Assalamu'alaikum.... ^_^ Penyakit Orang Kurus

Penyakit Orang Kurus

Penyakit Orang Kurus
Ada anggapan yang menyatakan bahwa tubuh gemuk lebih mudah terkena penyakit, namun sebenarnya anggapan tersebut sangat meleset. Banyak hasil penelitian yang menemukan bahwa orang kurus juga rentan terhadap penyakit. Seperti hasil dari penelitian terbaru dari Prancis yang menyatakan bahwa seseorang dengan tubuh kurus akan berisiko terkena kanker usus besar, meski selama ini kanker usus besar lebih banyak ditemukan pada mereka yang gemuk.

Dilansir dari laman Cheat Sheet, berikut ada beberapa masalah kesehatan yang timbul bagi orang-orang dengan tubuh kurus, yaitu sebagai berikut:  

1. Gangguan hati

Tubuh yang memiliki tinggi badan dengan berat badan tidak proporsional atau terlalu kurus akan membuat tubuh memecah organ hati agar pasokan energi tetap terjaga. Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan kalori. Selain itu, kondisi tubuh yang kecil juga memicu kondisi jantung abnormal, ini disebabkan karena jantung memompa darah terlalu cepat atau mungkin terlalu lambat, membuat detak jantung menjadi abnormal. Menurut American Heart Association, kondisi ini akan menyebabkan kerusakan otak atau paru-paru.

2. Pikun

Hasil riset menyatakan bahwa mereka yang terlalu kurus atau BMI-nya di bawah 20 kg/m2 di usia 40-an dan 50-an tahun, beresiko 34% lebih tinggi untuk mengalami demensia atau pikun di kemudian hari. Hasil penelitian lainnya mengungkapkan bahwa orang yang terlalu kurus akan cenderung kekurangan vitamin D dan E. Dua vitamin ini berfungsi untuk menutrisi otak. 

3. Tulang lemah

BMI yang rendah dapat menimbulkan penyakit osteoporosis. Meski penyakit ini dianggap sebagai penyakit orang tua, namun dikecualikan pada orang yang terlalu kurus. Dibandingkan dengan orang dengan berat badan normal, orang kurus lebih rentan terhadap masalah kepadatan tulang. 

4. Kelebihan kolesterol

Penyakit Orang Kurus
Kondisi hiperkolesterolemia atau kelebihan kolesterol tak hanya menyerang orang gemuk saja, tetapi juga orang kurus, terutama yang gemar memakan makanan tak sehat dan juga jarang berolah raga. Seorang dokter ahli jantung, Dr. Antonia Anna Lukita, SpJP-FIKA menegaskan bahwa risiko kelebihan kolesterol lebih besar dipengaruhi oleh pola makan ketimbang genetik dan berat badan.

5. Masalah kesuburan

Masalah kesuburan kerap kali menjadi problema bagi pria yang kurus. Sebuah penelitian di Denmark, menyatakan bahwa lebih dari 5.000 orang mengungkapkan pria dengan BMI rendah lebih berisiko mengalami masalah seksual, termasuk disfungsi ereksi, jika dibandingkan dengan berat badan normal.

6. Depresi

Hasil dari penelitian yang dilakukan di VU University Amsterdam menunjukkan bahwa seseorang yang kurus dan yang obesitas sama-sama lebih berisiko mengalami depresi ketimbang orang dengan berat badan normal. Bahkan orang dengan BMI rendah, lebih berdampak untuk mengalami gangguan mental.

7. Anemia

Anemia adalah ketidakcukupan nutrisi terutama zat besi yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan hemoglobin. Hemoglobin adalah bagian dari sel darah merah yang berguna untuk membantu transportasi oksigen ke seluruh tubuh. Tubuh akan lemas, lesu, lunglai dan letih bila terkena Anemia.

8. Serangan jantung

Dokter Raja Adil C Siregar, MM, SpJP dari RS Bethsaid mengutarakan bahwa orang yang mengalami serangan jantung belum tentu gemuk. Ia bercerita, "Ada seorang pasien yang terkena serangan jantung namun bertubuh sangat kurus. Dan ternyata ia memiliki pola hidup yang tidak sehat seperti perokok aktif dan mengonsumsi makanan pantangan."

9. Diabetes

Sebenarnya diabetes bisa terjadi pada siapa pun, baik yang kurus maupun gemuk. Namun ada perbedaan yang mencolok antara pasien diabetes di Asia dan Eropa. Ternyata pasien diabetes di Asia rata-rata bertubuh kurus dan berat badannya normal. Itu adalah penegasan dari Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof. Sidartawan Soegondo.

Jika diabetes kebanyakan disebabkan produksi insulin berlebih, pada pasien Asia justru terjadi defisiensi insulin. Ini kebalikannya, jadi insulinnya mungkin kerjanya normal, tapi jumlahnya sangat sedikit, jadinya tidak mampu mengolah seluruh gula dalam darah, yang menyebabkan gula darahnya tinggi.

Riset lain yang dilakukan di AS juga mengungkap, pasien diabetes yang kurus atau memiliki berat badan normal berisiko meninggal dua kali lebih besar dibanding orang yang mengalami kelebihan berat badan.

10. Infeksi paru-paru

Sebuah riset yang dilakukan di AS mengungkap, perempuan bertubuh tinggi dan kurus rentan terhadap nontuberculous mycobacteria (NTM). Bakteri ini biasanya menyerang kulit maupun bagian tubuh lain, tetapi paling sering menginfeksi paru-paru.

Perlu diketahui bahwa skinny fat yakni orang bertubuh kurus tapi memiliki perut buncit, lebih rentan terhadap penyakit dari obesitas.
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool