Assalamu'alaikum.... ^_^ Penanganan Terbaik Semua Jenis Psoriasis

Penanganan Terbaik Semua Jenis Psoriasis

Penanganan Terbaik Semua Jenis Psoriasis
A. Pengertian Psoriasis

Psoriasis merupakan kelainan pada kulit yang berupa bercak-bercak berwarna merah, biasanya pada bercak tersebut terdapat sisik tebal.  Sisik tersebut berlapis-lapis serta memiliki gambaran sama halnya dengan mika yang transparan. Psoriasis ini bisa terjadi pada bagian tubuh mana pun, bahkan kulit kepala sekalipun. 

Psoriasis pada kulit kepala hampir sama dengan ketombe, bedaannya adalah, pada  psoriasis tidak akan kunjung hilang atau sembuh. Jika memiliki ketombe dan tidak kunjung sembuh atau mungkin muncul bintik-bintik merah Anda harus waspada, sebab bisa jadi itu adalah gejala psoriosis.

Penanganan Terbaik Psoriasis
Psoriosis dikaitkan dengan otoimun atau kekebalan tubuh dan interaksi dengan orang yang mempunyai kerentanan genetik, khususnya pada sel darah putih. Pada keadaan normal,  sel darah putih akan mengalir ke seluruh bagian tubuh untuk mendeteksi serta melawan zat asing seperti virus atau bakteri. Pada penderita psoriasis, sel darah putih tersebut akan menyerang pada sel-sel kulit yang sehat. Sel darah putih akan sangat aktif memicu terhadap respon imun lainnya pada penderita penyakit aneh ini. Kondisi ini akan menyebabkan meningkatnya produksi sel darah putih beserta sel kulit, sehingga sel-sel kulit akan tumbuh lebih cepat, tetapi tidak bisa mengelupas dengan cepat dan ini menyebabkan kulit akan semakin menebal serta bercak bersisik pada kulit akan muncul. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa bisa terserang.

B. Penyebab Psoriasis

Penyebab pasti penyakit ini masih misterius alias belum diketahui secara pasti. Banyak pendapat yang berbeda-beda mengenai penyebabnya. Namun, faktor stres adalah salah satu faktor utama penyebab penyakit ini. Infeksi di dalam saluran pernapasan, mulut, gigi berlubang atau amandel yang tidak kunjung sembuh juga merupakan salah satu faktor pemicu. Bahkan keputihan juga merupakan faktor pemicu untuk wanita penderita psoriasis.

Namun demikian, pada beberapa penderita dijumpai adanya faktor pencetus psoriasis antara lain sebagai berikut : 

1. Trauma
Psoriasis pertama kali timbul pada tempat-tempat yang terkena trauma, garukan, luka bekas operasi, bekas vaksinasi, dan sebagainya. Kemungkinan hal ini merupakan mekanisme fenomena Koebner. Khas pada psoriasis timbul setelah 7-14 hari terjadinya trauma.

2. Infeksi
Pada anak-anak terutama infeksi Streptokokus hemolitikus sering menyebabkan psoriasis gutata. Psoriasis juga timbul setelah infeksi kuman lain dan infeksi virus tertentu, namun menghilang setelah infeksinya sembuh.

3. Iklim
Beberapa kasus cenderung menyembuh pada musim panas, sedangkan pada musim penghujan akan kambuh.

4. Faktor endokrin
Insiden tertinggi pada masa pubertas dan menopause. Psoriasis cenderung membaik selama kehamilan dan kambuh serta resisten terhadap pengobatan setelah melahirkan. Kadang-kadang psoriasis pustulosa generalisata timbul pada waktu hamil dan setelah pengobatan progesteron dosis tinggi.

5. Sinar matahari
Walaupun umumnya sinar matahari bermanfaat bagi penderita psoriasis namun pada beberapa penderita sinar matahari yang kuat dapat merangsang timbulnya psoriasis. Pengobatan fotokimia mempunyai efek yang serupa pada beberapa penderita.

6. Metabolik
Hipokalsemia dapat menimbulkan psoriasis.

C. Jenis-jenis penyakit psoriasis beserta letaknya
  1. Psoriasis Plak atau Psoriasis Vulgaris | Tipe plak ini bersifat meradang pada kulit menimbulkan bercah merah yang dilapisi dengan kulit yang tumbuh berwarna keperakan, umumnya terlihat pada alis, lutut, siku juga bagian belakang tubuh sekitar panggul serta akan meluas kebagian-bagian kulit lainnya.
  2. Psoriasis Eritroderma | Tipe psoriasis ini sangat berbahaya, seluruh kulit menjadi merah matang dan bersisik, fungsi perlindungan kulit pun hilang, sehingga penderita mudah terkena infeksi.
  3. Psoriasis Inverse | Ditemukan pada ketiak, pangkal paha, dibawah payudara, dan di lipatan-lipatan kulit di sekitar kemaluan yang tampak licin dan bersinar.
  4. Psoriasis Scalp | Psoriasis yang tampak pada batas rambut, kepala (seperti ketombe), kening, sekitar leher juga dibelakang telinga.
  5. Psoriatis Artritis | Timbul dengan peradangan sendi, sehingga sendi terasa nyeri, membengkak dan kaku.
  6. Psoriasis Gutata | Salah satu jenis psoriasis yang mulai timbul sejak waktu anak-anak atau remaja.
  7. Psoriasis Pustular | Timbulnya pustules putih yang dikelilingi oleh kulit merah.
  8. Psoriasis Kuku | Menyerang dan merusak kuku dibagian bawah kuku

D. Penanganan Terbaik Psoriasis

Langkah penyembuhan psoriasis yang tepat sebenarnya belum tersedia, tapi kita bisa melalukan penanganan terbaik yang bertujuan untuk mengurangi gejala serta memperbaiki tekstur kulit yang terserang penyakit ini. Metode pengobatan psoriasis memiliki banyak jenis dan tergantung pada jenis dan tingkat keparahannya. Berikut ini adalah bbeberapa obat-obatan yang dapat membantu dalam keluhan psoriasis : 

1. Obat Oles

Obat-obatan yang biasanya berupa salep atau krim ini bekerja dengan mengurangi inflamasi dan mengurangi kecepatan produksi sel-sel kulit. Jenis obat ini digunakan untuk mengatasi psoriasis tingkat ringan sampai menengah. Penggunaan obat oles juga dapat dikombinasikan dengan sampo untuk menangani psoriasis di kulit kepala.

a. Kortikosteroid

Obat ini bekerja dengan cara mengurangi inflamasi kulit. Penggunaannya yang berlebihan dapat mengakibatkan penipisan kulit. Karena itu, obat ini hanya digunakan dengan resep dokter. Khusus untuk bagian yang sensitif seperti wajah atau lipatan kulit, dokter akan memberikan kortikosteroid oles dengan dosis lebih rendah.

b. Calcineurin inhibitors

Obat ini diduga dapat menghambat kinerja sistem kekebalan tubuh sehingga mengurangi inflamasi kulit. Jenis calcineurin inhibitors (penghambat calcineurin)yang biasa digunakan adalah tacrolimus and pimecrolimus.

c. Analog vitamin D

Jenis analog vitamin D yang digunakan meliputi calcipotriol dan calcitriol. Krim ini dapat digunakan bersamaan atau menggantikan kortikosteroid oles. Obat ini berfungsi menghambat regenerasi kulit dan mengurangi inflamasi.

d. Coal tar

Obat ini telah digunakan sejak dulu untuk menangani psoriasis karena dapat mengurangi sisik tebal serta gatal-gatal pada ruam psoriasis.

e. Dithranol

Dithranol umumnya digunakan dalam jangka pendek untuk menangani ruam psoriasis pada kaki, tangan serta tubuh bagian atas.

2. Terapi Cahaya (Fototerapi)

Terapi ini dipilih sebagai alternatif untuk beberapa jenis psoriasis yang tidak bisa ditangani dengan obat-obatan oles. Proses fototerapi umumnya ditangani oleh dokter spesialis kulit dan menggunakan sinar ultraviolet A dan B.

Durasi tiap sesi terapi ultraviolet B (UVB) memakan waktu beberapa menit dan dijalani pasien beberapa kali seminggu. Fungsinya adalah untuk mengurangi kecepatan produksi sel-sel kulit. Coal tar dan dithranol juga dapat dikombinasikan dengan terapi ultaviolet B untuk meningkatkan keefektifannya.

Jenis foto terapi lainnya adalah terapi sinar ultraviolet A (UVA) yang dikenal dengan terapi kombinasi psoralen dan ultraviolet A (PUVA). Sinar ultraviolet A dapat menembus kulit lebih dalam dari ultraviolet B.

Pada tiap sesi, psoralen akan dioleskan pada kulit atau dikonsumsi dalam bentuk tablet sehingga kulit pasien akan lebih sensitif terhadap cahaya. Pasien juga biasanya akan diminta untuk mengenakan kacamata khusus selama 24 jam setelah mengonsumsi psoralen untuk mencegah katarak. Tetapi terapi ini tidak dianjurkan untuk jangka panjang karena memiliki risiko kanker kulit.

3. Obat Minum
Penggunaan obat-obatan ini dianjurkan jika metode lain tidak efektif untuk menangani psoriasis dengan tingkat keparahan yang tinggi.

a. Methotrexate

Fungsi obat ini adalah untuk menurunkan produksi sel-sel kulit dan mengurangi inflamasi. Penggunaan methotrexate untuk jangka panjang tidak dianjurkan karena dapat merusak hati. Obat ini juga berbahaya untuk janin dan dapat memengaruhi perkembangan sel sperma. Jika menggunakan obat ini, pengidap psoriasis wanita yang berencana memiliki anak dianjurkan untuk menghentikan konsumsi selama setidaknya tiga bulan terlebih dulu.

b. Ciclosporin

Selama mengonsumsi obat ini, tekanan darah serta kondisi ginjal pasien umumnya perlu dipantau. Obat ini bekerja dengan cara menekan kinerja sistem kekebalan tubuh.

c. Acitretin

Acitretin membantu menurunkan produksi sel-sel kulit. Obat ini berbahaya untuk perkembangan janin, tapi tidak memiliki efek samping terhadap sel sperma. Wanita yang menggunakannya dianjurkan untuk menunggu dua tahun setelah menghentikan pemakaian sebelum hamil.

4. Obat Melalui Suntikan dan Infus

Jenis penanganan ini digunakan untuk mengobati psoriasis dengan tingkat keparahan tinggi. Cara kerjanya adalah dengan menurunkan tingkat reaksi sistem kekebalan tubuh yang berlebihan sehingga regenerasi dan inflamasi kulit dapat berkurang. Jenis obat yang disuntik dan infus meliputi etanercept, adalimumab, infliximab serta ustekinumab.
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool