Assalamu'alaikum.... ^_^ Konsumsi Vitamin B Berlebihan Ternyata Tingkatkan Kanker Paru-paru

Konsumsi Vitamin B Berlebihan Ternyata Tingkatkan Kanker Paru-paru

Konsumsi Vitamin B Berlebihan Ternyata Tingkatkan Kanker Paru-paru
Konsumsi Vitamin B Berlebihan Ternyata Tingkatkan Kanker Paru-paru
Konsumsi Vitamin B Berlebihan Ternyata Tingkatkan Kanker Paru-paru
Ada berita yang sangat menghebohkan baru-baru ini, mengejutkan semua kalangan terutama kaum pria. Selama ini, kita mengira kalau pria perokok memiliki resiko tinggi terkena kanker paru-paru, ternyata hal tersebut tidak seutuhnya. Penelitian terbaru menemukan bahwa pria yang mengonsumsi suplemen vitamin B6 dan B12 dosis tinggi bahkan memiliki risiko kanker paru yang lebih tinggi ketimbang pria yang merokok. Penelitian ini dimuat pada Journal of Clinic Oncology, pertemgahan Agustus 2017 lalu.

Dalam penelitian ini menemukan peningkatan risiko kanker paru-paru sebesar 30% sampai 40% di antara pria yang mengkonsumsi vitamin B6 dan B12. Mereka mengonsumsi vitamin B dari suplemen tunggal, bukan dari multivitamin atau diet saja. Efeknya itu kemudian didorong oleh aktivitas merorok serta konsumsi vitamin melebihi jumlah harian yang direkomendasikan. Sang peneliti adalah Theodore Brasky, seorang ahli epidemiologi dalam divisi pencegahan dan pengendalian kanker di Ohio State University College of Medicine.

Hasil ini menunjukkan adanya sinergitas antara vitamin B dosis tinggi, merokok, dan risiko kanker paru-paru pada pria. Dari data yang terkumpul dalam penelitian ini menunjukkan bahwa mengkonsumsi B6 dan B12 dosis tinggi dalam jangka waktu yang sangat lama dapat menyebabkan kanker paru pada perokok pria. Hal ini tentunya layak menjadi perhatian dan evaluasi lebih lanjut. 

Penelitian berbeda tentang konsumsi vitamin B

Vitamin B6 dan B12 dalam tubuh berguna untuk mempercepat metabolisme dan meningkatkan energi. Beberapa pendapat bahkan menyebut bahwa vitamin ini dapat mengurangi risiko kanker. Namun tahukah kamu? Peneliti lain justru menemukan hasil yang berbeda. 

Beberapa penelitian terkait vitamin B6 dan hubungannya dengan risiko kanker paru-paru menemukan bahwa vitamin B12 tidak berdampak pada risiko. Mereka mengatakan perbedaan mungkin disebabkan karena subjek tidak melalui survei diet dan mengukur vitamin jenis itu dalam darah. Spekulasi lain juga berpendapat bahwa kanker paru itu sendiri meningkatkan kadar vitamin B dalam tubuh.

Sulit untuk dikatakan alasan hasil studi ini bertentangan satu sama lain. Meski begitu, vitamin ini bukanlah faktor yang paling mendukung munculnya kanker paru. Asap tembakau yang terbakar adalah faktor nomor satu yang paling penting. Tidak hanya pada kanker paru tapi juga pada kanker lainnya. 

Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool