Assalamu'alaikum.... ^_^ Keajaiban Soda Kue untuk Kesehatan

Keajaiban Soda Kue untuk Kesehatan

Keajaiban Soda Kue untuk Kesehatan
Ajaib adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan sesuatu hal yang sangat luar biasa dan hal tersebut hampir mustahil terjadi. Seperti soda kue, siapa tahu bahwa ternyata bahan kue yang murah ini, sangat tak asing bagi kita, terutama ibu-ibu, adalah obat ajaib yang berguna untuk banyak keluhan penyakit. 

Keajaiban tentang baking soda atau soda kue ini dipaparkan oleh Dr. Joseph Mercola dari Amerika. Ia mengungkapkan bahwa bahan dapur yang berfungsi untuk memanggang dan membersihkan ini mampu untuk menyembuhkan sakit flu, demam, asam lambung, membersihkan dan memutihkan gigi, rendam kaki, mandi detoksi spa, obat gigit serangga dan masih banyak lagi keluhan yang dapat disembuhkan dengan obat alamiah ini. Ini benar-benar dapat menjadi alternatif pengobatan bagi mereka yang gemar terhadap obat-obatan tradisional/alamiah. Dr. Joseph Mercola menulis beberapa resep ajaib mengenai penggunaan baking soda untuk terapi di web www.mercola.com, sebuah situs kesehatan dunia nomor satu di dunia. 

Sebelum kita bahas bagaimana pengobatan dengan baking soda, ada baiknya kita sedikit menambah wawasan tentang obat alamiah ini dengan mempelajari secuil dari sejarahnya. 

Keajaiban Soda Kue untuk KesehatanDalam bentuk alami, soda kue ini dikenal dengan nama nahcolite yang merupakan bagian dari mineral natron alamiah. Natron ini mengandung banyak sekali natrium bikarbonat, suatu zat yang telah digunakan sejak zaman dahulu kala. Pada masa itu, masyarakat Mesir menggunakan natron untuk sabun dengan maksud membersihkan bagian yang dikehendaki. Kemudian, laporan anekdot sepanjang sejarah menyatakan bahwa banyak peradaban di muka bumi ini telah menggunakan baking soda untuk membuat roti dan makanan ringan lainnya agar mekar/mengembang.

Sebelum tiba tahun 1846, Dr. Austin Church dan Dwight Jhon sudah mulai memproduksi dan menjual senyawa baking soda seperti yang telah sampai pada tangan kita hari ini. Dan pada tahun 1860-an, baking soda telah menjadi fitur dalam buku masak yang diterbitkan. Kemudian mulai diiklankan pada 1972, sehingga soda pun semakin populer untuk bahan kue. Yang mempopularkannya adalah Arm dan Hammer. 

Berikut ini adalah beberapa keajaiban baking soda yang dapat dipraktikkan di rumah sesuai dengan masalah kesehatan yang dihadapi, yaitu:

1. Membantu Menyembuhkan pilek, demam dan flu

Ada kepercayaan bahwa baking soda dapat membantu dalam menjaga pH dalam aliran darah. Inilah alasan mengapa baking soda berguna untuk mengatasi pilek dan flu. Sebuah booklet yang berjudul “Baking Soda Arm & Hammer Penggunaan Medis’, yang diterbitkan pada 1924 oleh Dr. S. Volney Chesey, di dalam booklet tersebut ia menceritakan tentang keberhasilan penggunaan natrium bikarbonat untuk mengobati flu. Cara penggunaan untuk flu adalah larutkan baking soda dalam segelas air dingin kemudian minumlah. Untuk dosisnya yaitu:

Hari 1 : Ambil enam dosis ½ sendok teh baking soda dalam segelas air dingin, dengan interval (jarak waktu berselang) sekitar dua jam.

Hari 2: Ambil empat dosis ½ sendok teh baking soda dalam segelas air dingin, dengan interval dua jam .

Hari 3: Ambil dua dosis ½ sendok teh baking soda dalam segelas air dingin pagi dan sore hari, dan setelah itu ½ sendok teh dalam segelas air dingin setiap pagi sampai hilang gejala demam.

2. Sakit Maag

Dr. Marcola bahkan merekomendasikan ini kepada banyak orang termasuk anggota keluarganya. Dan betapa ajaibnya, ternyata cara ini sangat manjur. Hal ini wajar, mengingat baking soda dapat menetralisirkan asam lambung. Dosis yang digunakan untuk penyakit maag biasanya 1-2 sendok teh dalam segelas air minum penuh. 

3. Melepaskan benda yang masuk ke dalam kulit

Mungkin Anda pernah mengalami duri kecil masuk ke dalam daging/kulit dan sangat sulit keluar. Ketika kita berusaha mengeluarkan, maka akan terasa rasa sakit yang cukup mampu membuat mulut tak henti memekik kesakitan. Jadi, setelah membaca artikel ini, Anda tak perlu khawatir lagi dengan hal itu. Solusinya adalah cukup dengan tambahkan satu sendok makan baking soda dalam segelas kecil air, lalu rendamkan daerah yang terkena. Lakukan dua kali sehari. Patahan atau benda yang masuk ke kulit akan keluar sendiri setelah beberapa hari. 

4. Luka Bakar Matahari

Tambahkanlah setengah cangkir baking soda ke dalam air mandi dengan suhu ruam-ruam kuku, lalu berendamlah dalam bak mandi. Ketika keluar, biarkan kulit mengering, usahakan tidak perlu mengeringkan dengan handuk. Biarkan ia kering dengan sendirinya. Tambahkan juga baking soda dengan air untuk kompres dingin dan terapkan langsung pada luka bakar matahari.

5. Deodoran Alami

Keren sekali ya, ternyata soda kue juga bisa untuk deodoran? Jadi, jika Anda ingin menghindari paraben dan aluminium dalam deodoran dan antiperspirant, ambillah sejumput baking soda dan campurkan dengan air membentuk pasta. Ini adalah pasta sederhana untuk membuat deodoran alami yang efektif dan manjur.

6. Meningkatkan Kinerja Olahraga (Doping/Perangsang)

Pelari Jarak jauh sudah lama terlibat dalam  praktek nakal yang dikenal sebagai "doping soda"  atau minum kapsul baking soda. Sebelum bertarung untuk meningkatkan kinerja, 3 dosis cukup untuk memompa karbohidrat. Tapi, saya tidak menyarankan Anda melakukan hal ini. Ini hanya pengetahuan bagi Anda mengenai manfaat baking soda. 

7. Penghilang plak gigi dan pasta gusi

Untuk gigi dan gusi sangat efektif, gunakan campuran dengan takaran enam baking soda dan satu takaran garam laut (6 berbanding 1). Masukkan dalam blender selama 30 detik, kemudian tempatkan dalam wadah. Basahi ujung jari telunjuk Anda, ambil sejumlah kecil campuran garam-soda, letakkan pada gusi Anda. Dimulai dengan gusi luar atas dan kemudian bagian dalam atas, diikuti oleh luar bawah gusi kemudian bagian dalam yang lebih rendah, oleskan campuran tersebut ke gigi dan gusi.

Ludahkan kelebihannya. Setelah 15 menit bilaslah mulut Anda. Campuran ini sangat efektif dalam membunuh bakteri.

8. Gigitan serangga

Oleskan pasta yang terbuat dari baking soda dan air untuk luka gigitan serangga guna membantu meringankan gatal. Anda juga dapat mencoba menggosok bubuk kering soda pada kulit. Hal ini juga efektif untuk ruam gatal dan poison ivy.

9. Pemutih Gigi

Ini adalah cara alami untuk memutihkan gigi. Remukkanlah satu buah stroberi matang dan campurkan dengan 1/2 sendok teh baking soda. Oleskan campuran tersebut ke gigi Anda dan diamkan selama lima menit. Setelah itu, sikatlah gigi dan berkumur. Metode ini harus digunakan tidak lebih dari sekali seminggu, karena penggunaan yang berlebihan berpotensi merusak email gigi Anda.

10. Rendam Kaki 

Tambahkan tiga sendok makan baking soda ke bak air hangat untuk merendam kaki agar menyegarkan.

11. Exfoliator (pembersih kulit)

Buatlan pasta dengan  cara mengkombinasikan tiga bagian baking soda  dengan 1 bagian air. Gunakanlah sebagai exfoliator untuk wajah dan tubuh. Ini adalah cara yang murah dan cukup lembut untuk digunakan setiap hari.

12. Detox bath (mandi detoksi)

Baking soda dan sari apel dapat membuat bak serupa mandi spa yang indah untuk merendam dan menghilangkan sakit, nyeri dan detoksifikasi (pelenyapan racun tubuh). Selain itu, kegiatan ini juga akan membersihkan bak mandi Anda. Jadi, cukup bermanfaatkan, kan? 
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool