Assalamu'alaikum.... ^_^ Penyakit Langka dan Aneh

Penyakit Langka dan Aneh

Penyakit Langka dan Aneh
Penyakit adalah suatu kedaan yang sangat dibenci oleh semua makhluk hidup. Bagaimana tidak? Ketika sakit semua aktifitas akan terganggu, dan semua kenikmatan akan menjadi tak terasa. Oleh sebab itu, jagalah kebugaran tubuh Anda agar terus sehat. Kesehatan adalah aset yang sangat berharga untuk masa depan Anda, terutama masa tua yang selalu dihinggapi oleh banyak problema kesehatan. 

Tapi, bagaimana bila penyakit yang tidak pernah kita sangka-sangka, bahkan tak pernah kita lihat sebelumnya menimpa kita? Bukan hanya itu, bahka para medis pun tidak pernah melihatnya dan tidak tahu pula apa penyebabnya. Jalan satu-satunya adalah menumbuhkan nilai positif dan menebalkan keimanan kepada kuasa Tuhan adalah jalan yang terbaik untuk menyikapinya. Dengan begitu, pasti ada solusi terbaik untuk dijalani. 

Seperti beberapa penyakit di bawah ini yang harus Anda ketahui. Ini adalah bentuk kuasa Tuhan yang membuat kita merinding. Penyakit-penyakit di bawah ini adalah kejadian langka yang bisa dikatakan tidak pernah kita lihat sebelumnya. Semoga kita tidak pernah mengalaminya. Amin. 


1. Microcephaly (mikrosefali)

Penyakit ini menyerang 1 di antara 666.666 penduduk di Amerika Serikat. Munculnya microsephaly dapat diketahui sejak dalam kandungan, ketika otak janin tidak dapat tumbuh berkembang dengan baik atau normal. Sehingga ketika bayi dilahirkan akan memiliki bentuk kepala lebih kecil dibandingkan dengan tubuhnya, dalam lain kasus sering juga ditemukan kepala yang lebih besar dari tubuh. Kepala yang besar disebut dengan makrosefali. Dan pada masa kini, penyakit ini adalah ancaman yang sangat besar bagi orang tua, atau wanita yang sedang hamil. Itu disebabkan oleh mewabahnya virus Zika yang ternyata juga dapat ditularkan melalui pasangan seksual. Virus Zika ditularkan oleh nyamuk yang telah menggigit penderita Zika. Ketika nyamuk ini menggigit ibu hamil, maka janinnya akan lahir dalam keadaan mikrosefali. 

Rata-rata para penderita penyakit Microcephaly akan mengalami keterbelakangan mental, hiperaktif, kekerdilan bentuk tubuh yang tidak seimbang dengan anatomi tubuh lainnya, sering kejang mendadak, kesulitan berbicara dan tidak berfungsinya sensor motorik (saraf motorik).

2. Penyakit Fields

Penyakit ini pertama sekali muncul dan diderita oleh dua gadis kembar asal Wales yang bernama Catrine dan Bidang Kirstie. Penyebab pasti penyakit ini tidak diketahui, namun kebanyakan kasus diderita oleh wanita kembar. Dunia medis mengenal penyakit ini dengan istilah neuromuskular. Menurut para dokter dan ahli, penyakit satu ini menyerang dan merusak pada sistem gerak otot. Itu akan menyebabkan penderitanya tidak bisa bergerak dengan bebas. Dan bahkan mereka bisa mengalami kelumpuhan.

3. Kuru

Kuru disebut juga dengan penyakit sapi gila. Ini adalah penyakit yang disebabkan oleh kelainan sistem saraf. Pada tahun 1960, penyakit ini banyak ditemukan di Papua Nugini yang pada saat itu penduduk di sana banyak sekali melakukan praktik kanibalisme untuk ritual aneh. Dikutip dari Journal of Epidemiology, penyakit ini memiliki gejala khas yaitu lengan dan kaki sakit, sulit berjalan, sistem koordinasi yang menurun, sulit menelan, dan tubuh gemetar akibat getaran otot (tremor). Selain itu, tanpa disadari hal ini dapat menyebabkan penderitanya terus merasakan kelaparan dan kekurangan gizi. Rata-rata masa inkubasi 10-13 tahun, tapi masa inkubasi 30 tahun atau lebih juga pernah terjadi.

4. Von-Hippel-Lindau (VHL)

VHL mirip dengan tumor jinak, tetapi tumor tersebut menyerang ke berbagai organ tubuh manusia. Mulai dari saraf, otak, ginjal, dan masih banyak lagi. Dalam dunia medis VHL disebut sebagai penyakit hemangioblastomas. Munculnya penyakit ini disebabkan karena adanya gangguan pada pembuluh darah. Apabila tidak diatasi, VHL dapat menyebabkan kematian mendadak bagi penderitanya. Kendati demikian, penyakit ini menyerang 1 dari 35.000 orang, tetapi kita tetap harus waspada. Harus mengenali gejalanya dengan teliti supaya dapat mengatasi penyakit langka ini.

5. Progeria Hutchinson Gilford

Penyakit Langka dan AnehPenyakit ini bisa dibilang tidak berbahaya, karena angka kematian yang disebabkan oleh penyakit ini hanya sedikit. Tapi, apabila terkena ini akan sangat berefek bagi penderita dan juga psikis keluarganya. Hal itu karena progeria dapat menyebabkan seorang anak kecil terlihat lebih tua dari usianya. Kondisi ini mungkin akan membuat sang ibu dan juga anaknya kelak menjadi malu.

Tanda penyakit ini bisa dilihat sejak anak lahir. Biasanya anak tersebut akan mengalami penyusutan otot wajah, berat badan menurun drastis, dan rambut rontok.

6. Epidermodysplasia Verruciformis (manusia pohon)

Penyakit Langka dan AnehEpidermodysplasia verruciformis bisa dikatakan Penyakit paling aneh dan menakutkan dibandingkan dengan yang lain. Penyakit ini akan menyebabkan tubuh manusia mengeluarkan ranting-ranting pohon. Apabila ranting tersebut tidak dioperasi secara rutin, maka akan tumbuh menjadi lebat dan membahayakan si penderita. Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki warga sebagai penderita penyakit ini. Biasanya masyarakat sering menyebutnya dengan manusia pohon. Bahkan si penderita ini sering masuk TV karena penyakit anehnya. 

7. Fibrodysplasia Ossificans Progressiva (FOP)

Angka perbandingan orang terjangkit penyakit FOP ini  sangat kecil yaitu 1 dari 2 juta orang. Penyakit ini mempengaruhi jaringan ikat. Lebih dari 700 kasus FOP ditemukan di seluruh dunia, para penderitanya memiliki jaringan berserat seperti otot, ligamen dan tendon menjadi kaku sampai menyebabkan dalaman tulang menjadi rusak. Seperti tumbuhnya tulang dalam otot dan tendon di seluruh tubuh.

Gejala paling mudah dikenali pada orang yang menderita FOP ini ialah biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir seperti malformasi jempol kaki ataupun tangan. FOP belum ditemukan obatnya sampai sekarang, hanya operasi bedah pembetulan (pelurusan) bentuk tulang yang dirasakan cukup efektif. Karena bila tidak dioperasi penderitanya tidak bisa menggerakkan anggota tubuhnya karena sudah mengeras seperti patung.

8. Zoonosis

Penyakit ini termasuk kedalam alergi berat. Munculnya penyakit zoonosis disebabkan karena gigitan serangga kecil mirip seperti nyamuk. Serangga tersebut diketahui bernama sandfly. Meskipun serangganya kecil, namun jika mengigit tubuh manusia akan meninggalkan sebuah bekas yang sangat menjijikan. Selain serangga, Zoonosis juga disebabkan dari Bakteri, Virus, Parasit dan Richetsia.

Tidak hanya manusia yang bisa terjangkit penyakit ini, wabah zoonosis juga sering menyerang hewan-hewan ternak. Di Indonesia sendiri penyakit Zoonosis ini juga bisa disebut sebagai biang keladi penyakit Antraks, Pes, Taeniasis, Japanese Enchaphalitis, Sars dan Toxoplasmosis. Sahabat kejadiananeh.com itulah Informasi 8 penyakit aneh menakutkan yang bikin merinding. Semoga cukup bermanfaat untuk menambah wawasan Anda seputar dunia kesehatan.

9. Alien Hand Syndrom (AHS)

Bahasa indonesianya adalah Sindrom tangan Alien. Penyakit sangat langka, dan seperti penyakit yang telah disebutkan di atas, sangat jarang ditemui. Jika seseorang terserang sindrom ini, maka tangan mereka akan bergerak dengan sendirinya di luar kendali tanpa diperintah oleh otak. Ini terjadi karena stroke yang terjadi pada otak kanan, sehingga mengakibatkan penderitanya tidak dapat mengendalikan tangannya sendiri. Selain itu, gangguan ini juga dikaitkan dengan adanya kelainan psikologis.

10. Trimethylaminuria

Ini adalah sindrom yang menyebabkan penderitanya berbau seperti ikan. Mulai dari bau keringat, urin hingga bau nafas pun sangat menyengat seperti bau ikan. Penyakit Trimethylaminuria adalah penyakit yang disebabkan oleh gen yang bernama FMO3. Selain itu, penyakit ini juga bisa disebabkan oleh kelebihan protein saat diet atau peningkatan jumlah bakteri pada saluran cerna. Karena salah satu penyebabnya adalah gen, jangan heran bila penyakit ini bisa diturunkan dari orang tua ke anak-anaknya.

11. Hypertrichosis

Penyakit Langka dan Aneh
Hypertrichosis disebut juga sindrom manusia serigala. Ini karena penderitanya akan tumbuh rambut secara berlebihan di sekujur tubuh atau hanya pada bagian tertentu. Menurut para ahli, penyakit ini karena kesalahan genetik saat lahir atau karena faktor eksternal seperti efek samping obat-obatan, kanker dan gangguan makan, yang akhirnya membuat rambut tumbuh di tempat-tempat yang tidak semestinya. Dan yang pasti pertumbuhannya tidak wajar, sehingga menutupi permukaan tubuh yang membuat penderitanya tampak seperti manusia serigala.

12. Sindrom Cotard

Penyakit Langka dan AnehPenyakit ini disebut juga penyakit mayat berjalan. Hal tersebut karena penderitanya merasa seolah-olah dirinya telah mati. Penderita sindrom ini mengalami kelainan neuropsikiatrik yang jarang sekali dijumpai. Penderita akan merasa bahwa dirinya telah mati, berada di akhirat dan kuburan adalah tempat yang pantas untuknya.

Tak hanya itu, penderita juga merasa dirinya membusuk seperti mayat, padahal tidak ada sesuatu apa pun yang terjadi pada tubuhnya. Penyakit Sindrom Cotard ternyata dikaitkan dengan gangguan schizophrenia dan gangguan bipolar. Penyakit ini dapat dipicu dari gangguan mental atau gangguan parah karena cidera otak.
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool