Assalamu'alaikum.... ^_^ Menyikapi Kehilangan

Menyikapi Kehilangan

Menyikapi Kehilangan
Setiap yang datang pasti akan pergi, itu adalah hukum alam yang tak bisa dilawan. Hanya saja, kepergian seseorang dalam hidup kita tak memiliki waktu yang menentu, tak bisa dihitung dengan pasti seperti rumus fisika, kimia atau pun matematika. Semua akan hilang pada masanya--cepat atau lambat--dan pasti akan berganti dengan yang baru.

Selembar daun baru yang tumbuh di ranting, setangkai kembang yang mekar, seorang anak manusia, semuanya ada karena kehendak Tuhan, dan hanya Tuhanlah yang berhak untuk mengambilnya kembali dan tahu kapan waktunya.

Ada masanya daun tersebut akan tumbuh dewasa dan perkasa dengan hijaunya, dan pada masanya dia akan menguning dan luruh. Ada masanya juga sekuntum kembang berada pada masa kejayaannya dan kemudian mahkotanya luruh satu per satu, tak berdaya. Dan anak manusia, ada masanya ia juga berada pada masa kehebatannya, ketika Tuhan berkata 'sudah', maka ia tak bisa berkata apa-apa. Tapi, semuanya tak hanya seperti itu, ketika satu luruh, akan ada penggantinya yang berguna untuk melengkapi. Percayalah, Tuhan tidak akan membuatmu sendiri. Pohon kayu tak selamanya hanya memiliki ranting-ranting di musim gugur, kembang tak selamanya bersembunyi di balik induknya. Tuhan pasti akan menghadirkan yang baru pada garis takdir yang telah digariskan. Tugas kita adalah menjalani semua goresan pena atas skenario-Nya. 

Menyikapi Kehilangan
Ketika kita kehilangan seseorang, percayalah bahwa itu adalah tanda akan ada pengganti yang lebih baik. Apa yang selama ini kau tanam, itulah hasil yang akan kau panen. Bisa jadi, seseorang yang selama ini menggandeng tanganmu bukanlah yang terbaik, maka Tuhan memisah jalinan jemarimu dengannya, supaya ada rongga untuk seseorang terbaik menggantikannya. Tak pernah ada kesia-sian. Begitu pula usaha terbaikmu dalam menjaga hubungan selama ini. Usaha terbaikmu menjaga perasaan pasanganmu selama ini.

Kehilangan tak perlu dilawan. Hadapi dan nikmatilah setiap tetesan hujan perih yang mengkosongkan bilik-bilik di hatimu. Nikmati semua pahit, agar di kisah selanjutnya kau lebih tahu artinya mempertahankan dengan lebih gigih, mencintai dengan lebih tulus, dan menghargai apa yang kau miliki dengan penuh rasa syukur. Dan cinta berikutnya adalah cinta yang akan menuntunmu ke jalan keberkahan.

Semua rasa yang kamu hadapi akan membuat perasaanmu menjadi lebih peka. Peka terhadap hati yang nantinya menjadi tanggung jawabmu untuk kau jaga, tempatmu berbakti tanpa berharap imbalan. Hanya mencintai. Hanya mengasihi. Hanya merindui. Jika cinta sejatimu telah kembali--meski bukan dengan wajah yang sama--kamu pasti menjadi kekasih yang lebih sempurna. Kekasihmu akan menjadi orang terberuntung. Dampaknya adalah ia pun pasti akan membuatmu menjadi lebih beruntung dari dirinya--walau hanya dengan tindakan-tindakan kecil namun menyentuh hati.

Senyum selebar-lebarnya!

Ketika kamu kehilangan seseorang, berarti kesempatan terbuka lebar untuk memiliki pilihan terbaik. Meski ini hanya kamu anggap teori tak berdasar, tapi saya percaya, "Manusia itu apa yang dipikirkannya." Kamu harus menjadikan dirimu aktor yang memainkan sebuah mimpi diimajinasimu. Mimpi yang benar-benar jelas, dan suatu saat, mimpi itu pasti akan terwujud. Skenariomu pasti akan terlaksanakan--bahkan kadang kala ketika kamu sudah melupakan skenario mimpimu tersebut. 

Saya sudah beberapa kali membuktikannya. Kerapkali apa yang saya katakan, saya mimpikan, terwujud, meski lumayan lama. 

Jadi, sikapi kehilangan dengan positif. Kehilangan adalah kunci yang membuka lebar gerbang kesempitan diririmu, kesempatan bagus untuk mengisi hatimu yang hampa dengan berbagai pilihan terbaik. Bukan hanya cinta, tapi juga cita-cita. 

Intinya, rasakan semua perasaan yang sedang kamu hadapi. Jangan melawannya, karena itu hanya akan membuatmu lelah dan frustasi. Biarkan rasa itu mengalir apa adanya, seperti air yang mengalir dengan bebas. Ia akan mengalir pelan-pelan membawa perih, pelan hingga habis. Lepas itu, pasti ada arus baru yang lebih hangat mengisi.

Sahabat terbaik adalah diri sendiri, sering-seringlah berkomunikasi dengan diri. Ujarkan kalimat-kalimat motivasi pada diri adalah obat yang baik. Sebab tiada yang tahu pasti perasaanmu selain dirimu. 
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool