Assalamu'alaikum.... ^_^ Ciri-ciri Penyakit Jiwa, Skizofrenia

Ciri-ciri Penyakit Jiwa, Skizofrenia

Ciri-ciri Penyakit Jiwa, Skizofrenia

Skizofrenia adalah salah satu gangguan psikologis dalam skala yang berat atau lebih dikenal dalam istilah psikosis. Skizofrenia ini menyerang gangguan otak yang mana dapat mempengaruhi perilaku, berpikir, serta melihat hal hal yang ada di sekelilingnya. Skizofrenia jelas berbeda dari gangguan kepribadian ganda. Hal yang paling menonjol dari penderita skizofrenia ini adalah tidak bisa memandang hal-hal yang nyata, sehingga cenderung lebih suka berhalusinasi.

Salah satu penyebab skizofrenia adalah dikarenakan adanya infeksi virus yang ada di saat masa kehamilan ataupun saat seseorang tersebut memasuki usia dini. Kekurangan saat melahirkan juga menjadi penyebab skizofrenia karena bisa merusak sel-sel di dalam otak. Tak hanya itu saja, pengguna obat-obatan juga bisa memicu munculnya gangguan skizofrenia. Bahkan orang orang yang mengalami kecanduan obat-obatan terlarang memiliki potensi 6 kali lebih besar dibandingkan orang pada umumnya. Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut ini beberapa ciri-ciri skizofrenia yang harus anda ketahui terlebih dahulu.

1. Sering Mengalami Delusi

Salah satu ciri ciri dari penderita skizofrenia adalah seringnya mengalami delusi. Delusi merupakan salah satu ciri utama yang sering muncul ketika seseorang mengalami gangguan skizofrenia. Delusi ini dapat ditandai dengan pemikiran yang dianggap nyata padahal hal tersebut jelas-jelas tidak nyata. Ada beberapa jenis delusi yang bisa terjadi antara lain adalah:

  1. Delusi tuduhan, perasaan bahwa ada orang lain yang ingin berusaha melukai dirinya.
  2. Delusi referensi, perasaan jika semua hal yang terjadi di sekitarnya merupakan pertanda sesuatu padahal jelas jelas tidak ada kaitan dengannya. 
  3. Delusi grandeur, dimana penderitanya merasa jika ada tokoh penting yang memiliki kekuatan luar biasa ataupun merasa jika dirinya merupakan reinkarnasi tokoh tersebut. 
  4. Delusi kontrol, dimana penderita merasa jika pikiran serta sikapnya dikontrol oleh pihak luar, bahkan dirinya merasa jika yang mengontrol adalah makhluk asing. 

2. Mengalami Halusinasi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, skizofrenia selalu dikaitkan dengan pemikiran yang tidak nyata dan tidak ada. Oleh sebab itu seringkali penderita skizofrenia akan merasakan halusinasi, seperti misalnya melihat bayangan aneh, mendengar suara aneh, dan lainnya. Hal ini bukanlah disebabkan oleh pengaruh obat ataupun penyakit medis. Namun dikarenakan gangguan kejiwaan yang sedang dialami.

3. Gaya Bicara Yang Tidak Beraturan

Seringkali penderita skizofrenia akan terlihat memiliki gaya bicara yang tidak beraturan, hal ini biasanya disebabkan karena kesulitan berkosentrasi yang dirasakan oleh penderitanya.Mulai dari respon yang tidak sesuai, konteks pembicaraan yang tidak berkaitan satu sama lain, mengulang perkataan, hingga berkata-kata yang tidak masuk akal.

4. Tingkah Lakunya Aneh dan Tidak Biasa

Penderita skizofrenia seringkali berperilaku aneh dan tidak biasa, bahkan terlihat seperti tidak masuk akal di pikiran orang-orang normal pada umumnya. Mereka sering berdiri mematung, berjalan di satu tempat yang sama, berputar-putar di tempat itu saja, memungut barang barang dijalan, dan berbagai perilaku lainnya yang aneh bahkan tidak masuk di akal sehat.

5. Sikapnya Tidak Beraturan

Seringkali penderita skizofrenia mengalami kesulitan untuk bisa mencapai aktivitas yang mana berorientasi kepada sebuah tujuan. Sehingga penderita skizofrenia seringkali tidak dapat mengurus dirinya sendiri, bahkan memiliki kesulitan dalam bekerja serta berinteraksi dengan orang lain.

6. Susah Tidur atau Insomnia

Bagi pada penderita skizofrenia, mereka akan mengalami susah tidur ataupun insomnia. Bahkan kondisi susah tidur ini tidak diketahui dengan pasti penyebabnya. Karena waktu tidur yang tidak mencukupi ini membuat emosi naik turun dan kosentrasi menjadi melemah.

7. Mengalami Gangguan Emosional

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penderita skizofrenia seringkali mengalami emosi yang naik dan turun yang tidak jelas. Sehingga penderita skizofrenia terkadang mengalami emosi yang meluap-luap, mudah marah, menangis tiba-tiba dan bahkan tertawa tanpa sebab.

8. Sering Curiga

Karena halusinasi dan delusi yang sering dirasakan, membuat penderita skizofrenia seringkali merasa curiga pada orang-orang yang di sekitarnya. Kecurigaan ini bisa bersifat ringan bahkan parah. Bahkan mereka juga bisa menaruh curiga pada orang-orang terdekat dan terpercaya yang ada di sekitarnya.

9. Ketergantungan Pada Obat-Obatan Tertentu

Seringkali untuk mengatasi rasa sakit yang dideritanya, penderita skizofrenia ini ketergantungan pada obat-obatan tertentu. Bahkan beberapa diantaranya ada yang sampai mengkonsumsi narkoba. Hal ini semata-mata dilakukan agar dapat mengatasi gangguan dan sakit yang dideritanya.

10. Ketakutan Di Tempat Ramai

Ciri ciri lainnya yang dapat terlihat dari penderita skizofrenia adalah memiliki ketakutan yang berlebih di tempat-tempat umum. Sehingga kebanyakan penderita skizofrenia seringkali menarik diri di dalam pergaulan. Mereka lebih senang menyendiri dibandingkan dengan berkumpul dan bersosial dengan orang lainnya.

Nah itu tadi beberapa ciri ciri yang seringkali terlihat dari penderita skizofrenia. Gejala-gejala dari skizofrenia ini dapat berlangsung beberapa tahun sebelum akhirnya memasuki episode akut pertama. Tentu saja jika ciri ciri seperti ini terjadi pada anda maupun orang-orang terdekat, segeralah untuk memeriksakan diri lebih lanjut agar kondisi gangguan kesehatan tersebut tak terlalu parah dan akhirnya sulit untuk disembuhkan.

Bahkan beberapa penderita skizofrenia bisa beresiko bunuh diri yang patut untuk diwaspadai. Tak hanya pengobatan saja, dukungan dan kepedulian keluarga terdekat juga bisa menjadi metode penyembuhan bagi penderita skizofrenia. Semoga informasi diatas dapat bermnafaat untuk anda.

Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool