Assalamu'alaikum.... ^_^ Ternyata Kopi Kurangi Risiko Diabetes

Ternyata Kopi Kurangi Risiko Diabetes

Ternyata Kopi Kurangi Risiko Diabetes
Ternyata Kopi Kurangi Risiko Diabetes
Sumber foto: http://img.bisnis.com/
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kopi ternyata bisa menurunkan risiko diabetes. Biasanya orang akan meminum kopi apabila stress, mempunyai jadwal pekerjaan yang padat dan kadang-kadang minuman untuk santai saat melepas lelah. 

Namun, tahukah kamu bahwa para ilmuwan telah mengidentifikasi bahwa senyawa dalam minuman kopi dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2? Wow, amazing, bukan? Mari simak penjelasan di bawah ini.  

Peneliti dari Aarhus University Hospital di Denmark  yang dilakukan pada tikus, menemukan bahwa salah satu senyawa yang belum diuji tampaknya memperbaiki fungsi sel dan sensitivitas insulin. Insulin adalah hormon yang dihasilkan di pankreas yang berguna untuk membakar gula dalam darah menjadi tenaga. Kekurangan atau bahkan tidak memiliki insulin sama sekali dalam tubuh akan menyebabkan seseorang menderita diabetes melitus. Hal itu menyebabkan seseorang menjadi lemas/tidak bertenaga. 

Temuan dalam penelitian tersebut tentunya akan berlanjut pada perkembangan obat baru untuk mengobati atau bahkan mencegah penyakit diabetes. Penelitian sebelumnya menunjukkan, bahwa senyawa dalam kopi yang disebut cafestol meningkatkan sekresi insulin pada sel pankreas saat terpapar glukosa.

Cafestol akan meningkatkan penyerapan glukosa pada sel otot, sama efektifnya dengan obat antidiabetes yang umum diresepkan.  Peneliti bermaksud untuk melihat apakah cafestol akan membantu mencegah atau menunda timbulnya diabetes tipe 2 pada tikus.
Untuk itu, peneliti membagi tikus yang rentan terkena diabetes tipe 2 menjadi tiga kelompok. Dua dari kelompok diberi cafestol dengan dosis berbeda.

Setelah 10 minggu, tikus yang diberi makan cafestol memiliki kadar glukosa darah rendah dan kapasitas sekresi insulin meningkat dibandingkan dengan kelompok kontrol, yang tidak diberi cafestol.

Cafestol juga tidak menyebabkan hipoglikemia, atau gula darah rendah, efek samping yang mungkin muncul dari beberapa obat antidiabetes.

Pada akhir penelitian, para peneliti menyimpulkan bahwa konsumsi cafestol setiap hari dapat menunda timbulnya diabetes tipe 2 pada tikus, dan ini adalah  calon yang baik untuk pengembangan obat untuk mengobati atau mencegah penyakit pada manusia. Hasil penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Journal of Natural Products.
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool