Assalamu'alaikum.... ^_^ Ciri-ciri Cacar Monyet dan Perbedaan Cacar Air dengan Cacar Monyet

Ciri-ciri Cacar Monyet dan Perbedaan Cacar Air dengan Cacar Monyet

Ciri-ciri Cacar Monyet dan Perbedaan Cacar Air dengan Cacar Monyet
Ciri-ciri Cacar Monyet dan Perbedaan Cacar Air dengan Cacar Monyet

Tidak semua orang tahu secara persis apa itu penyakit cacar air, apa lagi penyakit yang baru-baru ini muncul yaitu cacar monyet. Penyakit cacar monyet ini tentunya sangat berbeda dengan penyakit cacar air biasa.

Cacar monyet atau impetigo termasuk salah satu penyakit yang seringkali tak disadari oleh para orang tua, terutama di negara-negara berkembang. Merupakan penyakit yang diakibatkan adanya infeksi bakteri. Penyakit tersebut menyebabkan luka-luka yang cepat menular dan disertai kerak atau crusta yang kuning serta mengkilap.

Cacar monyet ini berbeda dengan cacar air dan disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus, karenanya harus diberi antibiotik yang efektif untuk membunuh bakteri aerob (bakteri yang memerlukan oksigen atau udara).

Ciri-ciri cacar monyet adalah tidak adanya cairan pada lenting yang timbul, tetapi terasa sangat gatal, karenanya sering digaruk-garuk dengan perilaku seperti monyet.

Nah, supaya Anda tidak makin bingung perbedaan antara penyakit cacar air dan penyakit cacar monyet, berikut ini ada penjelasannya seperti dilangsir pada situs ncbi.nlm.nih.gov, di antaranya:

  1. Penyakit cacar air disebabkan oleh virus variola. Sementara penyakit cacar monyet yang dalam bahasa medisnya dikenal sebagai Impetigo bulosa, penyebabnya ialah bakteri Staphylococcus aureus.
  2. Penyakit cacar air gejalanya lebih ringan, demamnya tidak terlalu tinggi. Kelainan di kulit pada cacar air mengenai jaringan bawah kulit sehingga dapat menimbulkan bekas yang mencolok.
  3. Penyakit cacar monyet merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri di kulit yaitu Staphylococcus aureus. 

Penyakit ini sering menyerang anak kecil, kelainan kulitnya berupa bercak merah yang berubah cepat menjadi lepuh seperti tersundut api rokok, cairan dari lepuhan tersebut mengering dan menjadi noda-noda hitam (bopeng).

Biasanya yang sering terkena adalah sekitar mulut, hidung, leher dan ketiak, dada dan punggung. Kelainan kulit pada cacar monyet hanya pada area tertentu, beda dengan cacar air yang ada pada hampir seluruh area tubuh.

Penyakit tersebut, dipaparkan oleh David Werner, Carol Thuman, dan Jane Maxwell yang merupakan penulis buku tersebut mudah ditularkan kepada orang lain melalui luka-lukanya atau melalui jari tangan yang kotor.

Cacar monyet yang merupakan gangguan kulit ini disebabkan oleh penyakit atau gangguan yang hanya mengenai kulit. Meskipun banyak gangguan kulit yang memerlukan pengobatan yang khusus, ada beberapa tindakan umum yang sering berhasil.

Yakni, jika daerah yang terkena gangguan terasa panas dan sakit, obatilah dengan cara panas. Letakkan kain yang panas dan lembab pada bagian tersebut yakni dengan metode kompres panas.

Sementara untuk daerah yang terkena terasa gatal, menusuk-nusuk atau tampak basah, obati lah dengan cara yang dingin. Letakkan kain yang dingin dan basah pada bagian tersebut, atau kompres dingin.

Pengobatan lainnya adalah jika kulit yang sakit berada pada bagian tubuh yang sering terkena sinar matahari, lindungilah daerah tersebut dari paparan sinar matahari langsung. Terakhir, jika kulit yang paling menderita tertutup oleh pakaian, biarkan daerah tersebut terkena sinar matahari langsung selama 20 menit, dua atau tiga kali sehari.

Penyakit Aneh di Nigeria, Diduga Cacar Monyet
Sedikitnya 11 orang telah dirawat di rumah sakit di Bayelsa, negara bagian yang kaya akan minyak di Nigeria, setelah penyakit tak dikenal menyebar, kata seorang pejabat baru-baru ini. Komsaris Negara Bagian Urusan Kesehatan Ebitimitula Etebu --yang mengkonfirmasi perkembangan tersebut-- mengatakan wabah penyakit baru itu, yang diduga adalah "cacar monyet", menyebar di negara bagian itu.

Ia mengatakan kepada wartawan seorang dokter medis dan 10 orang lagi yang terserang penyakit tersebut telah dikarantinakan di pusat isolasi di Niger Delta University Teaching Hospital (NDUTH) Okobiri, daerah Pemerintah Lokal Yenagoa di negara bagian bagian itu.

Pusat isolasi tersebut diciptakan oleh Nigerian Center for Disease Control (NCDC) dan tim penyakit menular di Kementerian Kesehatan Negara Bagian guna menghentikan penyebaran penyakit itu. NCDC dan tim penyakit menular melacak 49 korban lain, yang telah mengadakan kontak dengan oranng yang terinfeksi, ia menambahkan.

Komisaris tersebut mengatakan sampel virus telah dikirim ke laboratorium Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Dakar, Senegal, untuk konfirmasi.

Ia menggambarkan cacar monyet sebagai penyakit yang disebabkan oleh satu kelompok virus yang meliputi cacar air dan variola, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat malam. Ia menambahkan kasus pertama diketahui di Republik Demokratik Kongo dan selanjutnya telah menyebar di Afrika Barat.

Komsaris itu mengatakan jenis wabah di Afrika Barat lebih ringan dan tak memiliki angka kematian. Ditambahkannya, virus tersebut memiliki jenis penyakit di Afrika Tengah dan Afrika Barat.

Ia mengatakan sebagaimana nama yang terkandung, virus itu juga dapat ditemukan pada semua hewan semak seperti tikus, tupai dan kijang. Komsaris tersebut mencatat gejala cacar monyet antara lain adalah sakit kepala parah, demam dan nyeri punggung. Ia menambahkan yang paling mengkhawatirkan dari semuanya tanda itu adalah ruam yang lebih besar daripada yang diakibatkan oleh cacar air.
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool