Assalamu'alaikum.... ^_^ Manfaat Memakai Hijab Bagi Kesehatan

Manfaat Memakai Hijab Bagi Kesehatan

Manfaat Memakai Hijab Bagi Kesehatan
Untuk kalangan umat muslim khususnya di Indonesia, mendengar atau melihat wanita memakai HIJAB mungkin sudah tidak asing lagi pun begitu halnya di negara-negara arab dan lainnya yang memang mayoritas penduduknya adalah muslimah.

Namun, tidak demikian halnya di negara barat khususnya di Eropa dan Amerika. Wanita yang memakai HIJAB dianggap sebagai seseorang yang akan membahayakan hingga kemudian terjadinya perberdaan perlakuan untuk mereka mulai dari hal kecil sampai pada suatu kebijakan yang dikeluarkan sebuah lembaga tak terkecuali oleh lembaga pemerintah itu sendiri. Seperti halnya yang terjadi belum lama ini, dimana salah satu universitas ternama di Prancis melarang mahasiswi yang berhijab memasuki kawasan kampus tersebut.

Pada kesempatan kali ini, kita tidak akan membahas panjang lebar mengenai pelarangan memakai hijab tersebut, namun, mari kita lihat ternyata ada fakta ilmiah dan medis mengenai manfaat memakai HIJAB bagi kesehatan wanita yang memakainya.

1. Memperlambat Penuaan Dini 

Manfaat Memakai Hijab Bagi Kesehatan
Proses penuaan adalah kondisi alamiah yang dialami setiap orang termasuk wanita. Selain disebabkan pola makan dan gaya hidup yang dijalani, proses penuaan pada seseorang juga karena disebabkan paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari ternyata dapat merangsang keluarnya sel-sel melanin dalam kulit dan menyebabkan rusaknya jaringan elastin dan kolagen pada kulit. Bila hal itu terjadi, maka kulit menjadi tidak lentur lagi alhasil kemudian timbulah keriput pada kulit sebagai gejala awal penuaan dini pada seseorang. Dengan berhijab, seorang wanita akan lebih terlindungi dari paparan sinar UV matahari dibandingkan bila memakai cream pelindung kulit atau sejenisnya, juga dapat menjaga memutihkan wajah dan kulit anda.

2. Menjaga Kesehatan Rambut 

Kesehatan rambut wanita yang berhijab akan lebih terjaga, hal ini disebabkan hijab yang dipakai akan melindungi rambut dari sinar matahari secara langsung, radikal bebas, polusi dan debu yang dapat merusak rambut. Menggunakan hijab adalah salah satu solusi para wanita dalam menjaga dan memilihara kesehatan rambut dari berbagai kerusakan ataupun ketombe.

3. Mencegah Terjadinya Kanker Kulit

Kanker kulit adalah penyakit  yang terbentuk akibat adanya ketidakstabilan sel  kulit yang bisa dipicu oleh beberapa hal seperti zat kimia, radikal bebas dan paparan ultra violet sinar matahari. Kulit wanita memiliki daya tahan yang lebih rendah dibandingkan kulit pada seorang pria. Sinar Ultra Violet (UV)  matahari dapat merusak dan membunuh DNA pada sel kulit dan merubahnya menjadi sel tumor pemicu kanker kulit. Untuk itu dengan memakai hijab yang sesuai ketentuan seorang wanita akan lebih terlindungi dari timbulnya sel kanker kulit.

4. Radang Kulit Bagian Luar (Solar Keratoses)

Radang kulit bagian luar merupakan kondisi kulit yang terlihat bersisik dan kasar akibat terkena paparan Ultra Violet (UV) sinar matahari. Bila hal ini dibiarkan terus menerus, kondisi tersebut dapat mengarah pada timbulnya sel kanker. Dengan memakai hijab, semua bagian tubuh wanita akan terlindungi dari paparan UV sinar matahari terutama terhadap terjadinya radang kulit bagian luar (Solar Keratoses).

Selain itu, dapat pula dilihat beberapa keuntungan atau manfaat memakai berjilbab/berhijab secara umum yang tertera di bawah ini :

1. Menutup Aurat

Islam sudah jelas dikatakan bahwa hukum menutup aurat bagi seorang muslimah adalah wajib. Jadi, bagi anda yang sudah memakai jilbab, anda sudah memenuhi kewajiban anda sebagai seorang muslimah. Dengan berjilbab dan berpakaian rapi dan tertutup, anda akan merasakan begitu banyak manfaat. 

2. Jiwa Tenang dan Tentram

Ketika seorang wanita memutuskan untuk berjilbab, hal ini adalah salah satu keunggulan tersendiri bagi seorang wanita muslimah. Jiwa mereka akan lebih tenang dan tentram apabila dibandingkan pada saat mereka belum berjilbab. 

3.  Dihormati

Seorang wanita muslimah yang berjilbab, secara tidak langsung akan merasakan dampak positif yang satu ini, lebih dihormati. Iya, bayangkan saja ketika bertemu dua orang wanita, yang satu berpakaian begitu terbuka dan minim dan yang satu begitu rapi dan tertutup. Perlakuan orang lain terhadap kedua orang wanita tersebut sudah pasti akan berbeda. Orang lain akan melihat bahwa wanita yang berjilbab adalah seorang wanita yang dekat dengan Allah Swt dan begitu rela mematuhi apa yang sudah diperintahkan-Nya untuk menutup aurat, hal ini akan memberikan rasa hormat tersendiri bagi wanita tersebut.

4. Mencegah Perbuatan Dosa

Setiap manusia sudah pasti tidak akan luput dari yang namanya perbuatan dosa. Namun, ketika seorang wanita berjilbab tentu akan berfikir seribu kali untuk melakukan perbuatan dosa. Secara mudahnya, jilbab dapat menjadi benteng untuk membendung perbuatan-perbuatan dosa. 

5. Terlihat Lebih Cantik dan Anggun

Berjilbab tidak akan mengurangi penampilan. Bahkan begitu banyak wanita yang justru menjadi lebih pede, lebih cantik, lebih terlihat anggun dan begitu lembut. Dengan berjilbab, kecantikan anda tidak akan berkurang kok.

6. Cantik Luar-Dalam
Kecantikan seorang wanita tidak hanya dinilai dari luarnya saja, ada sisi cantik dari dalam dirinya, kepribadiannya, perilakunya dan lain sebagainya. Orang sering menyebutnya inner beauty. Seorang wanita yang berjilbab akan sangat mungkin mendapatkan kecantikan luar dalam sekaligus. Dari penampilan begitu cantik dan lembut, kecantikan dari dalam dirinya pun terpancar begitu jelas. 

7. Terlindung Dari Polusi dan Sengatan Matahari

Betapa banyak wanita yang berlomba-lomba mempercantik dirinya dan begitu mati-matian menghindar dari efek buruk dari sinar matahari dan berbagai polusi. Bagi seorang muslimah yang berjilbab, secara tidak langsung akan terhindar dari ketakutan-ketakutan tersebut. Jika memang harus berada ditempat terbuka yang langsung terkena sinar matahari dan polusi lainnya, jilbab akan melindungi kulit, tubuh dan rambut mereka dari sinar matahari dan polusi-polusi lainnya. Dengan begitu, kulit pun akan tetap putih bersih, tidak takut menjadi hitam dan rambut pun tetap aman karena tertutup jilbab.

8. Indikasi Wanita Baik

Mungkin saat ini begitu banyak wanita berjilbab yang perilakunya "kurang" mencerminkan pribadi seorang muslimah yang baik. Mungkin itu adalah segelintir wanita yang niat awalnya sudah "tidak benar". Jika seorang muslimah memakai jilbab karena kesadaran dan niat dari hati yang tulus mentaati perintah Allah Swt, sangat tidak akan mungkin hal tersebut terjadi. Bagaimanapun juga, jilbab adalah salah satu indikasi bahwa wanita tersebut adalah seorang wanita yang baik dan taat terhadap perintah Agama. 

9. Calon Istri dan Ibu yang Baik

Manfaat Memakai Hijab Bagi Kesehatan Mungkin masih terkait dengan nomor 8 diatas, bahwa jilbab bisa menjadi indikasi atau tolak ukur wanita yang baik. Pria mana yang tidak mau memperistri wanita yang berjilbab dan taat perintah agama dan berperilaku baik? sudah barang tentu semua pria akan dengan senang hati meminang wanita seperti ini. Jadi, jilbab juga bisa dijadikan sebagai ukuran bagi seorang pria bahwa memang wanita tersebut adalah wanita yang sesuai kriteria untuk dijadikan pasangan hidup dan kelak menjadi ibu dari putra-putrinya.

10. Menutupi Aib

Setiap manusia memang terlahir berbeda. Mungkin saja ada wanita yang rambutnya dianggap kurang bagus. Nah, dengan berjilbab, maka jilbab akan dapat menutupi kekurangan tersebut. Kepercayaan diri anda pun akan tetap terjaga dengan tertutupinya kelemahan tersebut. 

11. Contoh Bagi Wanita yang Belum Berjilbab

Ketika seorang wanita sudah berjilbab dengan niat yang tulus dan ikhlas, maka dia akan menjadi contoh yang baik bagi wanita lainnya yang belum berjilbab. Bisa jadi akan ada wanita muslimah lain yang kemudian ikut berbondong-bondong memakai jilbab setelah melihat anda yang sudah berjilbab. Berlomab lomba dalam kebaikan sangat dianjurkan dalam Agama Islam, termasuk yang ini, mengajak untuk mulai mengenakan jilbab.

Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool