Assalamu'alaikum.... ^_^ Pengobatan Terbaru Saraf Terjepit

Pengobatan Terbaru Saraf Terjepit

Pengobatan Terbaru Saraf Terjepit
Nyeri pinggang merupakan penyakit yang umum dialami masyarakat. Karena itu, terkadang kita tidak ambil pusing dengan masalah itu dan langsung mencoba mengatasi gangguan itu dengan pertolongan tukang urut. Bahkan, setiap kali nyeri itu datang kita akan kembali ke tukang urut. 
Pengobatan Terbaru Saraf Terjepit
Pengobatan Terbaru Saraf Terjepit
Namun apa yang terjadi bila nyeri tersebut tak sembuh-sembuh dalam waktu yang lama. Dan bahkan nyeri tersebut tak kunjung reda meski sudah berulang kali diurut. Bahkan, nyeri itu menjalar hingga ke tungkai kanan. Mungkin pada tahap ini kita akan mencoba berbagai obat-obatan serta fisioterapi.
Dan bagaimana bila sampai dua bulan, tidak sembuh juga? Rasanya sangat mengganggu tentunya, terlebih ketika memiliki banyak sekali pekerjaan yang harus dikerjakan. Maka, sekarang adalah saatnya kita memeriksakan diri ke RS. 

Di sana kita akan menjalani pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging (MRI). Jangan terkejut bila hasilnya kita didiagnosis mengalami herniated nucleus pulposus (HNP) alias penyakit saraf terjepit. Sebab sakit pinggang yang terus menerus adalah tanda gejala HNP. Dan inilah kenapa urut, obat, dan fisioterapi tidak akan bisa menyembuhkan nyeri yang dialami. 

Dokter akan menjelaskan bahwa solusinya ialah operasi. Ada teknik terbaru meski lumayan mahal, tapi banyak keuntungan untuk kasus saraf terjepit. Operasinya singkat, cuma sekitar 30-an menit. Setelah dioperasi tidak perlu rawat inap. Rawat inapnya malah sebelum operasi karena harus ada beberapa pemeriksaan awal. Masa kini, operasi penanganan HNP terus berkembang. Yang terbaru ialah teknik percutaneous endoscopic lumbar discectomy (PELD). 

Operasi penanganan HNP awalnya dilakukan dengan teknik operasi terbuka dengan pembedahan, lalu berkembang teknik operasi minimally invasive (sayatan kecil) yaitu micro endoscopic discectomy (MED). Nah, PELD ini yang terbaru, dilakukan sayatan kecil, 8 mm saja. 

Sayatan 8 mm itu digunakan untuk memasukkan alat operasi yang berbentuk serupa pipa kecil. Alat itu memiliki semacam kamera yang tersambung dengan layar monitor. Dengan demikian dokter bisa melihat sasaran operasi. Dengan alat itu dokter memotong dan mengambil tonjolan gel nucleus yang menekan saraf (lihat grafik). Dengan begitu, saraf terbebas dari jepitan dan nyeri pun bisa reda. 

Biaya operasi HNP dengan teknik PELD itu berkisar Rp80 juta-Rp90 juta. Memang relatif mahal, tetapi ada banyak keuntungan yang didapat.  Karena sayatannya kecil, tidak banyak otot yang cedera, perdarahan minimal, penyembuhan luka pascaoperasi pun lebih cepat, pasien bisa lekas produktif kembali. Bahkan, operasi ini bisa dilakukan tanpa rawat inap. Angka keberhasilannya mencapai 90%-95%. 
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool