Assalamu'alaikum.... ^_^ 4 Tanda Anda Sakit Maag

4 Tanda Anda Sakit Maag

4 Tanda Anda Sakit Maag
4 Tanda Anda Sakit Maag
Maag adalah salah satu penyakit pencernaan yang terjadi akibat luka terbuka yang muncul di lapisan dalam lambung, infeksi bakteri, hingga stres. Saat maag muncul, perut begitu terasa nyeri hingga terkadang membuat penderitanya kesulitan untuk beraktivitas.
Secara garis besar, ada 2 jenis penyakit maag, yakni:

Gastritis Akut
Penyakit maag akut adalah inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) akut dari lambung, dan biasanya terbatas hanya pada muklosa. Penyakit maag akut dapat terjadi tanpa diketahui penyebabnya.

Gastritits Kronis
Lambung penderita penyakit maag kronis mungkin mengalami inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) kronis dari tipe gangguan tertentu, yang menyebabkan gastritis dari tipe yang spesifik yaitu gastritis kronisa.

Jenis penyakit maag yang dilihat berdasarkan tingkat keparahan, dibedakan menjadi:
  • Maag ringan : Maag ringan masih tergolong tahap ringan dimana biasanya setiap orang sudah berada di tahap ini, jika dilakukan pemeriksaan akan terlihat asam lambung berlebih di bagian dinding.
  • Maag sedang : Maag pada tahap ini sudah menyebabkan nyeri, sakit dan mual yang menyakitkan.
  • Maag kronis : Maag kronis adalah maag yang sudah parah intensitasnya di bandingkan maag biasa.
  • Kanker lambung : Kanker lambung terjadi akibat mikroorganisme yang merugikan, yaitu Helycobacter pylori.
Penyebabnya bisa karena penderita makan secara tidak teratur, terdapat mikroorganisme yang merugikan, mengonsumsi obat-obatan tertentu,atau sebab-sebab lainnya seperti mengonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stress. Maag juga bisa terjadi apabila si penderita telat makan, kemudian sewaktu makan si penderita maag makan dengan porsi yang terlalu banyak. Bagi penderita maag yang sudah parah, penyakit maag tersebut sangat berbahaya sekali dan dapat menyebabkan kematian.

Saat maag pertama kali menyerang, gejala awalnya tidak terlihat. Sehingga tahu-tahu maag yang diderita sudah masuk ke dalam level yang parah. Oleh karena itu kamu wajib mengetahui tanda awal saat maag menyerang kesehatanmu seperti penjelasan berikut ini.

4. Kembung
Kembung adalah salah satu gejala umum dari sakit maag. Meski gangguan ini terasa ringan namun bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Oleh karena itu jangan sepelekan kembung yang terjadi.

3. Sering bersendawa
Maag juga bisa menyebabkan produksi gas berlebih di perut. Gas ini akan berkumpul dan pada akhirnya akan sering membuatmu bersendawa.

2. Mulas
Mulas yang terlalu sering juga patut kamu waspadai. Apalagi jika mulas ini disertai dengan gejala lain seperti seringnya kamu kentut atau sendawa.

1. Naiknya asam lambung
Asam lambung bisa naik hingga ke kerongkongan. Semakin parah maag yang kamu derita, maka semakin besar asam lambung yang muncul.

Maag yang dibiarkan bisa mengancam jiwamu. Oleh karena itu waspadai salah satu gejala di atas sejak awal. 


Lalu, apakah Sakit Maag dapat menyebabkan kemandulan/susah hamil pada wanita? 

Seorang pasien bertanya, "Dok, apakah dampak sakit gejala maag dapat mengakibatkan susah hamil?" 

Jawaban terbaiknnya adalah : 
Susah hamil tidak berhubungan dengan penyakit Maag. Masalah kehamilan adalah masalah “bilateral” pasangan suami-istri. Penyebab wanita susah hamil bisa berasal adanya penyakit atau kondisi yang menyebabkan wanita tersebut susah hamil, kondisi suami, atau kedua-duanya serta kondisi lingkungan.

Sumber : https://www.merdeka.com/

Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool