Assalamu'alaikum.... ^_^ Faktor yang Mempengaruhi Kepribadian dalam Sosiologi dan Psikologi

Faktor yang Mempengaruhi Kepribadian dalam Sosiologi dan Psikologi

Faktor yang Mempengaruhi Kepribadian dalam Sosiologi dan Psikologi
Pengertian kepribadian adalah ciri – ciri watak seseorang individu yang konsisten, yang memberikan kepadanya suatu identitas sebagai individu yang khusus, yang dimaksudkan adalah bahwa orang tersebut mempunyai beberapa ciri watak yang diperlihatkan secara lahir, konsisten dan konskuen dalam tingkah lakunya sehingga tampak bahwa individu tersebut memiliki identitas khusus yang berada dari individu – individu. ( Koetjaraningrat, 1985:102).
Faktor yang Mempengaruhi Kepribadian dalam Sosiologi dan Psikologi
Faktor yang Mempengaruhi Kepribadian dalam Sosiologi dan Psikologi 

Pengertian kepribadian menurut para ahli sebagai berikut :

  1. Menurut Yinger kepribadian adalah keseluruhan perilaku dari seorang individu dengan system kecenderungan tertentu yang berinteraksi dengan serangkaian instruksi.
  2. Menurut M.A.W Bouwer kepribadian adalah corak tingkah laku social yang meliputi corak kekuatan, dorongan, keinginan, opini dan sikap-sikap seseorang.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian dalam sosiologi, sebagai berikut :

1.  Warisan Biologis (heredity)
Setaip manusia mempunyai warisan biologis yang unik berbeda dengan orang lain, meskipun identik fisiknya/kembar, mereka tetap memilki kepribadian yang berbeda. Keturunan berpengaruh terhadap individu dalam pergaulan sosial. Warisan biologis yang terpenting terletak pada kecerdasan dan kematangan biologis, yang membawa pengaruh terhadap kepribadian.

2. Warisan lingkungan alam (natural environment) atau lingkungan geografis
Perbedaan iklim, letak geografis, sumber daya alam, menyebabkan manusia harus beradaptasi dengan lingkungan alam. 

Contoh: watak orang yang berdiam ditepi pantai/pesisir akan berbeda dengan watak orang yang tinggal di dataran tinggi. Biasanya orang pantai lebih keras intonasi suaranya, agak temperamental saat berbicara dengan lawan bicaranya.

3. Warisan sosial (social heritage) atau lingkungan sosial
Masyarakat dan kebudayaan mempengaruhi kepribadian seseorang/individu, mau gak mau seseorang yang tinggal di dalam suatu masyarakat ia harus menyesuaikan perilakunya dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat tersebut. Perilaku tersebut akan diwariskan dari satu generasi ke generasi lainnya.

4. Pengalaman kelompok
Kehidupan manusia dipengaruhi oleh kelomponya, baik keluarga, tetangga, teman sepermainan, sekolah, dll. Setiap kelompok mewariskan pengalaman khas yang tidak diberikan oleh kelompok lain kepada anggotanya, sehingga timbul kepribadian khas anggota masyarakat tersebut.

Kepribadian sebagai hasil sosialisasi dapat dibedakan atas beberapa tipe, yaitu:
1. Sanguinis
Orang sanguinis adalah orang yang popular. Suka bertutur, banyak bicara, dan mudah bergaul serta cepat mendapat sahabat baru. Kelemahanya, memiliki sifat yang moody (tergantung suasana hati). Kadang ia cepat gembira, namun tiba-tiba menangis dan sebaliknya.

2. Melankolis
Orang yang memiliki tipe melankolis, selalu menuntut kesempurnaan, menyukai hal-hal yang detil dan membutuhkan ketelitian. Kelemahannya, karena sifatnya yang perfeksionis, kadang-kadang menunda pekerjaan sampai tercipta suasana yang sempurna.

3. Koleris
Orang tipe ini biasanya memiliki jiwa kepemiminan. Punya wibawa, charisma, kemauan kuat, dan biasanya gemar mengatur.
Kelemahannya, ia cenderung sulit menerima masukan dari orang lain.

4. Phlegmatis
Orang ini biasanya cinta damai. Ia selalu mengalah dan tidak mau terlibat dalam perdebatan.
Kelemahannya, karena ia terlihat lemah, maka suka dipermainkan orang lain.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian dalam psikologi yaitu sebagai berikut :

1.  Faktor Biologis
Faktor biologis merupakan faktor yang berhubungan dengan keadaan jasmani, atau seringkali pula disebut faktor fisiologis seperti keadaan genetik, pencernaan, pernafasaan, peredaran darah, kelenjar-kelenjar, saraf, tinggi badan, berat badan, dan sebagainya. Kita mengetahui bahwa keadaan jasmani setiap orang sejak dilahirkan telah  menunjukkan adanya perbedaan-perbedaan. Hal ini dapat kita lihat pada setiap bayi yang baru lahir. Ini menunjukkan bahwa sifat-sifat jasmani yang ada pada setiap orang ada yang diperoleh dari keturunan, dan ada pula yang merupakan pembawaan anak/orang itu masing-masing. Keadaan fisik tersebut memainkan peranan yang penting pada kepribadian seseorang.

2. Faktor Sosial
Faktor sosial yang dimaksud di sini adalah masyarakat ; yakni manusia-manusia lain disekitar individu yang bersangkutan. Termasuk juga kedalam faktor sosial adalah tradisi-tradisi, adat istiadat, peraturan-peraturan, bahasa, dan sebagainya yang berlaku dimasyarakat itu.

Sejak dilahirkan, anak telah mulai bergaul dengan orang-orang disekitarnya. Dengan lingkungan yang pertama adalah keluarga. Dalam perkembangan anak, peranan keluarga sangat penting dan menentukan bagi pembentukan kepribadian selanjutnya. Keadaan dan suasana keluarga yang berlainan memberikan pengaruh yang bermacam-macam pula terhadap perkembangan kepribadian anak.

Pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan anak sejak kecil adalah sangat mendalam dan menentukan perkembangan pribadi anak selanjutnya. Hal ini disebabkan karena pengaruh itu merupakan pengalaman yang pertama, pengaruh yang diterima anak masih terbatas jumlah dan luasnya, intensitas pengaruh itu sangat tinggi karena berlangsung terus menerus, serta umumnya pengaruh itu diterima dalam suasana bernada emosional. Kemudian semakin besar seorang anak maka pengaruh yang diterima dari lingkungan sosial makin besar dan meluas. Ini dapat diartikan bahwa faktor sosial mempunyai pengaruh terhadap perkembangan dan pembentukan kepribadian.

3.  Faktor Kebudayaan
Perkembangan dan pembentukan kepribadian pada diri masing-masing orang tidak dapat dipisahkan dari kebudayaan masyarakat di mana seseorang itu dibesarkan. Beberapa aspek kebudayaan yang sangat mempengaruhi perkembangan dan pembentukan kepribadian antara lain:

a. Nilai-nilai (Values)
Di dalam setiap kebudayaan terdapat nilai-nilai hidup yang dijunjung tinggi oleh manusia-manusia yang hidup dalam kebudayaan itu. Untuk dapat diterima sebagai anggota suatu masyarakat, kita harus memiliki kepribadian yang selaras dengan kebudayaan yang berlaku di masyarakat itu.

b. Adat dan Tradisi.
Adat dan tradisi yang berlaku disuatu daerah, di samping menentukan nilai-nilai yang harus ditaati oleh anggota-anggotanya, juga menentukan pula cara-cara bertindak dan bertingkah laku yang akan berdampak pada kepribadian seseorang.

c. Pengetahuan dan Keterampilan.
Tinggi rendahnya pengetahuan dan keterampilan seseorang atau suatu masyarakat mencerminkan pula tinggi rendahnya kebudayaan masyarakat itu. Makin tinggi kebudayaan suatu masyarakat makin berkembang pula sikap hidup dan cara-cara kehidupannya.

d. Bahasa
Di samping faktor-faktor kebudayaan yang telah diuraikan di atas, bahasa merupakan salah satu faktor yang turut menentukan cirri-ciri khas dari suatu kebudayaan. Betapa erat hubungan bahasa dengan kepribadian manusia yang memiliki bahasa itu. Karena bahasa merupakan alat komunikasi dan alat berpikir yang dapat menunukkan bagaimana seseorang itu bersikap, bertindak dan bereaksi serta bergaul dengan orang lain.

e. Milik Kebendaan (material possessions)
Semakin maju kebudayaan suatu masyarakat/bangsa, makin maju dan modern pula alat-alat yang dipergunakan bagi keperluan hidupnya. Hal itu semua sangat mempengaruhi kepribadian manusia yang memiliki kebudayaan itu.
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool