Assalamu'alaikum.... ^_^ 3 Penyakit Penyebab Kerugian 2 Triliun Rupiah

3 Penyakit Penyebab Kerugian 2 Triliun Rupiah

3 Penyakit Penyebab Kerugian 2 Triliun Rupiah
3 Penyakit Penyebab Kerugian 2 Triliun Rupiah
3 Penyakit Penyebab Kerugian 2 Triliun Rupiah
Tiga penyakit tular vektor yakni malaria, demam berdarah dan filariasis yang dapat menyebabkan kerugian ekonomi mencapai Rp2 triliun pada 2016. Menurut Kementerian Kesehatan, Kerugian itu dihitung berdasarkan biaya berobat, kerugian waktu produktif penderita dan waktu produktif keluarga. 

Sepanjang tahun 2016 terdapat sebanyak 218.450 penderita malaria. Hasil perhitungan menunjukkan  kerugian ekonomi masyarakat yang diakibatkan malaria mencapai Rp892 miliar. 

Data kasus demam berdarah dilaporkan sebanyak 204.171 penderita menimbulkan kerugian ekonomi mencapai Rp986 miliar. Sedangkan kasus filariasis dilaporkan ada 13.009 penderita, dan diperkirakan mengakibatkan kerugian ekonomi masyarakat sekitar 36 Milyar.

Upaya terpenting dari pencegahan penyakit tular vektor adalah pemutusan rantai penularan. Upaya ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan  pengendalian vektor atau dengan pengobatan. 

Upaya pengendalian vektor lebih hemat dibandingkan dengan pengobatan, karena pengendalian vektor dilakukan sebelum orang jatuh sakit. Kerugian ekonomi akibat biaya pengobatan dan biaya hilangnya produktifitas penderita dan keluarga akibat timbulnya sakit dapat dihindari.

Upaya pengendalian vektor dapat dilakukan di antaranya dengan menggunakan kelambu saat tidur, menanam tanaman anti nyamuk dan yang lebih penting menjaga lingkungan. Upaya pencegahan lainnya dapat dilakukan dengan pemberantasan sarang nyamuk dengan menutup, menguras, dan memanfaatkan barang bekas yang masih bernilai ekonomis (PSN 3M). Selain itu,  juga melaksanakan upaya pengelolaan lingkungan untuk tetap bersih dan sehat.

Sumber: https://cantik.tempo.co/

Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool