Assalamu'alaikum.... ^_^ Penyebab Buang Air Besar Berdarah

Penyebab Buang Air Besar Berdarah

Penyebab Buang Air Besar Berdarah
Penyebab Buang Air Besar Berdarah

Ketika mengalami buang air besar berdarah, biasanya orang tidak menyadarinya dan tidak menunjukkan gejala apa-apa. Ada juga beberapa yang mengalami muntah, sakit pada lambung, lemah, sulit bernapas, diare, palpitasi, pingsan, dan kehilangan berat badan. Perlu digaribawahi gejala tersebut tergantung seberapa berapa berat perdarahan yang terjadi.

Darah yang keluar dapat berbeda-beda warnanya. Misalnya darah warna merah terang atau cokelat yang keluar ketika buang air besar mengindikasikan adanya masalah pada saluran pencernaan seperti divertikulitis. Tingkat perdarahan yang tinggi pada saluran pencernaan dapat membuat tinja berwarna hitam.

Apa saja penyebab buang air besar berdarah?
Berikut adalah beberapa kemungkinan yang mungkin menjadi penyebab buang air besar berdarah:

1. Penyakit divertikulitis
Divertikula adalah tonjolan beberbentuk kantung kecil pada lapisan usus bawah. Biasanya divertikula ini jarang menimbulkan masalah, namun ada kalanya terjadi perdarahan atau terinfeksi.

2. Anal fissure
Adalah sebuah robekan pada kulit anus, hal ini bisa menyakitkan karena kulit tersebut sangat sensitif. Biasanya darah yang keluar akan berwarna merah terang, namun Anda tidak perlu khawatir karena perdarahan akan cepat berhenti dan sembuh sendiri dalam beberapa minggu saja. Anda mungkin juga akan mengalami rasa ingin terus buang air besar, meski usus Anda sudah kosong.

3. Kolitis
Kolitis merupakan peradangan usus. Penyebab buang air besar berdarah yang paling umum terjadi adalah yang disebabkan oleh infeksi atau peradangan pada usus.

4. Angiodysplasia
Terjadinya pembuluh darah abnormal pada saluran pencernaan dapat menyebabkan pendarahan, tetapi tidak menimbulkan rasa sakit. Angiodysplasia adalah yang biasa terjadi pada orang yang berusia lebih tua.

5. Tukak lambung
Tukak lambung adalah luka yang ada pada lapisan lambung atau duodenum – ujung atas usus kecil. Beberapa penyebabnya adalah infeksi yang disebarkan oleh bakteri Helicobacter pylori (H. pylori). Selain itu, pengobatan jangka panjang obat dosis tinggi antiperadangan juga bisa menjadi salah satu penyebab, seperti penggunaan aspirin,ibuprofen, dan naproxen. Obat-obat tersebut dapat menyebabkan tukak.

6. Polip usus
Polip merupakan kutil jinak yang dapat tumbuh dan menjadi kanker. Adanya polip pada usus dapat menyebabkan keluar darah ketika buang air besar, tetapi terkadang juga tidak ada gejala yang terlihat.

7. Fistula ani
Fistula ani merupakan penyakit di mana terbentuknya saluran kecil antara akhiran usus (disebut juga lubang anus) sampai kulit di sekitarnya. Hal ini menyebabkan rasa sakit dan berdarah ketika Anda membuang air besar.

8. Kanker usus
Satu-satunya gejala dari kanker usus adalah perdarahan dubur, hal ini terjadi pada stadium awal. Segera temui dokter jika hal ini terjadi terus menerus, sebab kanker usus dapat ditangani dengan mudah jika didiagnosis pada stadium awal.

9. Penyakit menular seksual
Melakukan seks anal dapat berisiko terkena penyakit menular seksual. Gejala yang ditimbulkan salah satunya bisa berupa perdarahan dari rektum.
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool