Assalamu'alaikum.... ^_^ Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung
Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung koroner terjadi jika suplai darah ke jantung melalui pembuluh darah koroner terhambat oleh lemak. Penimbunan lemak di dalam pembuluh darah ini dikenal dengan istilah aterosklerosis dan merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner.

Selain dapat mengurangi suplai darah ke jantung, aterosklerosis juga dapat menyebabkan terbentuknya penggumpalan darah. Jika ini terjadi, aliran darah ke jantung terblokir total dan serangan jantung pun terjadi. Faktor pemicu aterosklerosis meliputi kolesterol yang tinggi, merokok, diabetes, serta tekanan darah tinggi (hipertensi).

Jenis dan Komplikasi Penyakit Jantung Koroner
Penyakit jantung koroner terbagi ke dalam dua jenis yang dikategorikan berdasarkan tingkat penghambatan aliran darah, yaitu angina (angin duduk) dan serangan jantung.

Penyakit jantung yang tidak ditangani akan mengakibatkan komplikasi mematikan. Ketika tidak menerima suplai darah yang cukup hingga terlalu lemah untuk memompa darah, kinerja jantung akan menurun. Kondisi seperti ini bisa membuat cairan menumpuk di dalam paru-paru sehingga penderita akan mengalami kesulitan bernapas. Kasus ini dikenal sebagai gagal jantung. Komplikasi ini dapat terjadi secara tiba-tiba maupun bertahap.

Pengobatan Untuk Penyakit Jantung Koroner
Jika mengidap penyakit jantung, Anda sangat dianjurkan untuk mengubah pola hidup Anda seperti menjaga pola makan, rutin berolahraga, minum obat secara teratur dan sesuai petunjuk dokter, serta berhenti merokok. Penyakit jantung koroner tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dicegah agar tidak memburuk. Dokter akan menganjurkan langkah operasi untuk menangani penyakit ini jika diperlukan. Tujuan dalam pengobatan penyakit jantung adalah untuk mengendalikan gejala dan menurunkan risiko munculnya serangan fatal seperti serangan jantung.

Berikut adalah beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung seperti dikutip dari Zeenews, Jumat (29/9/2017):

1. Aktivitas fisik
Aktivitas fisik yang teratur sangat bagus untuk kesehatan jantung Anda dan menjaga berat Badan tetap sehat. Tidak ada kata terlambat untuk mulai berolahraga dan menuai kentungan memiliki tubuh yang aktif.

2. Konsumsi makanan sehat
Mengonsumsi berbagai buah dan sayuran, terutama berfokus pada serat untuk membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Roti gandum, gandu, dan sereal gandum kaya akan serat.

Selain itu, hindari konsumsi junk food dan makanan olahan lain yang mengandung lemak tak sehat, garam dan gula dari makanan. Karena, mengonsumsi makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan obesitas yang merupakan salah satu faktor utama penyakit jantung.

3. Jauhkan gadget Anda
Cahaya biru yang dipancarkan dari layar ponsel atau laptop, mungkin membuat Anda rentan terhadap kanker, diabetes, penyakit jantung dan obesitas. Penelitian menunjukkan, cahaya biru di malam hari mengurangi rasa kantuk dan mempengaruhi tidur, meningkatkan risiko depresi, diabetes serta masalah kardiovaskular.

4. Jangan terlalu banyak bekerja
Cobalah untuk menghindari kerja lembur, karena ini bisa melukai Anda dalam jangka panjang. Studi telah menunjukkan bahwa bekerja selama lebih dari 8 jam meningkatkan risiko stroke dan jantung sebesar 33%. Selain itu, orang yang menghabiskan lebih banyak waktu di kantor cenderung tidak berolahraga atau cukup tidur, sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

5. Paparan suara kencang
Suara keras, termasuk kendaraan bermotor, dapat memengaruhi kesehatan jantung Anda. Mendengarkan musik bergenre keras juga bisa membuat jantung berdegup kencang dan tekanan darah naik, sementara tempo yang lebih lambat menghasilkan efek sebaliknya. Coba dengarkan musik easy listening atau tempo lambat sesekali untuk menghilangkan stres.

Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool