Assalamu'alaikum.... ^_^ Peluang Hidup Ibu Hamil dengan Kanker Payudara

Peluang Hidup Ibu Hamil dengan Kanker Payudara

 Peluang Hidup Ibu Hamil dengan Kanker Payudara
Payudara terbentuk dari lemak, jaringan ikat, dan ribuan lobulus (kelenjar kecil penghasil air susu). Saat seorang wanita melahirkan, Air Susu Ibu (ASI) akan dikirim ke puting melalui saluran kecil saat menyusui.

Sel-sel dalam tubuh kita biasanya tumbuh dan berkembang biak secara teratur. Sel-sel baru hanya terbentuk saat dibutuhkan. Tetapi proses dalam tubuh pengidap kanker akan berbeda.

Dua di antara tiga wanita yang mengidap kanker payudara berusia di atas 50 tahun. Saat Anda menyadari adanya gejala kanker payudara, Anda dianjurkan untuk segera mengonsultasikannya ke dokter. Setelah pemeriksaan, dokter biasanya merujuk Anda ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut guna memastikan diagnosis.

 Peluang Hidup Ibu Hamil dengan Kanker Payudara
 Peluang Hidup Ibu Hamil dengan Kanker Payudara
Kanker payudara umumnya terbagi dalam dua kategori, yaitu non-invasif dan invasif. Penjelasan lebih detailnya adalah sebagai berikut:

1. Kanker payudara invasif

Bentuk paling umum dari kanker payudara invasif adalah kanker payudara duktal invasif yang berkembang pada sel-sel pembentuk saluran payudara. Kata invasif berarti kanker ini dapat menyebar di luar payudara. Sekitar 80 persen dari semua kasus kanker payudara invasif merupakan jenis semacam ini.

Jenis kanker payudara invasif lain meliputi:

  • Kanker payudara lobular invasif. Penyakit ini berkembang pada kelenjar penghasil susu yang disebut lobulus.
  • Kanker payudara terinflamasi.
  • Kanker Paget pada payudara.

Jenis-jenis kanker ini juga dikenal sebagai kanker payudara sekunder atau metastasis. Jenis ini dapat menyebar ke bagian lain tubuh. Penyebarannya biasanya melalui kelenjar getah bening (kelenjar kecil yang menyaring bakteri dari tubuh) atau aliran darah.

Peluang hidup ibu hamil dengan kanker payudara

Masa kehamilan dapat menyulitkan diagnosis dan perawatan kanker payudara. Sejumlah studi menyimpulkan bahwa peluang hidup antara kelompok wanita dengan kanker payudara yang hamil maupun tidak memiliki peluang hidup yang setara. Namun, penemuan ini tidak sepenuhnya disepakati oleh para peneliti. Studi di tahun 2013 meneliti lebih dari 300 wanita hamil yang didiagnosis kanker payudara. Selama 5 tahun masa penelitian, peneliti melaporkan tingkat peluang hidup yang sebanding hanya pada wanita yang sudah terdiagnosis kanker sebelum kehamilan. Peluang kelangsungan hidup bebas dari penyakit untuk wanita hamil cenderung lebih tipis.

Beberapa dokter percaya bahwa aborsi dapat memperlambat laju perkembangan kanker payudara, dan mereka mungkin akan merekomendasikan jalan keluar ini pada wanita dengan kanker payudara stadium lanjut. Aborsi adalah jalan keluar cepat demi perawatan kanker yang lebih efektif, namun sejumlah studi di masa lalu menemukan bahwa mengakhiri kehamilan belum tentu dapat meningkatkan peluang hidup dan prognosis pasien kanker payudara. 

Perlu dicatat, studi-studi tersebut memiliki kecacatan dan penilaian bias. Contohnya, wanita pengidap kanker payudara stadium lanjut cenderung memilih untuk mengaborsi kandungan mereka. Studi terbaru untuk kasus seperti ini belum dapat ditemukan di jurnal medis manapun, dan sulit untuk memastikan apakah hasil penelitian akan berbeda jika diaplikasikan pada pengobatan modern.

Belum ada pula penelitian yang memadai mengenai efektivitas penundaan terapi, yang kadang dianjurkan saat kehamilan, terhadap hasil akhir dari diagnosis kanker payudara. Sama halnya dengan pengaruh kanker payudara terhadap janin yang masih belum dapat diketahui pasti. Aspek-aspek tersebut dinilai sulit untuk ditelaah lebih lanjut. Hanya ada beberapa penelitian kredibel yang telah dilakukan untuk meneliti kanker payudara pada wanita hamil.

Sumber: https://hellosehat.com/
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool