Assalamu'alaikum.... ^_^ Deteksi Dini Perkembangan Bicara Anak

Deteksi Dini Perkembangan Bicara Anak

Deteksi Dini Perkembangan Bicara Anak
Sejak 3 bulan gangguan bicara pada anak sudah dapat dideteksi, ini adalah usia terbaik untuk pengobatan. Apabila anak sudah berumur di atas 3 tahun, maka ini akan menjadi sangat sulit. 

Kebanyakan orang tua baru mengetahui kondisi anaknya setelah si anak berumur di atas dua tahun. Inilah salah satu alasan kenapa banyak gangguan bicara pada anak sulit di atasi. Keterlambatan mengetahui bisa saja disebabkan oleh orang tua yang kurang kontrol pada perkembangan anaknya, terutama dalam hal perkembangan berbicara. 

Umumnya pada keadaan normal, seorang anak yang berusia satu tahun sudah bisa menyebutkan satu kata, misalnya kata ibu dan ayah. Dan pada usia 15 bulan, sudah mampu mengucapkan beberapa kata. Sedangkan pada usia 24 bulan biasanya anak sudah bisa merangkai kata menjadi sebuah kalimat. Selanjutnya pada usia 30 bulan, anak sudah dapat mengucapkan kata dengan sempurna. 

Cara sederhana deteksi Kemampuan Bicara Anak

Deteksi Dini Perkembangan Bicara Anak Cara sederhana yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mendeteksi kemampuan bicara anak adalah dengan stimulasi kontak dan suara. Apabila anak tidak terangsang oleh stimulasi kontak dan suara, kemungkinan besar anak mengalami gangguan bicara. Saat anak berusia 3 bulan, coba bunyikan gelas di samping bayi, lihat apakah ada respon terhadap suara tersebut atau tidak. Respon yang dimaksud bisa berupa bayi menoleh atau bereaksi. 

Beberapa penyebab Gangguan Bicara

Apabila gangguan bicara disebabkan karena gangguan alat bicara, sedini mungkin harus dilakukan koreksi pembedahan, gangguan ini bisa dikarenakan labioskizis (bibir sumbing) dan palatoskizis (celah pada langit-langit). Kadang juga bisa dikarenakan adanya jaringan yang menghubungkan bawah lidah dengan dasar mulut yang menarik lidah ke bawah. Jika ini terjadi, maka jaringan tersebut harus dipotong, sehingga lidah bisa bergerak dengan bebas. 

Gangguan Bicara Gagap

Untuk gangguan bicara karena gagap, biasanya disebabkan faktor kejiwaan, sehingga pendekatan pengobatan juga dilakukan dengan terapi kejiwaan. Umumnya anak laki-laki lebih sering dibandingkan dengan anak perempuan dengan perbandingan 4:1. Gangguan bicara juga sering disebabkan kurangnya latihan dan stimulasi dari lingkungan, seperti pengasuhnya yang pendiam, lingkungan yang banyak menggunakan bahasa, sehingga anak menjadi bingung. 


Penanganan Gangguan Bicara
Ketika seorang anak terdeteksi mengalami gangguan, sebaiknya orang tua segera memeriksakan ke dokter untuk diberikan pengobatan dan terapi yang sesuai dengan penyebabnya. Jika ada gangguan anatomi, maka bisa dikoreksi dengan operasi ataupun dengan melakukan terapi psikologis lainnya. 

Keterlambatan penanganan pada anak yang mengalami gangguan ini hingga usia anak tiga tahun, maka pengobatan akan lebih sulit. Hal ini disebabkan karena di atas usia tiga tahun, perkembangan otak anak relatif berhenti, sehingga lebih sulit diperbaiki. Oleh karena itu, mengetahui gejala-gejala gangguan bicara sejak dini sangat penting dalam membantu pengobatan gangguan bicara. 

Pencegahan Gangguan Bicara

Gangguan bicara ini juga bisa dicegah dengan memperhatikan kesehatan bayi melalui kecukupan gizi yang baik, mencegah anak terkena penyakit, melakukan imunisasi, deteksi dan stimulasi tumbuh kembang anak, terutama sejak usia 6 bulan hingga tiga tahun. 

Patokan kelainan bicara dan bahasa pada anak

Di bawah ini ada panduan yang bisa dijadikan patokan adanya kelainan gangguan bicara dan bahasa pada anak. Hubungi dokter anak anda bila dicurigai adanya gangguan perkembangan kemampuan bahasa pada anak, kalau diketemukan gejala-gejala sebagai berikut: 
  1. Usia 6 bulan: anak tidak mampu memalingkan mata serta kepalanya terhadap suara yang datang dari belakang atau samping. 
  2. Usia 10 bulan: anak tidak memberi reaksi terhadap panggilan namanya sendiri. 
  3. Usia 15 bulan: tidak mengerti dan memberi reaksi terhadap kata-kata jangan, da-da, dan sebagainya. 
  4. Usia 18 bulan: tidak dapat menyebut sepuluh kata tunggal. 
  5. Usia 21 bulan: tidak memberi reaksi terhadap perintah (misalnya duduk, kemari, berdiri). 
  6. Usia 24 bulan: tidak dapat menyebut bagian-bagian tubuh. 
  7. Usia 24 bulan: belum mampu mengetengahkan ungkapan yang terdiri dari 2 buah kata. 
  8. Usia 24 bulan: hanya mempunyai perbendaharaan kata yang sangat sedikit atau tidak mempunyai kata - kata huruf z pada frase. 
  9. Usia 30 bulan: ucapannya tidak dapat dimengerti oleh anggota keluarga. 
  10. Usia 36 bulan: belum dapat mempergunakan kalimat-kalimat sederhana. 
  11. Usia 36 bulan: tidak bisa bertanya dengan menggunakan kalimat tanya yang sederhana, serta ucapannya tidak dimengerti oleh orang di luar keluarganya. 
  12. Usia 3,5 tahun: selalu gagal untuk menyebutkan kata akhir (ca untuk cat, ba untuk ban dan lain-lain ). 
  13. Setelah usia 4 tahun tidak lancar berbicara (gagap). 
  14. Setelah usia 7 tahun masih ada kesalahan ucapan. 
  15. Pada usia berapa saja terdapat hipernasalitas atau hiponasalitas (sengau/bindeng) yang nyata atau mempunyai suara yang monoton tanpa berhenti, sangat keras dan tidak dapat didengar serta terus menerus memperdengarkan suara serak. 
  16. Perhatikan pengucapan. Ketika seorang anak menderita gangguan bicara, ia biasanya tidak mampu untuk mengucapkan sesuatu dengan jelas. Jika anak bercerita, perhatikan apakah dia mengalami kesulitan yang berkaitan cara menyusun struktur kalimat umum. 

Bicara dengan pendidik. Cara yang baik untuk mengidentifikasi apakah seorang anak memiliki gangguan bicara adalah berbicara dengan gurunya di sekolah. Seorang guru biasanya memiliki perhatian tentang hal ini. 

Seseorang dengan gangguan bicara cukup parah mungkin mengalami kesulitan menelan. Berkedip berlebihan juga bisa menjadi tanda-tanda atau indikator seorang anak mengalami gangguan berbicara.

Sumber : Jalurilmu

Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool