Assalamu'alaikum.... ^_^ Awet Muda dengan Kulit Petai

Awet Muda dengan Kulit Petai

Awet Muda dengan Kulit Petai
Awet Muda dengan Kulit Petai

Hai, sahabat katapena.info sudahkah kalian tahu manfaat kulit petai yang luar biasa? Oke, sebelum kita bahas itu lebih jauh, meski petai amat terkenal di Indonesia, mari kita bahas dulu apa itu SAHABAT jengkol ini. Cekidot....

Petai, pete (IPA:pətɛ), atau mlanding (Parkia speciosa) merupakan pohon tahunan tropikadari suku polong-polongan (Fabaceae), anak-suku petai-petaian (Mimosoidae).
Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bagian barat. Bijinya, yang disebut "petai" juga, dikonsumsi ketika masih muda, baik segar maupun direbus.

Pohon petai menahun, tinggi dapat mencapai 20m dan kurang bercabang. Daunnyamajemuk, tersusun sejajar. Bunga majemuk, tersusun dalam bongkol (khas Mimosoidae). Bunga muncul biasanya di dekat ujung ranting. Buahnya besar, memanjang, betipebuah polong. Dari satu bongkol dapat ditemukan sampai belasan buah. Dalam satu buah terdapat hingga 20 biji, yang berwarna hijau ketika muda dan terbalut oleh selaput agak tebal berwarna coklat terang. Buah petai akan mengering jika masak dan melepaskan biji-bijinya.

Biji petai, yang berbau khas dan agak mirip dengan jengkol, dikonsumsi segar maupun dijadikan bahan campuran sejumlah menu.Sambal goreng hati tidak lengkap tanpa petai.Sambal petai juga merupakan menu dengan petai.

Biji petai biasanya dijual dengan menyertakan polongnya. Namun, pengemasan modern juga dilakukan dengan mengemasnya dalam plastik atau dalam stirofoam yang dibungkus plastik kedap udara.

Banyak dari kita tidak paham bahwa kulit dari petai ini memiliki Manfaat yang luar biasa, sehingga kita enggan mengkonsumsinya. Namun, bila kita mau mengkonsumsinya, berikut adalah Manfaat yang dapat kita peroleh.

1. Anti penuaan (Awet Muda)
Awet muda yakni yang diimpikan umumnya orang. Untuk melindungi badan supaya tetaplah awet muda kita mesti tetaplah memerhatikan berolahraga serta makanan yang dikonsumsi. Satu diantara makanan yang mungkin saja saja obat anti penuaan pada badan yaitu kulit petai. Di dalam kulit yang mempunyai bau keunikan ini ada asam fenolik yang bermanfaat juga untuk anti penuaan pada badan. Diluar itu zat ini bisa menghindar tumbuhnya sel yg tidak normal, tingkatkan kebal badan, serta tingkatkan aliran dalam darah.

2. Melindungi kesehatan kardiovaskular
Terkecuali jadi anti penuaan kenyataannya senyawa fenolik yang ada pada kulit petai juga berbentuk anti inflamasi, anti pembekuan, dan lain-lain yang bisa buat perlindungan kesehatan kardiovaskular, yaitu system tubuh yang terdiri dari jantung, komponen darah, serta pembuluh darah yang mempunyai peranan untuk memberi serta mengalirkan supply oksigen serta nutrisi ke semua jaringan badan dalam sistem metabolisme badan.

3. Menjernihkan minyak goreng sisa
Minyak goreng sisa adalah sumber penyakit, karna memiliki kandungan radikal bebas. Kadang-kadang jika membuangnya sayang karna masih tetap tersisa banyak, namun jika tetap dipakai juga akan membahayakan kesehatan.

Kulit petai dapat menjernihkan minyak goreng sisa hingga lebih sehat jika kehendaki dipakai sekali lagi. Senyawa fenolik yang berada di dalamnya bisa singkirkan radikal bebas secara cepat hingga bisa menjernihkan minyak goreng sisa. Selain menjernihkan minyak goreng sisa sebenarnya senyawa itu dapat juga menyingkirkan bau tengik yang ada pada minyak goreng. Dengan kulit ajaib ini minyak goreng yang awal mulanya juga akan dibuang karna sudah tidak aman, siap untuk dipakai kembali untuk menggoreng atau memasak.

4. Menyembuhkan diabetes
Kulit petai bisa menyembuhkan diabetes. Caranya adalah dengan memotong kecil-kecil kulit petai, kemudian masukanlah dalam ketupat, dan rebus ketupat itu dalam 3 gelas air panas sampai airnya kurang lebih tersisa satu gelas saja. Berikan gula merah ke air rebusan, saring air hasil rebusan lalu konsumsi ramuan ini 2 x satu hari untuk dapatkan hasil yang dikehendaki.

5. Menyuburkan tanaman dan mengusir hama
Kulit petai juga bisa dipakai untuk menyuburkan tanaman serta mengusir hama. Kulit petai dapat jadi insektisida serta fungisida alami. Menggunakan insektisida alami membuat tanaman sehat untuk dikonsumsi.

6. Menyembuhkan asam urat
Asam urat bisa mengakibatkan nyeri yang parah, pembengkakan, serta rasa panas pada persendian. Umumnya lelaki di atas 30 tahun sering alami penyakit ini, namun tidak tertutup peluang juga pada wanita.

Kulit petai dapat juga dipakai untuk menyembuhkan asam urat yakni dengan konsumsi air rebusan kulit ini sekitaran 4-7 hari dengan teratur, dan rasakan asam urat yang anda alami juga akan merasa lebih mendingan.

Untuk memakainya jadi obat anda mesti tetapkan petai yang masih fresh, karena kulit petai fresh memiliki kandungan yang maksimal.

Kulit petai bisa dikonsumsi dengan merebus kulitnya lalu di ambil air rebusannya atau dapat pula dimasukkan dalam masakan.
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool