Assalamu'alaikum.... ^_^ Tumor Wilms, Kanker Ginjal Langka Pada Anak-Anak

Tumor Wilms, Kanker Ginjal Langka Pada Anak-Anak

Tumor Wilms, Kanker Ginjal Langka Pada Anak-Anak
DEFINISI TUMOR WILMS

tumor wilmsTumor Wilms adalah kanker ginjal langka yang sering menyerang anak-anak. Dikenal juga sebagai nephroblastoma, tumor ganas yang paling umum menyerang ginjal anak-anak. Waktu puncak terjadinya tumor Wilms adalah sekitar usia 3 sampai 4 tahun dan jarang terjadi setelah usia 6 tahun. Meskipun dapat menyerang kedua ginjal, penyakit ini cenderung hanya mempengaruhi satu ginjal.

Tumor Wilms diyakini berkembang dari sel-sel ginjal yang belum matang. Teknik pencitraan dapat membantu dokter untuk menentukan sejauh mana kanker dalam tumor Wilms dan rencana pengobatannya. Kemungkinan kesembuhan pada anak dengan tumor Wilms sangat besar.

Pada awalnya anak yang menderita penyakit ini tidak mengeluhkan apa-apa, kecuali teraba adanya benjolan yang berada di dalam perut. Kadang-kadang benjolan ini diraba secara  tidak sengaja oleh orang tua. Dapat pula ditemukan adanya darah pada saat buang air kecil. Darah ini dapat jelas terlihat pada air kencing yang kemerahan, namun kadang tidak terlihat jelas tapi baru terdeteksi bila dilakukan pemeriksaan air seni. 

Sekitar 20-25 persen penderita dapat mengalami peningkatan tekanan darah. Pada kantung kemaluan kadang dapat dilihat adanya pelebaran pembuluh darah yang disebabkan ekstensi tumor ke dalam pembuluh darah balik vena, atau bahkan tumor dapat menginvasi sampai ke bilik jantung dan menyebabkan gangguan fungsi jantung. Pada 4-13 persen kasus, tumor dapat mengenai kedua ginjal. Pada kondisi ini biasanya hasil terapi tidak sebaik tumor ginjal yang mengenai satu sisi saja. Namun adanya benjolan yang teraba di dalam rongga perut, masih mungkin disebabkan oleh beberapa jenis tumor lainnya. 

Setelah pemeriksaan fisik dilakukan, perlu dilakukan beberapa pemeriksaan lain untuk memperkuat diagnosis. Seperti pemeriksaan dengan USG, CT scan atau MRI. USG merupakan pemeriksaan yang sederhana untuk melihat lokasi benjolan, dan dari mana asalnya benjolan tersebut. Namun untuk menentukan tindakan selanjutnya, diperlukan pemeriksaan CT scan atau MRI. 

GEJALA TUMOR WILMS

Tumor Wilms mungkin tidak terdeteksi sejak awal karena dapat tumbuh besar tanpa menimbulkan rasa sakit. Ketika besar, umumnya tumor ini berhasil diketahui sebelum memiliki kesempatan untuk menyebar (metastasize) ke bagian tubuh lainnya.

Anak-anak yang terserang dapat memiliki gejala:
1. Perut bengkak
2. Terdapat suatu gumpalan dalam perut yang dapat dirasakan
3. Demam
4. Darah dalam urin
5. Nafsu makan berkurang
6. Tekanan darah tinggi
7. Sembelit
8. Nyeri Perut
9. Mual

PENYEBAB TUMOR WILMS

Penyebab pastinya masih belum diketahui. Namun diyakini bahwa kanker ini timbul ketika anak masih berkembang dalam rahim dan beberapa sel-sel yang seharusnya membentuk ginjal gagal berkembang dengan baik. Sebaliknya, sel-sel itu berkembang biak dengan cara primitif, menjadi tumor yang nampak semakin jelas ketika anak berusia sekitar 3 atau 4 tahun.

Beberapa kanker (termasuk tumor) terjadi akibat mutasi pada gen yang mengontrol pertumbuhan sehingga membiarkan sel berkembang biak tanpa terkendali. Dalam beberapa kasus, kanker ini disebabkan oleh cacat genetik yang diturunkan dari orangtua ke anak.

PENGOBATAN TUMOR WILMS

Pengobatan yang dilakukan terdiri dari operasi pengangkatan seluruh ginjal yang terkena tumor (kecuali pada tumor yang mengenai kedua sisi ginjal) dan kemoterapi. Bila pasien masih berada dalam stadium awal biasanya tumor dapat diangkat keseluruhan, dan belum ada penyebaran ke tempat lain. Namun bila sudah stadium lanjut akan terdapat kemungkinan beberapa penyulit tindakan operasi, dan bisa saja tumor tidak dapat diangkat seluruhnya, ataupun tumor sudah menyebar ke bagian lain.

Orangtua yang memiliki anak yang didiagnosis tumor ginjal mungkin merasa berat untuk menyetujui tindakan operasi dan kemoterapi. Tapi hal yang perlu diingat adalah bila kita menunda penanganannya. Tumor dapat terus tumbuh sehingga pasien yang pada awalnya masih stadium dini dapat masuk ke stadium lanjut. Tentu hal ini akan mengakibatkan hasil terapi yang tidak sebaik bila dilakukan pada stadium awal. Oleh karena itu, kepastian diagnosis yang baik, konsultasi kepada ahlinya, serta penanganan di rumah sakit yang memiliki fasilitas untuk penyakit tersebut, sangat menentukan hasil terapi pasien Wilms’ tumor.
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool