Assalamu'alaikum.... ^_^ Jamur yang Bahaya untuk Kesehatan

Jamur yang Bahaya untuk Kesehatan

Jamur yang Bahaya untuk Kesehatan
Jamur adalah tipe makanan yang menurut saya sangat lezat dan membuat ketagihan. Makanan lezat ini dapat diolah dengan baragam cara, seperti digoreng, ditumis, dijadikan sate, bahan campuran nasi goreng dan yang paling membuat ketagihan adalah jamur krispi. (Jadi teringat masa kuliah dulu, hobi sekali saya beli nasi goreng ayam jamur dan jamur krispi. Jadi curhat :D ) 

Jamur adalah tumbuhan yang tidak memiliki klorofil dan sifatnya heterotrof. Mereka hidup secara alami dengan simbiosis mutualisme, namun belakangan ini jamur dibudidayakan sebagai bahan pangan, sehingga lebih banyak hidup di media tertentu. Meski lezat, saya yakin, Anda pasti sudah tahu bahwa tidak semua jamur itu dapat dikonsumsi karena akan menyebabkan masalah kesehatan bahkan kematian. Seperti yang akan kita bahas sedikit di bawah ini (hanya untuk bahan baca sendiri, sih ^_^ ) 

Dilansir dari laporan environmentalgrafitti.com, ada beberapa jenis jamur yang sebaiknya tidak dikonsumsi karena mengandung racun. Anda pasti juga sudah tahu bahwa racun itu adalah pisau yang dapat membocorkan jantung Anda, alias memanggil malaikat maut untuk mencabut nyawa Anda. Jadi, kenalilah jamur-jamur dibawah ini untuk menghindari kesalahan konsumsi yang berujung pada kematian.

1. Jamur Conocybe

Jamur yang Bahaya untuk KesehatanJamur Conocybe atau dikenal juga dengan nama Pholiotina filaris. Jenis ini tersebar di Amerika, tumbuh di antara rerumputan. Warnanya cokelat dan bentuknya seperti jamur pada umumnya, Ada seperti ikat pinggang yang menghiasi batangnya. Seringkali orang salah mengenalinya sebagai Psilocybe. Jamur conocybe adalah jamur yang berbahaya karena mengandung racun yang dapat membunuh seseorang apabila dimakan. Tak peduli dengan cara apakah ia diolah, racunnya sangat mematikan.

2. Jamur Topi

Jamur yang Bahaya untuk KesehatanNama ini digunakan karena jamur ini sangat mirip seperti topi, terkadang tumbuh tunggal atau berkelompok. Bentuk jamur ini sangat cantik dan cukup padat pula. Tumbuh di benua Eropa dan Asia. Terkadang orang salah mengenalnya, mengira ia adalah jamur merang yang tak beracun. Sekalipun dibekukan, dikeringkan atau direbus, racun pada jamur ini tidak berkurang sama sekali. Apabila salah petik dan memasak, maka akan menyebabkan kematian.

3. Jamur Galerina

Jamur yang Bahaya untuk KesehatanJamur ini berasal dari keluarga saprobic, bentuknya sangat cantik. Ukuran dan bentuk sama seperti jamur pada umumnya, tetapi khasiat racunnya amat bahaya. Apabila dikonsumsi, dengan sekejap racun yang bernama a-amanitin akan merusak liver, ginjal serta sistem syaraf pusat di otak. Alhasil, akan muncul kematian mendadak dan nyaris tak terduga penyebabnya.

4. Jamur Morel

Jamur yang Bahaya untuk KesehatanNama lain adalah  jamur sponge karena bentuknya seperti sponge atau koral laut. Jamur ini berasal dari keluarga Gyromitra, warnanya cokelat pekat dan biasa tumbuh di batang kayu yang sudah lapuk atau sangat lembab. Jamur ini mengandung MMH atau Mono Methyl Hydrazine. Kabarnya zat tersebut dapat menyebabkan rasa mual, pusing, serta diare. Jamur ini juga dicurigai mengandung zat karsinogen yang dapat menyebabkan kanker. Pada beberapa kasus yang tidak tertolong, mereka yang mengonsumsinya bisa meninggal dunia.

5. Jamur Destroying angel

Jamur yang Bahaya untuk KesehatanWarnanya sangat putih, bersih dan mempesona, sampai disebut sebagai jamur malaikat. Namun setelah diketahui bahwa ia beracun, maka orang-orang kerap menyebutnya sebagai destroying angel. Ia tumbuh nyaris di seluruh dunia, dengan kandungan racun yang disebut amatoxins. Setelah mengonsumsi jamur ini, liver dan ginjal akan mengalami kerusakan dalam beberapa waktu yang singkat. Dan beberapa jam kemudian, orang tersebut akan meninggal.

Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool