Assalamu'alaikum.... ^_^ 5 Cara mencegah Kanker Rahim dengan Tepat

5 Cara mencegah Kanker Rahim dengan Tepat

5 Cara mencegah Kanker Rahim dengan Tepat
5 Cara mencegah Kanker Rahim dengan Tepat

Kanker rahim adalah jenis penyakit paling menakutkan bagi wanita. Bagaimana tidak, dengan berkembangnya kanker pada rahim akan membuat seorang wanita menjadi tidak dapat hamil, dan yang lebih parah menyebabkan kematian.

Yang lebih menakutkan adalah hasil sebuah survei yang dilakukan oleh lembaga peduli kanker, jumlah penderita kanker rahim adalah sepertiga dari seluruh penyakit kanker yang berkembang di Indonesia. Tidak hanya itu, data dari WHO atau World Health Organization menyebutkan bahwa, ribuan wanita meninggal setiap tahunnya akibat menderita penyakit kanker rahim, sekaligus menjadi penyebab utama kematian wanita di dunia.

Kanker rahim disebabkan oleh virus HPV atau Human papiloma Virus. Virus ini adalah jenis mikroorganisme dengan ukuran kecil yang menyerang kulit lewat infeksi. Infeksi inilah yang pada akhirnya menumbuhkan kutil.

Akibat kurangnya pengetahuan para wanita terhadap kanker rahim dan gejalanya, penderita yang terjangkit virus HPV biasanya akan membiarkan sebuah gejala terjadi, lalu selanjutnya tidak menyadari bahwa ia sedang membiarkan virus tumbuh dan berkembang menyerang sistem kekebalan tubuh wanita. Hal inilah yang pada akhirnya memicu tumbuhnya kanker. Maka sangat dianjurkan bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan medis untuk mencegah berkembangnya virus.

Berikut ini adalah beberapa cara mencegah penyakit kanker rahim yang bisa anda coba lakukan.

1. Hindari rokok
Kanker rahim merupakan salah satu masalah yang bisa menyebabkan kehilangan nyawa si penderitanya, jika tidak sesegera mungkin ditangani. Mencegah merupakan hal yang tepat untuk dilakukan, dan salah satunya adalah dengan menjauhi rokok, dan berhenti merokok untuk anda para wanita yang masih merokok. Nikotin yang ada pada rokok ini, bisa menempel pada leher rahim, dan selaput lendir menjadi terangsang untuk bereaksi dan menyebabkan infeksi, yang bisa menjadi pemicu kanker rahim.

2. Hindari douching berlebih
Douching atau pencucian area kewanitaan secara berlebihan dengan obat-obatan pencuci miss V misalnya saja antiseptik memang bertujuan untuk membersihakn area kewanitaan anda. Jika hal ini dilakukan secara berlebihan, tentu sjaa bisa menyebabkan terjadinya iritasi pada area serviks. Iritasi yang berlebihan ini, tentu saja berbahaya dan bisa memicu pertumbuhan sel kanker.

3. Hindari menabur talk pada area kewanitaan
Menaburi bedak talk merupakan salah satu hal yang berbahaya bagi area kewanitaan, hinga rahim. Memang hal ini kerap dilakukan untuk mengatasi gatal pada area kewanitaan. Akan tetapi hal ini malah berbahaya, karena jika dilakukan pada masa subur, partikel bedak akan menembel pada area luka dan juga dengan menempelnya partikel ini, bisa menjadi penyebab dari adanya resiko kanker yang tinggi pada area rahim anda.

4. Diet rendah lemak
Pola makan, memang erat kaitannya dengan kesehatan tubuh anda. Mengkonsumsi lemak yang tinggi, bisa menyebabkan terkena kanker endometrium atau badan rahim menjadi lebih tinggi. Lemak akan memproduksi hormon estrogen yang tinggi, dan endometrium yang terpapar hormon estrogen ini, bisa berubah menjadi kanker. Maka diet rendah lemak, merupakan solusi lainnya untuk mencegah terjadinya kanker pada area rahim anda.

5. Mencukupi asupan vitamin C
Vitamin C yang cukup, merupakan salah satu hal yang penting untuk memperbaiki dan memperkuat mukosa serviks. Tentu saja, jika anda cukup dalam konsumsi vitamin C, akan bermanfaat penting dalam mencegah terjadinya kanker pada area rahim anda. Vitamin C ini sendiri bisa anda dapati pada buah-buahan berwarna oranye kekuningan, misalnya saja jeruk, lemon dan buah lainnya. Dengan mengetahui cara pencegahan tersebut, maka anda bisa mengantisipasi adanya penyakit kanker rahim ini, yang merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan kematian. Semoga kita semua bisa lebih waspada dalam menjaga kesehatan.
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool