi terhambat.

Gejala yang dialami penderita jantung koroner berupa nyeri dada, aritmia jantung (detak jantung tidak teratur), sesak nafas, mual, dan berkeringat dingin. Pada wanita, gejala yang terjadi adalah nyeri pada ulu hati.
2.Penyakit kardiomiopatiPenyakit kardiomiopati merupakan kondisi dimana otot-otot jantung dan miokardium mengalami penurunan fungsi, sehingga kinerja jantung dalam memompa darah semakin melemah. Beberapa gejala yang ditimbulkan berupa sesak nafas, pusing, artimia jantung, jantung berdebar-debar, pembengakakan pada kaki, dan mudah merasa lelah.
3. Gagal jantungGagal jantung merupakan kondisi dimana otot-otot jantung tidak mampu memompa darah dengan baik atau bahkan telah berhenti, akibat dari kurangnya pasokan oksigen. Biasanya, kondisi gagal jantung terjadi pada penderita penyakit jantung yang memasuki tahap parah.

Gejala pada penderita gagal jantung, yaitu sesak nafas, mudah lelah, kelainan fungsi jantung, dan pembengkakan pada jantung.
4. Penyakit jantung iskemik
Penyakit jantung iskemik disebabkan oleh kurangnya suplai oksigen di dalam jantung Gejala yang dialami penderita jantung iskemik, yaitu nyeri pada dada tengan, nyeri pada lengan kiri, berkeringat dingin, penebalan pada tendon Achilles, dan dada terasa mengencang.
5. Penyakit jantung rematikPada umumnya, penyakit jantung rematik disebabkan oleh infeksi bakteri pada anak berusia dini yang mempengaruhi katup jantung dan persendiaan. Saat sang anak menginjak dewasa, infeksi ini akan memicu terjadinya penyakit jantung rematik. Dimana satu-satunya jalan untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan melakkan operasi penggantian katup jantung.
6. Penyakit jantung bawaanSalah satu penyakit jantung yang dialami penderita sejak baru dilahirkan adalah penyakit jantung bawaan, seperti jantung bocor. Biasanya ditandai dengan adanya lubang di jantung dan kondisi jantung yang lemah. Tindakan medis yang dapat dilakukan mengatasi penyakit jantung bawaan adalah melalui operasi. Sayangnya, operasi ini tidak selalu memberikan hasil yang baik.
7. Penyakit jantung hipertensiPenyakit jantung hipertensi disebabkan oleh peningkatan tekanan darah yang terlokalisasi. Penyakit ini berkaitan dengan aritmia jantung, kardiomiopati hipertensi, dan jantung koroner.
8. Penyakit katup jantungPenyakit katup jantung disebabkan adanya gangguan pada salah satu atau lebih katup jantung, yaitu aorta, mitral, pulmonik, dan trikuspid. Gejala yang dialami penderita penyakit katup jantung berupa sesak nafas, nyeri dada, kaki bengkak, batuk, mudah lelah, dan jantung berdebar-debar.

Article Source: https://articles.id/
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool