Assalamu'alaikum.... ^_^ 5 Tanda Persalinan Sudah Dekat

5 Tanda Persalinan Sudah Dekat

5 Tanda Persalinan Sudah Dekat
5 Tanda Persalinan Sudah Dekat
Photo Source: ID Medis
Setiap wanita yang sudah menikah tentu saja ingin segera memiliki bayi karena dengan memiliki momongan tersebut tentu saja kehidupan rumah tangga akan semakin lengkap.

Oleh karena itu pada saat mengetahui jika seorang wanita sedang hamil, maka tentu saja menjadi sebuah kabar yang sangat membahagiakan baik bagi wanita tersebut, suami dan bahkan keluarga besarnya. Semuanya sudah tidak sabar untuk menanti kelahiran bayi tersebut.

Namun memang masih banyak ibu hamil, terlebih lagi untuk yang baru pertama kali hamil, sering kali bertanya – tanya dan juga merasa cemas, senang, bingung menjadi satu mengenai apa saja tanda tanda persalinan sudah dekat.

Bagaimana cara mengetahui jika nantinya sudah tiba waktunya untuk melahirkan? Dan untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka berikut ini adalah beberapa tanda persalinan sudah dekat yang bisa Anda perhatikan jika memang Anda sedang menanti buah hati yang akan lahir. Sebelumnya, ada baiknya kita mengetahui dulu apa itu persalinan.

Persalinan adalah tugas dari seorang ibu yang harus dihadapi dengan tabah, walaupun tidak jarang mereka merasa cemas dalam menghadapi masalah tersebut. Oleh karena itu, mereka memerlukan penolong yang dapat dipercaya, yang data memberikan bimbingan dan semangat selalu siap di depan dalam mengatasi kesukaran.

Persalinan adalah terjadi pada kehamilan aterm (bukan prematur atau post matur) mempunyai onset yang spontan (tidak diinduksi) selesai setelah 4 jam dan sebelum 24 jam sejak saat awitannya (bukan partus presipitatus atau partus lama) mempunyai janin (tunggal) dengan presentasi verteks (puncak kepala) dan oksiput pada bagian anterior pelvis terlaksana tanpa bantuan artificial (seperti forseps) tidak mencakup komplikasi (seperti pendarahan hebat) mencakup pelahiran plasenta yang normal. Dalam makalah ini akan dijelaskan mengenai proses kelahiran.

Persalinan normal adalah persalinan yang terjadi pada kehamilan aterm (bukan premature atau postmatur), mempunyai onset yang spontan (tidak diinduksi), selesai setelah 4 jam dan sebelum 24 jam sejak saat awitannya, mempunyai janin tunggal dengan presentase puncak kepala, terlaksana tanpa bantuan artificial, tidak mencakup komplikasi, plasenta lahir normal. Menurut Mochtar (1998), Persalinan adalah suatu proses pengeluaran hasil konsepsi(janin + uri), yang dapat hidup ke dunia luar, dari rahim melalui jalan lahir atau dengan jalanlain. Persalinan normal disebut juga partus spontan, adalah proses lahirnya bayi pada letak  belakang kepala dengan tenaga ibu sendiri, tanpa bantuan alat-alat serta tidak melukai ibu dan bayi yang umumnya berlangsung kurang dari 24 jam.Persalinan dimulai (inpartu) pada Saat uterus berkontraksi dan menyebabkan perubahan pada serviks (membuka dan menipis) dan berakhir dengan lahirnya plasenta.

Bentuk-Bentuk Persalinan
1. Persalinan spontan
Proses lahirnya bayi dengan tenaga ibu sendiri tanpa bantuan alat-alat serta tidak melukai ibu dan bayi yang umumnya berlangsung kurang dari 24 jam.

2. Persalinan Bantuan
Proses persalinan yang di bantu dengan tenaga dari luar misalnya ekstraksi dengan forsep atau dilakukan operasi seksio caesaria.

3. Persalinan Anjuran
Pada umumnya persalinan terjadi bila sudah besar untuk hidup di luar, tetapi sedemikian besarnya sehingga menimbulkan kesulitan dalam persalinan, kadang-kadang persalinan tidak di mulai dengan sendirinya tetapi baru berlangsung setelah pemecahan ketuban, pemberian pitocin atau prostaglandin.

Tanda Persalinan Sudah Dekat

1. Bayi Merosot Turun
Yang pertama adalah bayi Anda nantinya akan merosot turun, biasanya sekitar satu sampai dengan empat minggu sebelum persalinan tersebut tiba, Anda mungkin bisa merasakan jika bayi turun ke bagian panggul Anda, dan hal ini sering dikenal sebagai pengenduran.

Hal tersebut berarti jika bayi Anda sedang mengatur kembali tubuhnya pada posisi di bagian bawah dalam persiapan untuk kelahirannya. Pada saat bayi tersebut berpindah ke posisi yang mana lebih rendah, maka akan meringankan tekanan diafragma ibu, dengan demikian akan lebih mudah untuk bernapas.

Namun pengenduran bayi tersebut juga nantinya akan membuat penekanan pada kandung kemih menjadi lebih banyak, sehingga terkadang banyak ibu hamil yang sering kali bolak bali kamar mandi untuk buang air kecil.

2. Leher Rajim Membuka
Kemudian yang kedua adalah leher rahim akan membuka, tubuh nantinya memang akan mempersiapkan untuk kelahiran dari bayi, dan leher ramim tersebut mulai melar serta menipis di minggu – minggu ataupun beberapa hari terakhir sebelum persalinan tersebut, namun memang hanya sedikit.

Pada saat jadwal untuk melakukan check up, nantinya dokter akan melakukan sebuah pemeriksaan dalam untuk bisa melihat apakah leher rahim tersebut sudah teregang atau belum.

3. Merasakan Tekanan Atau Kram
Lalu yang ketiga adalah menjelang dan juga selama persalinan tersebut, nantinya Anda bisa merasakan sebuah tekanan ataupun kram pada daerah panggul dan juga dubur. Selain itu Anda juga bisa merasakan keluhan nyeri pada area paha dan juga punggung bagian bawah, terlebih lagi jika bukan kehamilan yang pertama. Otot dan juga sendi dari tubuh sedang meregang dan juga bergeser sebagai sebuah persiapan kelahiran.

4. Penurunan Berat Badan
Yang keempat adalah jika semakin besar perut berat badan semakin naik, maka pada saat menjelang akhir masa kehamilan Anda, biasanya peningkatan dari berat badan akan terhenti. Dan berat badan nantinya akan stabil atau justru mengalami penurunan. Namun hal tersebut merupakan hal yang normal serta tidak perlu dicemaskan karena hal tersebut tidak akan mempengaruhi berat badan dari bayi pada saat lahir nantinya.

5. Keluarnya Cairan Keputihan Dan Kontraksi Semakin Teratur
Selain itu juga keluar cairan keputihan yang mana lebih kental dan juga berwarna kemerahan karena pelepasan lendir penyumbat leher rahim pada saat kehamilan. Kontraksi yang kuat serta teratur juga bisa dijadikan salah satu tanda tanda persalinan sudah dekat. Jadi itulah beberapa tanda yang bisa Anda perhatikan sebelum persalinan tiba, namun jika Anda ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap, maka Anda bisa mengunjungi website dari Wyeth Parenting Club yang mana terdapat forum diskusi dan juga berbagai informasi lain tentang parenting.

Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool