Assalamu'alaikum.... ^_^ Manfaat Kopi Untuk Mencegah Kanker Hati

Manfaat Kopi Untuk Mencegah Kanker Hati

Manfaat Kopi Untuk Mencegah Kanker Hati
Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Pemrosesan kopi sebelum dapat diminum melalui proses panjang yaitu dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan tangan  kemudian dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. Proses selanjutnya yaitu penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi. Setelah penyangraian biji kopi digiling atau dihaluskan menjadi bubuk kopi sebelum kopi dapat diminum.

Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat.[butuh rujukan] Indonesia sendiri telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya. Di samping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler).

Manfaat Kopi Untuk Mencegah Kanker Hati
Manfaat Kopi Untuk Mencegah Kanker Hati
Hasil Penelitian Tentang Kopi
Meminum kopi bisa membuat orang terhindar dari hepatocellular cancer (HCC),  yaitu suatu bentuk yang paling produktif dari kanker hati. Secara luas kopi juga diyakini punya banyak manfaat bagi kesehatan kita. Hasil penemuan terbaru yang dilakukan oleh Oliver Kennedy dan kawan-kawan menunjukkan bahwa kopi punya  efek signifikan pada risiko kanker hati. 

Kennedy yang merupakan anggota Primary Care and Population Sciences Fakultas Kesehatan Universitas Southampton juga mengatakan bahwa kopi punya kemampuan membunuh penyakit dan punya potensi mencegah serangan jantung. 

Kesimpulan dari studi tersebut adalah :
  • Orang yang minum secangkir kopi per hari 20 persen terhindar dari risiko kanker hati. 
  • Meminum kopi dua cangkir sehari risiko terhindar kanker hati mencapai 35 persen
  • Meneguk kopi tiga cangkir sehari, maka risiko terhindar kanker hati makin tinggi, sampai 50 persen. 
Analisis tim tersebut juga menemukan, kopi tanpa kafein juga punya manfaat terhindar dari risiko kanker tersebut, namun tim tidak menunjukkan berapa dosisnya.

Temuan studi ini dianggap akan makin memudahkan orang untuk menempuh jalan menghindari dari risiko kanker tersebut. Sebab terapi meminum kopi itu bisa dibilang tak mahal dan mudah bagi semua orang dalam kehidupan sehari-hari, termasuk bagi orang dengan preferensi kopi tanpa kafein. 

Peringatan!
Akan tetapi, bagi Anda yang gemar pada kopi dan sering menjadikan kopi sebagai minuman sehari-sehari, perlu diwaspadai terhadap timbulnya penyakit pada pencernaan, terutama lambung. Meminum kopi dapat menimbulkan naiknya asam lambung, jadi bagi Anda yang menderita penyakit maag maka harus lebih hati-hati. 

Bukan hanya itu, bagi Anda yang tidak mengalami masalah pada lambung pun, bila terlalu sering mengkonsumsi kopi apalagi dalam waktu yang berkepanjangan, maka Anda akan beresiko terkena penyakit lambung. Jadi, Anda boleh mengkonsumsinya namun jangan pernah meminum bila perut tanpa makanan, dan kurangilah frekuensinya. Mungkin Anda dapat meminumnya segelas saja di pagi hari, supaya Anda lebih semangat dalam menjalani hari.

Salam, Aya Scabiosa

Salam, Aya Scabiosa
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool