Assalamu'alaikum.... ^_^ Contoh Lembar Kerja : Menentukan Strategi Pelaksanaan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak

Contoh Lembar Kerja : Menentukan Strategi Pelaksanaan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak

Contoh Lembar Kerja : Menentukan Strategi Pelaksanaan Deteksi Dini  Tumbuh Kembang Anak
1. Tujuan
Setelah peserta mempelajari materi tentang strategi pelaksanaan deteksi dini tumbuh kembang anak, peserta diharapkan mampu:
  1. Menyusun langkah-langkah pelaksanaan deteksi dini tumbuh kembang anak
  2. Melakukan penanganan terhadap anak yang mengalami permasalahan perkembangan


2. Langkah kerja
  1. Peserta dibagi menjadi 6 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang.
  2. Membacakan contoh kasus berikut ini bersama-sama dalam kelompok, kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan Anda untuk menentukan stategi pelaksanaan deteksi dini tumbuh kembang terhadap anak yang mengalami permasalahan pada contoh kasus tersebut!
  3. Membuat langkah-langkah untuk melaksanakan deteksi dini tumbuh kembang anak terkait kasus 1 dan kasus 2 tersebut
  4. Menentukan penanganan atau intervensi yang harus dilakukan dalam menghadapi kasus 1 dan kasus 2 tersebut

Kasus 1
Anak usia TK berinisial S, dari hasil pengamatan pendidik adalah anak yang pendiam dan sulit diajak bekerjasama dengan temannya dalam bermain kelompok atau menyelesaikan tugas secara bersama-sama. Reaksi yang muncul adalah anak akan diam atau cenderung untuk menarik diri dari lingkungan sosialnya. Begitupun pada aktivitas di luar kelas, terlihat menyendiri dan asyik dengan mainan yang cenderung selalu dilakukannya sendiri.

Kasus 2
Pada suatu hari, di sekolah TK A terjadi peristiwa di mana ada seorang anak tidak mendapatkan mainan yang diinginkannya karena selalu direbut oleh anak yang lain. Tiba-tiba anak tersebut menjerit dan menangis tiada henti sambil melemparkan barang-barang yang ada di dekatnya, kemudian berguling-guling dilantai. Para pendidik berusaha membujuk dan menenangkannya. Namun perilaku mengamuk tidak juga mereda, bahkan semakin menjadi-jadi.

Berdasarkan kasus-kasus di atas, sebagai seorang pendidik TK,
  1. Langkah apa yang harus Anda lakukan untuk pelaksanaan deteksi dini tumbuh kembang anak terkait dengan kasus tersebut? Instrumen apa yang Anda gunakan dalam melakukan deteksi tersebut?
  2. Apa yang harus Anda lakukan sebagai seorang pendidik dalam menangani permasalahan tersebut?

Pemecahan Masalah
1. Kasus 1
a. Langkah-langkah yang akan dilakukan untuk memecahkan kasus pada murid S adalah dengan deteksi dini penyimpangan mental emosional. Ini dilakukan untuk mengetahui gangguang perkembangan terkait dengan masalah emosional, autism dan gangguan pemusatan perhatian serta hiperaktivitas guna dapat segera dilakukan intervensi yang tepat sesuai dengan permasalahan murid S secara akurat. 

Ada beberapa pilihan yang dapat digunakan untuk melakukan deteksi dini terhadap penyimpangan mental emosional, diantaranya adalah kuesioner masalah mental emosional, checlist of autism in todler, gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas. Karena murid S tidak menunjukkan kelainan atau gejala autism, maka metode atau instrumen yang digunakan untuk deteksi dini terhadap penyimpangan mental emosional adalah kuesioner masalah mental. emosional. 

b. Tindakan (intervensi)  yang akan dilakukan pendidik kepada murid S adalah selalu menjaga komunikasi dengan baik dengannya. Ajak ia selalu berbicara dan menanyakan kesukaan-kesukaannya. Ciptakan permainan-permaianan kreatif yang membutuhkan kerja kelompok untuk membuat murid S terlibat. Cari tahu apa yang paling disukai murid S ketika berbicara dengannya dengan penuh pengertian dan perhatian serta kesabaran. Selain itu, saling bekerjasama dengan orang tua akan lebih membantu. Pendidik akan menanyakan kesukaan S dan bertanya pula penyimpangan-penyimpangan yang murid S miliki untuk membantu penyelesaian masalah. Dan apabila hasil deteksi dini penunjukkan hasil yang tidak baik, maka pendidik akan mengajurkan orangtua murid S untuk mengkonsultasikan kondisi anaknya ke bagian psikologi. 

2. Kasus 2
Pada kasus dua, anak tersebut mengalami permasalahan psiko-sosial yaitu keadaan di mana ia mengalami permasalahan pada psiskisnya dan juga pada kemampuannya dalam membangun interaksi dengan lingkungannya, terutama teman sebaya. Tepatnya, masalah yang dihadapi anak tersebut adalah Temper Tantrum, yaitu luapan emosi yang meledak-ledak dan tidak terkontrol. Salah satu penyebabnya adalah anak tidak mampu mengungkapkan perasaannya dengan kata-kata atau pun ekspresi yang diinginkannya, sehingga anak mengalami frustasi atas keadaannya. 

Intervensi yang akan dilakukan pendidik untuk menangangani masalah ini adalah :
  1. Pencegahan dengan mengenali kebiasaan-kebiasaan anak, mengetahui secara pasti pada kondisi-kondisi seperti apa munculnya tantrum, serta mengatur pola asuh dan pola didik yang baik bagi orang tua dan pendidik.
  2. Pendidik akan memastikan segalanya aman ketika tantrum terjadi. Selain itu, pendidik juga harus memastikan bahwa orang tua tetap tenang dan berusaha menjaga emosinya sendiri dengan cara memberitahukan cara menghadapi anak tantrum kepada mereka. Bila perilaku tantrum dari menit ke menit semakin parah, maka pendidik dan juga orang tua harus memperlakukan anak dengan penuh rasa cinta. 
  3. Jangan pernah memberikan hukuman kepada anak bila tantrum telah berlalu, sebaliknya, pendidik akan memberikan rasa aman dan cinta. Dalam kasus ini, pendidik akan memberikan pengertian kepada murid yang lain untuk bisa bermain bersama-sama atau secara bergantian. 
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool