Assalamu'alaikum.... ^_^ Faktor Penyebab Infeksi Nasokomial

Faktor Penyebab Infeksi Nasokomial

Faktor Penyebab Infeksi Nasokomial
Faktor Penyebab Infeksi Nasokomial
Faktor Penyebab Infeksi Nasokomial 
Infeksi nosokomial atau infeksi yang diperoleh dari rumah sakit adalah infeksi yang tidak diderita pasien saat masuk ke rumah sakit melainkan setelah ± 72 jam berada di tempat tersebut. Infeksi ini terjadi bila toksin atau agen penginfeksi menyebabkan infeksi lokal atau sistemik.

Contoh penyebab terjadinya infeksi nosokomial adalah apabila dokter atau suster merawat seorang pasien yang menderita infeksi karena mikroorganisme patogen tertentu kemudian mikroorganisme dapat ditularkan ketika terjadi kontak. Selanjutnya, apabila suster atau dokter yang sama merawat pasien lainnya, maka ada kemungkinan pasien lain dapat tertular infeksi dari pasien sebelumnya.

Ada beberapa pedoman yang dapat digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi nosokomial, yaitu pencegahan infeksi dari kateter untuk saluran urin, kontrol infeksi pada pekerja rumah sakit, pencegahan infeksi intravaskuler, isolasi pencegahan di rumah sakit, pencegahan pneumonia dari rumah sakit, serta pencegahan infeksi dari peralatan operasi.

Rumah sakit merupakan suatu tempat dimana orang yang sakit dirawat dan ditempatkan dalam jarak yang sangat dekat. Di tempat ini pasien mendapatkan terapi dan perawatan untuk dapat sembuh. Tetapi, rumah sakit selain untuk mencari kesembuhan, juga merupakan depot bagi berbagai macam penyakit yang berasal dari penderita maupun dari pengunjung yang berstatus karier. Kuman penyakit ini dapat hidup dan berkembang di lingkungan rumah sakit, seperti; udara, air, lantai, makanan dan benda-benda medis maupun non medis. Terjadinya infeksi nosokomial akan menimbulkan banyak kerugian, antara lain: lama hari perawatan bertambah panjang, penderitaan bertambah, biaya meningkat.

Penyebab dan Faktor Risiko Infeksi Nosokomial

Infeksi nosokomial terjadi ketika pasien di sebuah rumah sakit tertular infeksi yang berasal dari bakteri. Bakteri tersebut bisa menulari pasien karena keteledoran staf rumah sakit dan tidak berjalannya prosedur kebersihan dengan benar.

Kategori bakteri yang paling sering menjadi penyebab terjadinya infeksi nosokomial adalah MRSA, salah satu bakteri gram positif yang resisten terhadap metisilin (bakteri Staphylococcus aureus) dan Acinetobacter yang termasuk bakteri gram negatif.

Selain faktor kebersihan, banyak pasien yang rawat inap di rumah sakit menderita penyakit yang serius dengan sistem kekebalan yang lemah. Oleh karena itu, pasien rawat jalan bertambah banyak dalam puluhan tahun terakhir. Hal ini membuat risiko penularan infeksi nosokomial ke pasien pada saat ini lebih tinggi.

Penyebab lainnya adalah, sistem rumah sakit yang membuat staf kesehatan berganti-ganti dari satu pasien ke pasien lainnya. Jika staf kesehatan tidak menjaga kebersihan dirinya dengan baik, sistem ini akan menjadikan staf kesehatan sebagai agen penyebar infeksi.

Beberapa faktor di bawah ini bisa meningkatkan risiko pasien terkena infeksi nosokomial:

  • Berusia di atas 70 tahun.
  • Dalam kondisi koma.
  • Pernah menjalani terapi antibiotik sebelumnya.
  • Dirawat di unit ICU lebih dari tiga hari.
  • Gagal ginjal akut.
  • Mengalami cidera cukup parah.
  • Mengalami syok.
  • Menjalani perawatan ventilasi mekanis.
  • Sedang dalam pengobatan yang mempengaruhi sistem imun.
  • Memakai kateter dalam waktu lama.
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool