Assalamu'alaikum.... ^_^ Meraup Rupiah dari Media Massa

Meraup Rupiah dari Media Massa

Meraup Rupiah dari Media Massa
aya scabiosa
Media Massa


Kali ini saya akan membagikan informasi tentang beberapa alamat email redaksi koran, majalah, jurnal dan tabloid yang menerima kiriman cerpen, puisi atau esai. Tentunya, bagi kalian yang memiliki hobi menulis, ini adalah  informasi  yang dibutuhkan untuk dapat melayangkan karya kalian ke redaksi yang kalian tuju—dan tentunya kalian akan melihat atas  imbalan atau honor yang ditawarkan; besar atau kecil.


Pada tahap awal, honor harusnya bukanlah sesuatu yang  terlalu Anda pikirkan. Karena untuk dapat lolos ke redaksi yang dikirimkan saja, butuh perjuangan yang lumayan besar. Mengapa tidak? Sebab bukan hanya Anda yang memiliki hobi menulis cerpen, puisi atau esai untuk dapat dimuat disebuh redaksi; bukan tidak mungkin, karya kita adalah karya kesekian dari beberapa banyaknya karya yang telah masuk duluan. Dan bukan pula lantas karya kita dapat dimuat walaupun sudah sampai pada antreannya; tetap tak akan dimuat apabila tidak memenuhi syarat.

Serta bukan mustahil pula karya Anda dapat lolos seleksi dan kemudian akan mendapat reward yang membuat Anda menjadi ketagihan untuk terus mengirim naskah ke sebuah redaksi atau beberapa redaksi sekaligus. Tapi, ingat! Jangan pernah mengirimkan naskah yang sama kepada beberapa penerbit apabila belum ada konfirmasi oleh satu redaksi. Karena apabila secara kebutulan naskah Anda diterima, dan kemudian diterbitkan oleh beberapa redaksi dalam waktu yang bersamaan—atau terbit di redaksi lain setelah sebelumnya pernah terbit di redaksi lainnya lagi—maka, siap-siap Anda akan di black list-kan. Tentunya ini adalah perbuatan yang mencoreng nama baik Anda, sehingga bisa saja Anda tidak dipercayai lagi oleh satu redaksi pun.

1. Kompas
Anda dapat mengirimnya ke alamat email: [email protected], atau [email protected] Honor untuk cerpen adalah Rp. 1.400.000,- (tanpa potong pajak), untuk puisi yaitu Rp. 500.000,- (tanpa potong pajak-referensi Esha Tegar Putra). Dan biasanya, honor sudah ditransfer ke rekening penulis 2-3 hari setelah pemuatan.

2. Koran Tempo
Kirimkanlah ke alamat email: [email protected] Honor untuk cerpen tergantung pada pendek-panjangnya cerita, biasanya adalah Rp. 700.000,-, puisi yaitu Rp. 600. 000,- (pernah juga Rp. 250.000 s/d 700.000, referensi Esha Tegar Putra), ditransfer 2 minggu setelah pemuatan.

3. Jawa Pos
Kirimkan karya Anda ke [email protected] . honor untuk cerpen Rp. 900.000-Rp. 1000.000,- (dipotong pajak), untuk puisi yaitu Rp. 500.000,- (referensi Isbedy Stiawan Zs), ditransfer 1-2 minggu setelah pemuatan.

4. Suara Merdeka
Silahkan kirimkan karya Anda ke alamat email: [email protected] Kirimkan cerpen, puisi, esai sastra, bioadata, dan foto close up Anda. Untuk syarat cerpen, ketikkan dengan maksimal 10.000 karakter termasuk spasi. Honor cerpen yaitu Rp. 300.000 (potong pajak). Honor pusi Rp. 190.000 (tanpa potong pajak). Hubungi redaksi via email/telpon untuk konfirmasi pencairan honor, jangan lupa tanggal pemuatan cerpen. Bisa diambil langsung ke kantor redaksi atau kantor perwakilan redaksi di kota Anda—jika ada.

5. Media Indonesia
[email protected], Anda dapat mengirimkannya ke email tersebut. Atau bisa juga Anda mengirimkan ke [email protected] Ketikkanlah cerpen maksimal 9000 karakter. Honor untuk cerpen yaitu Rp. 500.000 (dipotong pajak, referensi dari Yetti A.Ka, Benni Arnas, Sungging Raga, dkk)

6. Republika
Kirimkanlah karya Anda ke [email protected] Tidak ada pemberitahuan terkait pemuatan oleh redaksi. Redaksi ini sudah lama tidak memuat puisi. Honor cerpen yaitu Rp. 400.000 (potong pajak)—tetapi, pengalaman beberapa penulis, haruslah sabar dalam menagih ke redaksi beberapa kali agar honornya cair; redaksi ini agak susah dalam mencairkan honor.

7. Suara Karya
[email protected] (email terbaru, diinformasikan redaktur di grup CC). Menurut redaktur, honor untuk cerpen yaitu Rp. 250.000 (tanpa potong pajak). Hubungi redaksi via email/telepon untuk konfirmasi pencairan honor, atau Anda bisa mendatangi langsung kantor redaksi.

8. Jurnal Nasional
Kirimkanlah karya Anda ke [email protected], atau [email protected] Honor cerpen Rp. 400.000 (potong pajak). Hubungi redaksi via email/telpon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa diambil langsung ke kantor redaksi.

9. Pikiran Rakyat
[email protected], adalah amalat email yang dapat Anda kirimkan. Untuk honor cerpen yaitu 300rb (potong pajak). Hubungi bagian keuangan via telpon untuk konfirmasi pencairan honor. Konfirmasi pencairan honor yaitu setelah 2-3 hari setelah pemuatan, dan honor akan ditrasfer 2-3 minggu setelah konformasi, atau bisa juga diambil secara langsung ke kantor redaksi.

10. Tribun Jabar
[email protected]@co.id, [email protected] Selain cerpen bahasa indonesia setiap minggu, juga ada cerpen bahasa sunda setiap hari kamis bersambung jumat. Honor cerpen 200rb (tanpa potong pajak). Honor akan ditransfer 3 hari atau 1 minggu setelah dimuat.

11. Kedaulatan Rakyat
[email protected], [email protected], adalah email yang dapat Anda kirimkan. Panjang cerpen maksimal 5000 karakter dengan spasi. Honor cerpen sekitar 400rb.

12. Joglo Semar (yogyakarta)
[email protected], adalah alamat email yang dapat Anda kirimkan. Honor cerpen adalah 100rb. Hubungi redaksi via email/telpon untuk konfirmasi pencairan honor, atau bisa juga Anda mengambilnya langsung ke kantor redaksi.

13. Minggu Pagi (Yogyakarta)
[email protected] , Anda dapat mengirimkan karya Anda ke mari. Terbit seminggu sekali setiap hari jumat. Honor cerpen 150rb. Hubungi redaksi via telpon/email untuk pencairan honor atau Anda bisa datang ke alamat redaksi secara langsung.

14. Radar Surabaya
[email protected], [email protected] Honor cerpen 200rb (potong pajak). Honor akan cair seminggu setelah pemuatan.

15. Lampung Post
Kirimkanlah karya Anda ke [email protected] Menerima cerpen, pusi, esai. Honor cerpen 200rb, puisi kurang lebih 200rb. Honor akan ditransfer paling lambat 1 minggu setelahg pemuatan. Jika belum, silakan emailkan bagian keuangan di [email protected]

16. Padang Ekspres
[email protected], [email protected] Honor cerpen 100rb-125rb. Honor pusi 75rb. Hubungi redaksi via email atau telpon untuk konfirmasi pencairan dana.









Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool