Assalamu'alaikum.... ^_^ Belajar Menulis Dialog Terputus

Belajar Menulis Dialog Terputus

Belajar Menulis Dialog Terputus
Unsur yang tak kalah penting dalam sebuah naskah fiksi adalah dialog. Dialog akan memberikan petunjuk yang lebih jelas mengenai tokoh-tokoh dalam cerita. Beberapa penulis seperti Ernest Hemingway atau Raymond Carver, sangat mengandalkan dialog, namun penulis-penulis lain lebih jarang menggunakannya.

Tapi, bolehkah kita menulis dialog semau kita, atau seperti bahasa kita sendiri? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus memahami dulu bagaimana memberi tanda baca pada dialog tersebut dan kaidah yang sebenarnya. Menurut saya, bisa saja kita menulis dengan bahasa kita sendiri, tapi tetap saja harus mengikuti aturan yang ada, karena hal tersebut akan menandakan profesionalnya seseorang.

Tapi saya tidak akan membahas bagaimana penulisan dialog yang benar atau salah di sini. Saya akan berbagi ilmu yang beberapa waktu lalu pernah sedikit membingungkan saya: yaitu ilmu membuat dialog agar terkesan lebih nyata, lebih hidup pada dialog yang terputus (dipotong). 

Dialog
Memberi tanda baca pada dialog yang terputus. 

Jika Anda sedang menulis dialog di antara dua orang tokoh, agar dialog terkesan lebih nyata, kita perlu menunjukkan bahwa memang orang seringkali saling menunggu giliran untuk berbicara dengan sopan. Kadang memang mereka bisa saja saling memotong kalimat satu sama lain di tengah-tengah pembicaraan, sama seperti dalam situasi nyata. 
Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool