Assalamu'alaikum.... ^_^ Manfaat, efek samping dan fakta ilmiah Green Coffe

Manfaat, efek samping dan fakta ilmiah Green Coffe

Manfaat, efek samping dan fakta ilmiah Green Coffe

Apa Sih Biji Kopi Hijau Itu?

Suplemen green coffee, sesuai namanya suplemen ini memang diambil dari biji kopi hijau. Di dalam suplemen ini mengandung zat yang disebut chlorogenic acid, yang diyakini bertanggung jawab atas efek penurunan berat badan. Ekstrak green coffee dipromosikan oleh Dr. Oz pada tahun 2012. Dia adalah seorang dokter TV Amerika dan mungkin “guru” kesehatan paling terkenal di dunia.
Green cofffe pada dasarnya sama seperti biji kopi pada umumnya, karena memang alaminya biji kopi berwarna hijau. Namun, karena ada proses pemanggangan sebelum dijual ke konsumen, maka warna biji kopi akan berubah menjadi cokelat atau kehitaman.
Seperti kita ketahui biji kopi sarat denganantioksidan dan senyawa aktif, dan yang paling penting yaitu caffeine dan chlorogenic acid. Asam klorogenik inilah yang diyakini sebagai bahan aktif utama dari biji kopi hijau yang menghasilkan efek penurunan berat badan. Namun sayangnya sebagian besar asam klorogenik terbuang ketika biji kopi dipanggang. Inilah yang membedakan efek antara biji kopi hitam atau kopi pada umumnya dengan biji kopi hijau.

Fakta Ilmiah dari Green Coffee

Ekstrak green coffee mengandung kafein, yang menurut penelitian dapat meningkatkan metabolisme hingga 3-11%. Namun, diyakini bahwa kafein bukanlah sebagai bahan aktif  utamanya, melainkan asam klorogenik.
Beberapa penelitian tentang asam klorogenik pada manusia menunjukkan bahwa, zat ini mampu mengurangi penyerapan karbohidrat dari saluran pencernaan, sehingga dapat menurunkan gula darah dan mencegah lonjakan insulin. Jika memang benar, maka dengan mengonsumsi ekstrak biji kopi hijau, ibaratkan menyulap makanan berkarbohidrat tinggi menjadi lebih rendah.
Penelitian lain dilakukan pada tikus percobaan, dan hasilnya menunjukkan bahwa asam klorogenik terbukti mampu mengurangi berat badan, mengurangi lemak yang diserap dari makanan, mengurangi lemak yang tersimpan di hati dan memperbaiki fungsi hormon pembakaran lemak adiponektin. Asam klorogenik juga telah terbukti mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida pada tikus. Wow lumayan membuat kita tercengang ya hasil penelitian ini.

Beberapa Penelitian Lain

Masih ada beberapa penelitian lain yang membuktikan manfaat dari ekstrak green coffee pada manusia.
Seperti sebuah studi yang disebut ‘uji coba terkontrol secara acak”, yang merupakan standar emas eksperimen ilmiah pada manusia. Pada studi ini ada 30 orang yang kelebihan berat badan yang dibagi kedalam dua kelompok. Satu mengonsumsi kopi instan biasa, sedangkan yang lainnya mengonsumsi kopi instan yang diperkaya dengan 200 mg ekstrak kopi hijau. Studi ini dilakukan selama 12 minggu dan selama studi berlangsung, masing-masing individu dilarang untuk mengubah kebiasaan makan atau olahraga mereka.
Hasilnya, kelompok yang mengambil kopi instan dengan ekstrak biji kopi hijau kehilangan berat badan sebesar 5,4 kg, sementara kelompok yang mengonsumsi kopi instan biasa hanya kehilangan berat badannya sebesar 1,7 kg. Persentase lemak tubuh juga turun 3,6% pada kelompok ekstrak biji kopi hijau, dan 0,7% pada kelompok kopi biasa.
Namun, penting untuk diingat bahwa pada beberapa penelitian disponsori oleh perusahaan yang mendapatkan keuntungan dari penjualan biji kopi hijau. Ya, walaupun kita juga tidak bisa menganggap hasil penelitiannya tidak valid, namun perlu diketahui bahwa sumber pendanaan sebuah studi dapat memiliki dampak signifikan terhadap hasilnya. Wajar saja jika ada sebagian orang yang bersikap skeptis terhadap penelitian yang didanai industri.
Jadi intinya, beberapa percobaan terkontrol pada manusia menunjukkan bahwa ekstrak biji kopi hijau dapat menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan. Namun, studi ini relatif kecil dan beberapa di antaranya disponsori industri. Oleh karena itu, masih dibutuhkan beberapa percobaan atau penelitian yang lebih independen dan ketat.

Manfaat minum kopi hijau

Ekstrak dari biji kopi hijau telah menunjukkan banyak manfaat kesehatan, menurut studi ilmiah. Komponen utama yang memberi manfaat adalah kafein dan asam klorogenat, meskipun beberapa dipengaruhi oleh faktor-faktor lain selain senyawa ini.

1. Menurunkan berat badan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada bulan Maret 2006 di BMC Complementary and Alternative Medicine, suplemen harian ekstrak biji kopi hijau dapat mengurangi lemak tubuh dan berat badan, serta komposisi lemak di hati pada tikus. Pada penelitian tersebut terlihat kafein dan asam klorogenat sebagai senyawa utama untukmenurunkan berat badan. Asam klorogenat yang terdapat pada biji kopi yang belum dipanggang dapat dicerna dan diserap oleh manusia sama seperti yang terdapat pada ekstraknya.

2. Menurunkan darah tinggi

Selain fungsinya untuk menurunkan berat badan, asam klorogenat pada kopi hijau juga dapat mengurangi tekanan darah. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2006 di Clinical and Experimental Hypertension menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi perhari menunjukkan penurunan tekanan darah. Selama ini, belum ada efek samping yang dilaporkan oleh pasien, sehingga minuman ini dapat kita sebut sebagai cara yang aman untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

3. Meningkatkan mood dan kinerja kognitif

Kafein yang ada dalam kopi hijau memiliki efek yang positif pada suasana hati dan juga pada aktivitas otak Anda. Menurut penelitian yang dipublikasikan pada bulan Februari 2008 di Nutrition Bulletin, beberapa studi telah mengonfirmasi bahwa kafein dapat meningkatkan reaksi waktu, kewaspadaan, memori, fokus, ketahanan tubuh, dan berbagai faktor lain dari kinerja kognitif. Peneliti menemukan bahwa asupan optimal kopi hijau adalah antara 38-400 mg per hari atau menjadi sekitar ⅓ cangkir untuk empat cangkir kopi seduh.

4. Merupakan antioksidan

Biji kopi ini mengandung beberapa zatantioksidan, yang dapat mengurangi efek radikal bebas yang dapat merusak sel dalam tubuh. Fungsi pencegahan ini membuat Anda lebih sehat dengan mengurangi jumlah kerusakan sel-sel tubuh Anda. Menurut penelitian yang diterbitkan pada bulan Juli 2004 dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, antioksidan asam klorogenat dalam biji kopi hijau dapat mencegah perkembangan empat jenis sel kanker, sehingga dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker.

Efek samping kopi hijau

Kopi hijau mungkin aman ketika diminum dengan dosis yang tepat, yaitu maksimal 480 mg per hari, selama maksimal 12 minggu. Ekstrak kopi hijau tertentu juga aman digunakan maksimal 200 mg lima kali sehari dalam 12 minggu. Hal ini penting untuk diperhatikan, karena kopi hijau juga mengandung kafein mirip seperti kopi biasa. Oleh karena itu, ia juga menyebabkan efek samping terkait dengan kafein yang mirip dengan kopi.
Kafein dapat menyebabkan insomnia, gugup dan gelisah, sakit perut, mual dan muntah, meningkatnya detak jantung dan pernapasan, dan efek samping lainnya. Mengonsumsi sejumlah besar kopi juga dapat menyebabkan sakit kepala, kecemasan, gelisah, telinga berdenging, dan detak jantung tidak teratur.
Selain itu, mengonsumsi kopi ini juga memerlukan kewaspadaan dan peringatan khusus jika Anda menderita penyakit atau kondisi tertentu karena diperkirakan akan memperburuk kondisi tersebut, seperti pada penderita:
Seperti kopi lainnya, kopi hijau juga tak baik jika diminum berlebihan. Jadi, terserah Anda mau bertahan dengan kopi hitam biasa, atau beralih ke kopi hijau, asal jangan sering-sering, ya!
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool