Assalamu'alaikum.... ^_^ Materi Konsep Keperawatan

Materi Konsep Keperawatan

Materi Konsep Keperawatan
1.      Pendahuluan
      Perawatan adalah pelayanan esensial yang diberikan oleh perawat terhadap individu, keluarga dan masyarakat yang mempunyai masalah kesehatan. Berdasarkan ilmu, artinya perawatan harus dilandasi dan menggunakan ilmu perawatan dan kiat keperawatan yang mempelajari bentuk dan sebab tidak terpenuhinya kebutuhan dasar manusia suatu upaya keperawatan dan penyembuhan. Berdasarkan kiat, artinya perawatan lebih difokuskan pada kemampuan perawat untuk memberikan asuhan keperawatan secara komperehensip dengan sentuhan seni.

 Keperawatan adalah bentuk pelayanan profesional sebagai bagian integral pelayan kesehatan yang berdasarkan ilmu dan kiat keperawatan meliputi aspek biologis, psikologis, sosial, dan spiritual yang bersifat kompherensip; ditujukan kepada individu, keluarga dan masyarakat yang sehat maupun yang sakit; mencakup hidup manusia untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal. Keperawatan bersifat kompherensip artinya pelayanan keperawatan bersifat menyeluruh, meliputi aspek “ Manusia biopsiko sosial dan spiritual ”.

Secara umum keperawatan adalah merupakan suatu indentifikasi seni. Istilah seni berarti ketrampilan praktik yang diperoleh melalui pengamatan atau pengalaman.

2.      Pengertian
    Ilmu keperawatan adalah sintesa dari ilmu keperawatan dasar, ilmu keperawatan klinik, ilmu biomedik, ilmu psikologi dan ilmu sosial.

3.       Teori Keperawatan
-          Teori keperawatan (Taylor C. dkk)
Sebagai usaha untuk menguraikan dan menjelaskan berbagai fenomena dalam keperawatan.

-          Teori keperawatan (Steven)
Teori keperawatan berperan dalam membedakan keperawatan dengan disiplin ilmu lain dan bertujuan untuk menggambarkan, menjelaskan, memperkirakan dan mengontrol hasil usaha atau pelayanan keperawatan yang dilakukan.

-          Teori keperawatan (Newman)
   Ada tiga cara pendekatan dalam pengembangan dan pembentukan teori keperawatan yaitu meninjau teori-teori dari disiplin ilmu lain yang relevan dengan tujuan untuk mengintegrasikan teori-teori kedalam ilmu keperawatan, menganalisa situasi praktek keperawatan dalam rangka mencapai konsep yang berkaitan dengan praktek keperawatan, dan menciptakan suatu kerangka konsep yang memungkinkan pengembangan teori keperawatan. 

4.       Proses Keperawatan
Berikut ini adalah pendapat dari beberapa tokoh, yaitu sebagai berikut:
-          Wolf and Weitzel
Proses perawatan adalah serangkaian perbuatan atau tindakan untuk menetapkan, merencanakan dan melaksanakan pelayanan keperawatan dalam rangka membantu klien untuk mencapai dan memelihara kesehatannya secara optimal.

-          Ann Martiner
Proses keperawatan adalah penerapan pemecahan masalah secara ilmiah untuk mengidentifikasi masalah-masalah pasien, merencanakan secara sistematis dan melaksanakannya serta mengevaluasi hasil tindakan keperawatan yang telah dilaksanakan.

-          Malinda Muraray
Proses keperawatan adalah metode kerja dalam pemberian pelayanan keperawatan untuk menganalisa masalah pasien secara sistematis, menentukan cara pemecahannya, tindakan dan mengevaluasi hasil tindakan yang telah dilaksanakan.

-          Yura
Proses keperawatan adalah tindakan yang berurutan, dilakukan secara sistematik, untuk menentukan masalah pasien, membuat perencanaan untuk mengatasinya, melaksanakan rencana itu atau menugaskan orang lain untuk melaksanakannya, dan mengevaluasi keberhasilan secara efektif terhadap masalah yang diatasinya.

-          Herbal
Proses keperawatan adalah metode ilmiah yang digunakan secara sistematik untuk mengkaji dan mendiaknosa status kesehatan pasien, merumuskan masalah yang dicapai, menentukan intervensi dan mengevaluasi ilmu dan hasil asuhan yang dilakukan terhadap pasien.

5.      Karakteristik
a.      Teori keperawatan mengidentifikasikan dan didefinisikan sebagai hubungan yang spesifik dari konsep keperawatan;  seperti hubungan antara konsep manusia, konsep sehat-sakit, keperawatan, dan konsep lingkungan.
b.       Teori keperawatan harus bersifat ilmilah. Artinya teori keperawatan digunakan dengan alasan atau rasional yang jelas dan dikembangkan dengan menggunakan cara berpikir yang logis.
c.       Teori Keperawatan bersifat sederhana dan umum. Artinya teori keperawatan dapat digunakan pada masalah sederhana maupun masalah kesehatan yang komplek sesuai dengan situasi praktek keperawatan.
d.      Teori keperawatan berperan dalam rangka memperkaya body Knowledge keperawatan yang dilakukan melalui penelitian.
e.       Teori keperawatan menjadi pedoman dan berperan dalam memperbaiki praktek keperawatan.

6.      Keperawatan Dasar
     Keperawatan dasar adalah hal yang penting dalam perawatan manusia yang saling berhubungan. Kita setiap harinya berhubungan dengan sesama kita dan bagaimanapun kita akan juga bertanggung jawab terhadap orang-orang yang berada dalam jaringan lingkungan sosial kita yang relatif kecil itu. Kita sendiri kadang-kadang juga tergantung pada orang lain.
   
   Perawatan dasar sebenarnya bersumber pada ‘tugas dasar ketiga dari kemanusiaan’, sebagai manusia yang berada bersama dengan manusia lain. Manusia memperoleh pengalaman dalam pengembangan kepribadiannya, justru karena berhubungan dengan orang lain. Karena perawatan dari orang lain, manusia dapat berkembang dari seorang bayi menjadi orang dewasa.
   
   Perawatan Dasar yang diberikan orang lain terhadap kita, secara perlahan kita pelajari dan mengambil alih untuk kemudian dijadikan perawatan diri. Keterangan selanjutnya dari pengertian ‘Perawatan dasar’ berasal dari Prof. Hattinya Veschure, yaitu semua perawatan yang diberikan dan diterima seseorang dalam batas ‘lingkungan sosial yang kecil dimana individu tersebut termasuk didalamnya, didasarkan pada keinginan membantu satu sama lain’.

   Jadi, syarat perawatan dasar adalah adanya suatu struktur lingkungan sosial yang kecil dan kesediaan untuk melakukan sesuatu bagi mereka.

7.      Karakteristik Keperawatan Dasar
Kita bertolak dari penjelasan Prof. Hattinya Veschure :
a.       Perawatan dasar mengarah pada keinginan untuk merawat orang lain. Dalam perawatan dasar terdapat kesediaan untuk membantu atau dibantu, yang berarti bahwa secara prinsip orang bersedia memberi bantuan sebagai umpan balik atas bantuan (Perawatan dasar) yang telah disediakan.
b.      Orang-orang yang terlibat didalamnya saling mengenal juga hubungan dalam perawatan bukan satu-satunya hubungan yang ada diantara mereka, mengenal masing-masing seperti mengenal sesama anggota keluarga atau bagaikan mengenal sesama anggota perkumpulan hobby dan sebagainya. Perawatan dasar memerlukan jangka waktu yang lebih panjang. Pada perawatan dasar ada kemungkinan bahwa hubungan pribadi ada didalamnya. Ada suatu hubungan emosi yang hangat diantara pribadi yang terlibat.
c.       Sepanjang manusia ada, selama itu juga masih diperlukan perawatan dasar, untuk itu uorang tidak perlu menjalani suatu pendidikan tertentu. Yang penting disini adalah berusaha ikut membantu menciptakan suatu suasana dimana orang yang bersangkutan merasa aman dan tentram.

7.      Sumber Ilmu Keperawatan
     Ilmu keperawatan disadur atau berasal dari berbagai macam buku dan pendapat para ahli dunia keperawatan. Namun yang pertama kali mengemukakan pendapat pengenal keperawatan adalah Florence Nithingale, yang berkata bahwa, “Seseorang menderita sakit apabila itu adalah akibat dari faktor lingkungan.”

    Demikian pila dengan Orlando, yang terkenal dengan pendapatnya yaitu, “Delierate nursing approach”. Dan masih banyak lagi pendapat para ahli tentang keperawatan. Tapi, meskipun para ahli tersebut pendapatnya berbeda, namun sesungguhnya pendapat mereka mengenai keperawatan dan ilmu keperawatan memiliki makna yang sama.

Admin
Seorang sarjana salah jurusan, penggemar Naruto, hobi membaca komik, nonton Drakor dan Menulis Puisi, Cerpen dan Novel. Pencinta alam dan penggemar Edelweis.

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool