Assalamu'alaikum.... ^_^ Museum Kedokteran Petama di Indonesia

Museum Kedokteran Petama di Indonesia

Museum Kedokteran Petama di Indonesia
Photo Source: CNN Indonesia
Universitas Indonesia, biasa disingkat sebagai UI, adalah sebuah perguruan tinggi di Indonesia. Kampus utamanya terletak di bagian Utara dari Depok, Jawa Barat tepat di perbatasan antara Depok dengan wilayah Jakarta Selatan, dan kampus utama lainnya terdapat di daerah Salemba di Jakarta Pusat. Universitas Indonesia adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multibudaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. Telah menghasilkan lebih dari 400.000 alumni.

Secara umum dianggap sebagai salah satu dari tiga perguruan tinggi papan atas di Indonesia bersama dengan Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung. Cikal-bakal terbentuknya Universitas Indonesia adalah ketika pemerintah kolonial Belanda mendirikan sebuah sekolah yang bertujuan untuk menghasilkan asisten dokter tambahan yang memegang sertifikat untuk melakukan perawatan-perawatan tingkat dasar serta mendapatkan gelar Dokter Jawa (Javanese doctor).

Pada tahun 1864, program pendidikan tersebut ditambah masa pendidikannya menjadi tiga tahun, dan pada tahun 1875 menjadi 7 tahun. Gelar yang diberikan pun berubah menjadi Dokter Medis (medical doctor). Secara resmi Universitas Indonesia memulai kegiatannya pada 2 Februari 1950 dengan presiden (saat ini disebut rektor) pertamanya Ir. R.M. Pandji Soerachman Tjokroadisoerio. Kantor Presiden Universitas Indonesia mula-mula berkedudukan di Jakarta, di gedung Fakultas Kedokteran di Jl Salemba Raya no. 6, kemudian dipindahkan ke Jl. Salemba Raya no. 4, Jakarta. Tanggal 2 Februari 1950 dijadikan hari kelahiran Universitas Indonesia.

Saat ini, Universitas Indonesia telah membangun Museum Pendidikan Kedokteran yang pertama di Indonesia. Diharapkan museum ini menjadi museum rujukan nasional, tempat pembelajaran dan pendidikan di bidang kesehatan dan ilmu kedokteran.

Museum ini bernama IMERI atau Indonesia Museum of Health and Medicine, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Diharapkan IMERI FKUI akan menjadi ikon baru bagi pendidikan Kedokteran di Indonesia, pertama di Indonesia.

Museum ini memiliki lebih dari 5.000 koleksi, berupa spesimen kedokteran maupun benda-benda peninggalan (artefak) alat bantu kedokteran, video, dan direktori media. Ada juga 3D human visualization table, sebuah media pembelajaran terkini yang baru hadir pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara.

Dengan kecanggihan teknologi yang dimiliki 3D human body visualization table ini, maka memungkinkan para mahasiswa menikmati proses belajar mengajar yang lebih ringkas dan mudah melalui gambar anatomi tubuh manusia dalam bentuk 3 dimensi.

Selain itu, IMERI juga menyediakan fasilitas penunjang pendidikan bagi komunitas kesehatan dan kedokteran, berupa koleksi spesimen kesehatan sejak era Hindia-Belanda hingga era modern.

Museum yang terletak di kompleks FKUI kampus Salemba ini memiliki enam area, yaitu Medical Education Journey in Indonesia (Informasi kronologis pendidikan kedokteran di Indonesia, mulai dari era penjajahan Belanda dan Jepang, hingga masa pasca-kemerdekaan).

Selain itu juga ada Health Education (informasi siklus kehidupan manusia mulai dari pembuahan hingga lanjut usia, tidak hanya kondisi normal atau sehat tetapi juga memaparkan penyakit/gangguan yang dapat terjadi dalam kehidupan manusia); Medical Collection (Informasi spesimen dan peralatan masa lampau serta meja anatomi terkini).

Lobby (Informasi tentang proses penurunan sifat yang diperankan oleh DNA), Edutainment (Area edukasi dan informasi sederhana mengenai pemahaman tubuh manusia dan cara menjaga kebersihan diri), dan Etalase (Area Benda-benda peninggalan alat bantu pendidikan dan kedokteran, seperti alat-alat laboratorium, alat bantu operasi, dan alat bantu pendidikan).

IMERI terbuka untuk umum dengan jam operasional Selasa - Jumat pukul 09.00-17.00 WIB dan Sabtu pukul 09.00-14.00. Sedang hari Minggu dan Senin, serta hari libur nasional, museum ini ditutup.

Article Source:
https://student.cnnindonesia.com/edukasi/20170915103105-445-241887/museum-pendidikan-kedokteran-pertama-di-indonesia/
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool