Assalamu'alaikum.... ^_^ Wasir atau Ambeien Pada Ibu Hamil

Wasir atau Ambeien Pada Ibu Hamil

Wasir atau Ambeien Pada Ibu Hamil
wasir

Wasir atau Ambeien adalah penyakit yang tidak hanya menimbulkan sakit ketika sedang BAB ataupun sedang duduk, tapi juga dapat menimbulkan dampak psikologis misalnya malu pada penderitanya. Sebenarnya secara anatomi, ambeien bukan merupakan penyakit, melainkan perubahan fisiologis yang terjadi pada bantalan pembuluh darah di dubur, berupa pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah dan jaringan sekitarnya. 

Ciri-ciri penyakit ambeien masih bisa dikenali secara dini dan masih dapat disembuhkan jika masih berada pada tahap awal. Maka dari itu anda harus mengenali gejala penyakit ambeien selama masih dapat diobati. Ambeien tersebut terjadi akibat adanya tekanan pada pembuluh darah dan di sekitar rektum. Dan pembuluh darah tersebut membengkak, lalu munculah ambeien. Oleh karena itu ciri-ciri penyakit ambeien dapat dilihat dari darah yang menetes pada saat buang air besar. 

Tanda-tanda Wasir
Dr. Ari Fahrial Syam dari Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM mengatakan, tanda-tanda wasir umumnya tidak dapat dideteksi dini karena masih belum menimbulkan gejala. Namun tidak ada salahnya memperhatikan tanda-tanda berikut guna mendapatkan perawatan lebih baik dan lebih dini.

1. Rasa panas di anus
Rasa panas terjadi biasanya saat duduk terlalu lama atau sehabis buang air besar (BAB). Rasa panas terdapat di anus akibat penekanan pada vena yang sudah mulai membesar.

2. Ada darah
Adanya darah segar di kertas toilet, di dalam toilet atau pada tinja sehabis BAB. Pembesaran pembuluh darah bisa diakibatkan oleh aktivitas mengejan saat BAB. Lantaran pembuluh vena itu tipis dan mudah pecah, maka bisa saja terjadi pendarahan saat BAB.

3. Ada tonjolan
Pembesaran pembuluh darah dapat berbentuk tonjolan yang keluar dari anus. Biasanya jika sudah mulai ada tonjolan artinya wasir sudah memasuki tahap selanjutnya. Apabila tonjolan masih dapat dimasukan secara spontan ke dalam anus, maka artinya wasir belum terlalu parah namun sudah harus mendapatkan penanganan.

4. Rasa sakit
Rasa sakit terjadi di anus terutama sehabis BAB. Sakit bisa jadi diakibatkan dari pembuluh darah yang pecah, teruatama karena ada penekanan dari feses.

5. Rasa gatal di anus
Rasa gatal dipicu oleh infeksi dari luka pada pembuluh darah yang pecah. Lantaran anus merupakan tempat bermuaranya feses, maka kemungkinan infeksinya juga tinggi.

Wasir atau Ambeien Pada Ibu Hamil

Wasir terjadi karena pada saat hamil, jumlah dan sirkulasi darah dalam tubuh ibu meningkat sehingga pembuluh darah ibu membengkak. Seiring dengan usia kehamilan maka rahimpun akan ikut membesar. Hal ini menyebabkan pembuluh darah balik ibu semakin membengkak. Faktor terjadinya wasir antara lain adalah riwayat pernah menderita, usia, kebiasaan menahan buang air, proses mengedan lama, kehamilan berulang dan kehamilan lebih dari satu. 

Hal ini dikarenakan pada saat hamil terjadi berbagai perubahan pada seorang wanita. Hormon kehamilan akan mengurangi ketahanan otot bantalan anus. Pada kehamilan juga terjadi peningkatan sirkulasi darah di daerah panggul. Wanita hamil seringkali susah BAB akibat menurunnya gerakan usus. Pertumbuhan bayi juga meningkatkan tekanan terhadap usus besar sehingga mengganggu aliran balik peredaran darah ke jantung. 

Keluhan yang pertama muncul biasanya berupa nyeri dan gatal pada anus, keluar cairan, rasa tidak puas saat buang air, serta dapat timbul perdarahan saat buang air besar. Selain mengakibatkan perasaan yang tidak nyaman, wasir menjadi perlu diperhatikan pada seorang wanita yang sedang hamil dikarenakan wasir seringkali disertai dengan perdarahan.

Di Indonesia terutama di pelosok-pelosok masih sering ditemukan ibu hamil yang mengalami kurang darah akibat kurangnya pengetahuan dan kurang gizi. Apabila wasir terjadi pada ibu hamil yang telah mengalami kurang darah sebelumnya dan wasirnya disertai perdarahan, maka hal ini akan membahayakan ibu dan janin.
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool