Assalamu'alaikum.... ^_^ Makanan Terbaik yang Menormalkan Diabetes

Makanan Terbaik yang Menormalkan Diabetes

Makanan Terbaik yang Menormalkan Diabetes
Makanan Terbaik yang Menormalkan Diabetes
Oatmeal
Tubuh akan melepas insulin ketika gula dalam darah meningkat, ini berguna untuk membantu mengubah gula dalam darah lalu dimasukkan dalam sel tubuh yang dapat menjadi sumber energi tubuh.

Diabetes adalah suatu kondisi dimana gula dalam darah  naik yang dihasilkan dari beberapa sumber makanan karbohidrat. Bagi penderita diabetes, ada beberapa makanan sehat yang dapat mengurangi bahaya dari diabetes. Makanan-makanan ini dapat menormalkan kembali kadar gula darah yang sedang meningkat.  Makanan-makanan tersebut adalah sebagai  berikut: 

1. Bayam
Penelitian di Inggris menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih dari satu porsi bayam dalam sehari dan sayuran berdaun hijau lainnya, akan mengalami penurunan risiko hingga 14% dibandingkan mereka yang hanya makan ½ porsi per hari.

Hal tersebut karena  sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin K serta mineral magnesium, folat, fosfor, potasium, dan seng. Bayam juga mengandung senyawa lutein, zeaxanthin, dan berbagai flavonoid lainnya.

2. Tomat
Salah satu penelitian di Australia melaporkan bahwa konsumsi jus tomat setiap hari dapat mengurangi risiko penggumpalan darah yang sering terjadi pada penderita diabetes. Penggumpalan darah dapat menyebabkan komplikasi seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit berbahaya lainnya yang dapat mengancam jiwa.

Tomat pun kaya akan vitamin C, vitamin E, zat besi, dan antioksidan penting lainnya.Tomat juga mengandung likopen dan lutein yang melindungi ginjal dan pembuluh darah dari kerusakan akibat diabetes.

3. Oatmeal
Kandungan gula pada oatmeal tidak sama dengan kandungan gula yang terdapat pada nasi, walaupun jenisnya adalah makanan penghasil karbohidrat. Maka dari itu, ketika kita mengkonsumsi oatmeal, disarankan tidak menambahkan lagi gula di dalamnya. Oatmeal tanpa gula memiliki serat yang tinggi, sehingga tidak meningkatkan gula darah dengan cepat dan tinggi. Cara kerja serat oatmeal sangat baik untuk mengontrol gula darah.

4. Ubi jalar
Ubi jalar mengandung antosianin yang merupakan pigmen alami yang memberinya warna oranye gelap. Senyawa yang termasuk dalam golongan antioksidan, bermanfaat sebagai zat anti peradangan, anti viral, dan anti mikroba. Ubi jalar juga kaya akan vitamin A dan serat. Gunakan ubi jalar sebagai pengganti kentang karena memiliki indeks glukosa lebih rendah.

5. Blueberry
Bluberry juga kaya akan antioksidan. Menurut penelitian, Anthocyanin dalam buah ini secara signifikan bisa menurunkan resiko diabetes tipe 2 lebih dari 20%.

Yogurt bebas lemak sudah terbukti sangat membantu bagi penderita diabetes, karena tinggi mengandung protein, rendah lemak, dan rendah karbohidrat – merupakan kombinasi untuk menurunkan penyerapan glukosa dalam tubuh kita. Sementara itu, kandungan kalsium dalam yoghurt juga telah terbukti jenis yang lebih rendah terhadap risiko diabetes tipe 2.

6. Beras merah
Beras merah sudah sangat trend sebagai makanan untuk penderita diabetes. Beras merah kaya serat, perbandingan serat antara beras putih dan beras merah adalah 1:8. Itulah sebabnya, seseorang yang mengkonsumsi beras merah tidak merasa kekenyangan dan mengantuk saat makan beras merah.
Bandingkan dengan beras putih, sedikit saja beras putih anda konsumsi biasanya mudah diserang kantuk lalu tidur. Saat tidur setelah makan, dipercaya menjadi penyebab kadar gula darah naik.

Sumber : Di sini
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool