Assalamu'alaikum.... ^_^ Macam-macam Penyakit Ginjal

Macam-macam Penyakit Ginjal

Macam-macam Penyakit Ginjal
Macam-macam Penyakit Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang mempunyai peranan penting bagi tubuh. Fungsi ginjal adalah menyaring dan mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme dari dalam tubuh. Apabila ginjal mengalami gangguan, maka limbah dari zat-zat metabolisme akan menumpuk dan memicu berbagai macam penyakit.

Beberapa macam penyakit pada ginjal, diantaranya yaitu:

Diabetes mellitus
Diabetes mellitus atau dikenal sebagai kencing manis, merupakan penyakit tingginya kadar gula dalam darah. Diabetes mellitus disebabkan oleh ketidakmampuan pankreas dalam memproduksi insulin. Dimana insulin ini merupakan hormon yang berguna untuk mengubah glukosa menjadi glikogen.

Apabila produksi insulin rendah, maka glukosa pun tidak dapat diubah menjadi glikogen, sehingga akan terjadi penumpukan glukosa di dalam darah. Tingginya glukosa dalam darah dapat menurunkan kinerja sel-sel pada otot dan hati, serta menurunkan system kekebalan tubuh. Penyakit diabetes dapat dicegah dengan rutin berolahraga dan mengurangi asupan makanan tinggi gula.

Batu ginjal
Batu ginjaladalah penyakit yang disebabkan oleh penimbunan garam kalsium ataupun asam urat di dalam saluran ginjal, rongga ginjal, dan kandung kemih. Untuk mencegah penyakit batu ginjal, sebaiknya perbanyaklah konsumsi air putih dan kurangi asupan garam.

Gagal ginjal
Gagal ginjal adalah salah satu penyakit ginjal yang berbahaya, dimana fungsi ginjal mengalami gangguan parah. Beberapa penyebab penyakit gagal ginjal, diantaranya yaitu:

  • Pengonsumsia obat-obatan secara berlebihan, seperti obat etilen glikol, aseton, dan karbontetraklorida sehingga menyebabkan kerusakan pada tubulus di ginjal
  • Mengidap penyakit diabetes yang dapat merusak medulla
  • Bersentuhan dengan senyawa logam berat yang berbahaya, seperti timah, merkuri, dan uranium
  • Tingginya kandungan garam kalsium di dalam ginjal

Untuk mencegah penyakit gagal ginjal, lakukan pola hidup yang sehat, kurangi konsumsi makanan berbahan kimia, dan tingkatkan asupan nutrisi tubuh.

Penyakit yang menyerang ginjal

Albuminuria
Albuminuria adalah kondisi dimana terdapat kandungan protein albumin di dalam urin yang disebabkan oleh kerusakan pada glomerulus. Kerusakan ini dapat dipicu karena bakteri, iritasi akibat logam berat, dan adanya luka pada glomerulus. Cara pengobatannya adalah melalui pencangkokan ginjal.

Glomerulonephiritis
Glomerulonephiritis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri streptococcal, yang dapat menyerang bagian tubuh lainnya dan tenggorokan. Biasanya bakteri menginfeksi saat sistem kebebalan tubuh menurun.

Beberapa gejala yang dialami penderita Glomerulonephiritis berupa adanya darah dalam urin, kandungan protein di dalam urin, serta pembengkakan pada jaringan tubuh lainnya. Untuk mencegah penyakit ini, perbanyaklah konsumsi air putih.

Uremia
Uremia adalah kondisi adanya timbunan urea di dalam darah, sehingga mengakibatkan tubuh menjadi keracunan. Biasanya penyakit ini diderita oleh orang mengalami gagal ginjal karena urea tidak bisa dikeluarkan oleh tubuh.

Penyebab dari uremia yaitu mengonsumsi obat-obatan (seperti kortikosteroid), gangguan pada saluran kemih, mengonsumsi protein berlebihan, dan mengidap tekanan darah tinggi. Cara penyembuhan uremia adalah melalui dialysis.

Pyelonephiritis
Pyelonephritis merupakan peradangan pada organ ginjal dan pelvis yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Penyakit Pyelonephritis dapat memicu terjadinya gagal ginjal. Beberapa gejala yang sering dialami penderitanya berupa sakit saat buang air kecil, denyut jantung lebih cepat, dan demam. Pengobatannya melalui pemberian antibiotik.

Hematuria
Penyakit Hematuria merupakan keadaan dimana urin mengandung sel darah merah. Penyakit ini disebabkan oleh adanya peradangan akibat gesekan dari batu ginjal. Di samping itu, hematuria juga disebabkan oleh adanya tumor pada saluran kemih. Penderita hematuria akan mengeluarkan urin bercampur darah saat buang air kecil.

Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool